master silinder

You are browsing the archive related for "master silinder"

Penggunaan Gemuk

Tindakan pencegahan berikut ini harus dilakukan untuk menjamin keuntungan dari penggunaan gemuk. Continue Reading →

Kerja Master Silinder Rem

Master cylinder
Ada 2 