sambungan poros

You are browsing the archive related for "sambungan poros"

Cara-cara Spooring (pelurusan) Roda Mobil

Sebelum dilakukan pelurusan roda, semua inspeksi dari bagian bawah mobil secara menyeluruh, termasuk bagian suspensi, paking / ring, sambungan kemudi, ball joint dan bearing roda, roda dan ban, termasuk juga frame mobil dan ketinggiannya. Kekenduran dan kekencangan suku cadang perlu untuk dicek. Setelah inspeksi lengkap, mobil di check dan diatur pada mesin pelurus, untuk camber, caster, dan toe, dimulai dengan roda bagian belakang.

Continue Reading →

Cara Melakukan WHEEL ALIGNMENT (Kelurusan Roda)

Wheel alignment (kelurusan roda) merupakan penyetelan, dimana penyetelan ini meliputi komponen suspensi dan steering, roda dan rangka kendaraan. Pabrik sebagai pembuat kendaraan menentukan sudut penyetelan whell alignment ini berdasarkan kontruksi kendaraan dan kegunaannya. Banyak mekanisme penyetelan yang dapat dipakai seperti misalnya dengan pemakaian shims, cams, threaded rod dan slotted frame yang biasanya memberikan pengaturan yang baik, pengaturan ketinggian yang benar, sehingga mendapatkan mobil yang sesuai dengan spesifikasinya. Saat semua sudut telah sesuai dengan spesifikasinya,  stabilitas mobil di jalan dan kontrol steering dapat dilakukan  oleh pengemudi. Kecelakaan mobil, guncangan di jalan, serta bongkar pasang dapat membuat beberapa sudut menyimpang dari specifikasi. Saat itu terjadi, akan dapat mempengaruhi dalam pengontrolan kendaraan, dan roda mungkin akan tidak seimbang serta cepat habis. Saat inilah mobil perlu untuk di setting ulang, untuk mendapatkan sudut yang tepat.

Continue Reading →

Perawatan Sistem Bahan Bakar Diesel

Langkah kerja

Bagian-bagian sistem pengaliran bahan bakar akan dirawat berurutan sesuai dengan arah aliran solar; misal seperti pada contoh dibawah ini :

service mobil

1. Tangki

2. Pemisah air ( sedimenter )

3. Pompa bahan bakar

4. Saringan halus

5. Pompa injeksi

Continue Reading →

CV Joint

CV joint adalah jenis mekanisme yang menghubungkan dua poros berputar tetap. Sistem ini memungkinkan poros untuk tetap terhubung saat sumbu pivot berubah, misalnya ketika roda berbelok, atau suspensi bekerja naik turun. CV Joint secara luas digunakan pada mobil penggerak roda depan dan mobil penggerak roda  belakang. CV Joint dapat memberikan torsi lebih merata daripada sambungan konvensional "U" (Cross joint). CV joint digunakan karena kemampuannya untuk mengirimkan  torsi di seluruh rentang fleksibel tertentu.

Continue Reading →

Mengontrol & Mendiagnosa Kerja Sistem AC

KESELAMATAN KERJA :

  • Selalu gunakan kaca mata dan sarung tangan pada waktu melepas slang manometer dari kedua katup / ventil pelayanan (servis velve).
  • Pada saat melepas slang manometer, freon akan tersemprot keluar, kemungkinan mengenai mata dan kulit.
  • Temperatur freon yang keluar tersebut sangat rendah (di bawah 0ÂșC) dapat menimbulkan luka seperti terbakar dan kejang otot.

—————————————————————————————————————————————-

Continue Reading →