rangka mobil bagian bawah dan roda gambar

You are browsing the archive related for "rangka mobil bagian bawah dan roda gambar"

STEERING AXIS INCLINATION (SAI)

Sumbu disekitar putaran roda sehingga dapat berbelok ke kiri dan ke kanan disebut steering axis (poros kemudi). Steering axis dapat diumpamakan sebuah garis lewat ball joint atas dan ball joint bawah (pivot joint) pada lengan suspensi panjang dan pendek (seperti tipe suspensi double wishbone). Sumbu ini dapat digambarkan sebagai garis antara bagian atas penyerap guncangan , lebih atas dari bearing pembantu dan lengan ball joint suspensi bagian bawah (dalam kasus suspensi tipe penyangga).

Continue Reading →

Bagian-bagian Body Mobil

Sampai saat ini, bodi kendaraan masih didominasi oleh komponen berasal dari plat besi dengan ketebalan 0,6 sampai 0,9 mm. Perkembangan bodi melalui teknologi komponen bodi dengan bahan plastik dan fiber belum bisa sepopuler plat, namun demikian beberapa komponen bodi yang memiliki komponen utama plat, kadang juga memiliki komponen plastik, fiber bahkan serat karbon. Konstruksi dari bodi kendaraan dibagi menjadi beberapa bagian, diantaranya adalah:

Continue Reading →

Bagaimana Cara Setting Headlamp

Headlamp sangat penting sekali untuk keamanan dan kenyamanan berkendara. Terkadang ketinggian sinar dari head lamp tidak tepat. Settingan headlamp yang terlalu tinggi dapat mengganggu dan bahkan membahayakan pengendara lain. Sedangkan bila settingan headlamp terlalu rendah malah malah mengganggu kita sendiri.

Instruksi

  • Untuk setting headlamp, posisikan kendaraan pada lantai atau lokasi  yang rata.
  • Siapkan papan atau yang lain sebagai penanda sinar lampu.
  • Pastikan roda kendaraan dala keadaan normal. Kalau tekanan roda kurang harus diisi.
  • Untuk kendaraan angkutan barang semacam pick up atau truk, lebih baik muatan diturunkan terlebih dahulu agar sinar dari headlamp tidak mengarah keatas.
  • Posisikan kemudi kendaraan dalam lurus, kalau roda depan berbelok, bagian depan mobil akan sedikit terangkat, akibatnya sinar lampu menuju ke atas.
  • Tempatkan mobil tegak lurus terhadap papan penyetel. Jarak penyetel tergantung pada jenis lampu kepala, yang dapat ditentukan dengan memperhatikan garis-garis pada kaca bias
  • Perhatikan ukuran tinggi pusat lampu pada papan penyetel, kemudian stel tali horisontal pada papan 10% kurang tinggi (t).

Continue Reading →