mesin 2 tak dan 4 tak

You are browsing the archive related for "mesin 2 tak dan 4 tak"

Perpres Pajak Mobil Murah Lamban Digarap

Perpres Pajak yang rencananya terbit awal September paling cepat baru keluar Oktober

JAKARTA- Pemerintah tampaknya masih setengah hati menyikapi booming mobil murah yang meramaikan pasar otomotif  Tanah Air. Buktinya, hingga kini proses penyusunan Perpres dan Keppres keringanan pajak untuk mobil murah atau low cost green car (LCGC) masih belum terbit.  Payung hukum yang seharusnya sudah terbit pekan pertama September, paling cepat baru bulan depan keluar. Continue Reading →

Avanzanation Journey: Avanza Tidak Alami Kendala Teknis

 

Avanzanation Journey: Avanza Tidak Alami Kendala Teknis

Perjalanan jauh tim Avanzanation Journey yang penuh tantangan dan risiko harus diimbangi dengan kondisi mobil yang selalu prima. Jika diperlukan, setiap singgah di main dealer, kendaraan dicek untuk memastikan “kesehatannya”, seperti yang dialami rombongan wilayah Barat selama menyusuri ”jalur keras” Sumatera.

Pemeriksaan tergolong ringan, menitikberatkan kesehatan kaki-kaki yang menjadi tumpuan selama perjalanan. ”Pada dasarnya tidak ada masalah berarti. Pengecekan dilakukan terkait medan dan jarak yang ditempuh, sebagai antisipasi gangguan di bagian bawah mobil. Sama seperti mudik, mobil harus dipastikan sehat demi keselamatan dan kenyamanan,” terang Made Wahyudi, Kepala Bengkel Agung Automall Bengkulu kepada KompasOtomotif, (21/2/2014).

 

Donny AprilianandaPengecekan mobil selama perjalanan Avanzanation Journey.

Dari pengamatan KompasOtomotif, pengecekan yang dilakukan untuk mobil-mobil Avanzanation Journey dikonsentrasi pada under body. Berikut pengecekan yang dilakukan dan bisa jadi acuan untuk mobil-mobil yang melakukan perjalanan jarak jauh:

1. Cek baut-baut. Mobil bergoyang dan bergerak, menjejak di jalan rusak, kemungkinan baut-baut kendor cukup besar. Misalnya, baut lower arm, steering rack, baut suspensi, hingga baut pengisian oli transmisi differential. Jika tidak kencang, akan mengganggu stabilitas pengendalian.

2. Ban. Cek tekanan angin, kekencangan baut pelek, dan kembangan ban. Made menyarankan, jika anathema depan dan belakang tidak sama, disarankan untuk memasang anathema dengan kembangan lebih bagus untuk bagian depan, karena terkait dengan pengendalian yang lebih baik.

3. Mesin. Cek oli, tali kipas (belting), filter udara, dan atmosphere radiator. Pastikan semua dalam kondisi layak.

4. Peranti keamanan. Hal ini termasuk fungsi lampu-lampu dan pembersih kaca.

Hasilnya, selama perjalanan yang telah dilalui tim Avanzanation Journey, tidak ditemukan kendala berarti yang dialami tim Sumatera. Pengecekan dilakukan hanya untuk memastikan empat poin tersebut di atas, dan Made mengatakan bahwa Avanza adalah mobil yang tahan banting tanpa perlu perawatan khusus. ”Sudah banyak buktinya, dipakai di daerah-daerah terpencil yang jalannya rusak, terbukti tidak ada masalah,” urainya.

Avanzanation Journey: Avanza Tidak Alami Kendala Teknis


Yamaha Luncurkan Byson Injeksi diawal 2015

Yamaha Luncurkan Byson Injeksi diawal 2015

Yamaha India diketahui mulai menguji indication terbaru dari FZ atau yang dikenal di Indonesia dengan sebutan Yamaha Byson. Model baru tersebut merupakan Yamaha FZ-S Concept yang ditampilkan saat Auto Expo 2014 yang berlangsung di New Delhi, India.

Yamaha Byson sendiri di Indonesia mendapat respon yang cukup positif. Melihat potensi yang cukup besar, Yamaha Indonesia joke berniat meluncurkan indication facelift tahun depan. Selain mendapat sentuhan baru pada desain, Byson facelift juga akan menggunakan teknologi injeksi yang dikenal lebih hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

Yamaha Luncurkan Byson Injeksi diawal 2015

GM Promotion Community Development Yamaha Indonesia Eko Prabowo mengatakan, peluncuran indication baru Byson akan diluncurkan tahun depan. Meski tidak menyatakan secara pasti, Eko mengindikasikan indication barunya itu akan mirip-mirip dengan Byson di India, namun akan ada perbedaan karena Yamaha Indonesia juga melakukan pengembangan sesuai karakter konsumen di Tanah Air.

“Rencananya kita luncurkan division satu tahun depan. Kita juga lakukan pengembangan sendiri, nanti akan sedikit perbedaan. Intinya di Indonesia belum ada prototipenya, DNA tetap sama jadi tidak jauh berbeda. Perbedaannya nanti ada pada grafis dan kualitas mesin,” katanya di sela-sela acara bakti sosial di Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Menurut Eko, pelanggan Indonesia sangat vokal soal jantung mekanis. Pelanggan menuntut kualitas mesin yang sangat baik, oleh karena itu Yamaha Indonesia terus melakukan pengembangan untuk menghasilkan mesin terbaik.

“Konsumen Indonesia itu rewel banget kalau soal mesin (Byson), mereka minta yang high quality, dan kualitas mesin kita jauh lebih bagus dari India,” tukasnya.

“Dua tiga tahun lalu, kita pernah menunda peluncuran Byson karena waktu itu ada sedikit sound dari mesin dan ini tidak bisa diterima di Indonesia, kalau untuk orang awam mungkin sulit untuk mendeteksi suara itu. Saya juga tidak tahu suaranya itu dari mana,” sambungnya lagi.

Lebih lanjut Eko mengatakan untuk harga indication baru ini belum bisa diungkapkan. Namun Yamaha berusaha untuk memberikan harga terbaik.

Yamaha Luncurkan Byson Injeksi diawal 2015

Honda MegaPro Injeksi 2014 Siap Meluncur

Dengan komitemen untuk membuat engine yang ramah lingkungan, produk-produk Honda semakin dibuat dengan teknologi yang terbaru.  PT Astra Honda Motor (AHM) semakin agresif memasarkan produk-produk terbarunya di awal-awal tahun ini. Terbukti belum genap sebulan meluncurkan New Revo FI terbarunya, kini AHM kembali dikabarkan sedang menyiapkan produk barunya untuk diluncurkan pada Senin (27/1/2014). Kemungkinan besar produk baru Honda tersebut adalah New MegaPro injeksi yang akan hadir dengan mengusung beberapa penyegaran atau facelift.

Dari sumber iotomotif.com dapatkan, menegaskan bahwa engine baru yang akan dilaunching Honda tersebut adalah indication engine sport. ”New Mega Pro injeksi di-launching Senin,” katanya, Jumat (24/1/2014).

Kabar tersebut tentunya menguatkan beberapa bocoran dan ulasan beberapa media otomotif di Tanah Air yang mulai mengunggah bocoran foto-foto sepeda engine competition 150 cc yang sedang di uji coba tersebut.

Selain akan hadir dengan mengusung teknologi mesin injeksi, New MegaPro FI ini juga akan hadir dengan wajah baru. Dari beberapa spyshoot New MegaPro injeksi ini juga dapat dilihat bahwa engine competition 150 cc ini akan hadir dengan desain hide (bahu) baru yang lebih ramping dan menajam, begitu pula tangki bahan bakarnya.

Selain itu, pijakan kaki engine competition injeksi terbaru Honda ini juga digantung dari sasis dan sudah tak lagi menempel pada poros tengah. Penutup kaki engine competition 150cc ini juga didesain ulang yang membuatnya semakin dinamis. Sementara desain lampu belakang, spedometer, dan jok masih sama dengan indication yang lama.

New MegaPro FI terbaru ini juga digadang-gadang menjadi senjata baru AHM untuk menuntaskan pekerjaan rumah di pasar competition untuk tahun ini. Setelah MegaPro baru ini diluncurkan, kabarnya Honda Tiger injeksi.

Simak Terus beritanya untuk mendapatkan informasi terdepan.

Cara Menyetting Noken As…Simak Broo..

Camshaft (Noken As)

Noken as merupakan komponen yang penting dari kendaraan, karena unit ini yang mengatur naik turunnya klep yang akan membuat mesin bisa bernafas dengan lega.

Sedap memang, kalau porting intake dan exhaust mampu mengalirkan kabut udara serta gas sisa pembakaran dengan baik, mantap memang jika karburator mampu mengabutkan udara/bahan-bakar dengan jos serta exhaust system mampu melepaskan CO dengan losss…

Noken as akan bekerja sakti bila membuka pada waktunya serta bekerja menurut durasi tertentu dan berakhir on time. Oleh karenanya tidak akan berguna kita membuat noken as ekstreme untuk motor standard, juga kurang pas jika noken as dibuat agar mesin bertenaga di rpm tinggi namun dipakai untuk motocross. Terlebih penting lagi adalah pemasangan cam serta dialing sebuah noken as sehingga mereka mau membuka – menutup sesuai kehendak kita, setelan klep berapa yang pas, berapa Lobe Separation Angle yang diinginkan, berapa derajat overlapping yang dimau, dimana posisi Lobe Center diposisikan, serta maximum valve lift di mesin bukan hanya lobe lift.

Kemampuan kita mengolah data inilah yang akan menjadi sistem informasi kita dalam menentukan riset mesin balap, dimana efek jika setelan dirubah, di RPM berapa dia bekerja bagus, pada RPM mana dia lemah, saat-saat kita bercanda ria dengan mesin kemudian pembalap mencoba motor pada track untuk memberikan feedback bagi engineer akan menjadikan kita sebuah pemerintahan yang baik lho…?! Lha kan iya, bukankah kita hidup di negara Rebalap, dari pembalap oleh pembalap dan untuk pembalap… Huahahhahaha mulai ngaco..!!! Dang!
Setidaknya apa yang ingin saya bagikan di sini adalah perhitungan sederhana, bagaimana mengetahui durasi camshaft, pada bahasa internasional tentang camshaft durasi diukur saat bukaan klep atau angka dial gauge menunjuk pada 0.050 inch alias 1,27mm . Lha emangnya kita living in the jet plane.. eh emangnya kita hidup di Eropa, Amerika, Australia? Ya gak masalah ding, siapa tahu kita bisa konsultasi dengan mekanik asal Swedia seperti om saya itu huahahauahuahauahua ngaco lagi…
Well.. let us make our own standard, biasanya ngomongin durasi ya pada angkatan 1mm, jadi saat kamu diliput tabloid, dan bicara durasi motor kamu bilang Cuma 260 derajat bos… itu diukur pada angkatan 1mm, jadi kan orang pada gak tahu durasi sebenernya saat klep mulai membuka 0,15mm dan hampir menutup 0,15mm, misalnya… hehhehehe senengane kok main rahasia. Biasa… kalau sudah terkenal jangan lupa sombong. Hakhakahkahak… But it’s not me. Secara saya belum terkenal.
Supaya lebih gampang kita akan berbagi contoh menghitung durasi noken as Yamaha Vega r
Intake membuka 27 derajat sebelum TMA, menutup 53 derajat setelah TMB
Exhaust membuka 55 sebelum TMB, menutup 29 derajat setelah TMA
Mari kita hitung durasi, LC, LSA

durasi In = 27 + 180 + 53 = 260 derajat
durasi Ex = 55 + 180 + 29 = 264 derajat
Lobe center In = 260 / 2 – 27 = 103 derajat
Lobe center Ex = 264 / 2 – 29 = 103 derajat
LSA = 103 derajat
Dari LSA kalian akan tahu karakter sebuah camshaft, dari posisi LC kalian akan bisa menentukan maximum lift apakah sudah tepat atau tidak, dari durasi kalian akan tahu pada RPM berapa dia akan bekerja baik.
salam gas polllllll.

Kolaborasi Toyota dan Daihatsu Hasilnya Sebuah Mobil Murah

Kolaborasi Toyota dan Daihatsu Hasilnya Sebuah Mobil Murah

Toyota dan Daihatsu memperkenalkan mobil murah mereka dua hari mendatang. Harga paling murah mobil itu dari Rp 70 jutaan. Wow benarkah kabar tersebut ?
Daihatsu menjelaskan mobil yang diperlihatkan akan diberi nama Ayga dan Ayla. Ini menjadi kolaborasi ketiga Toyota-Daihatsu setelah melahirkan Avanza-Xenia, dan Rush-Terios.

Continue Reading →

Mengapa Gas Buang Kendaraan Diesel Berwarna Hitam??

Kendaraan yang bermesin diesel adalah kendaraan yang identik dengan kendaraan yang mengeluarkan gas buang hitam yang sangat menggangu. Lalu mengapa diesel rata-rata megeluarkan asap hitam dari knalpotnya? Ada beberapa hal yang menjadi penyebab asap hitam dari diesel, antara lain :

1. Saringan udara kotor.

Meskipun volume penyemprotan pada pompa injeksi sudah sesuai, tapi karena saringan udara kotor, maka udara yang masuk ke dalam silinder tidak sebanding dengan solar yang disemprotkan (udara terlalu sedikit). Solar tidak terbakar dengan sempurna, akibatnya asap hitam. Oleh karena itu secara periodikal, bersihkan saringan udara tersebut atau kalau memang sudah rusak perlu penggantian.

Continue Reading →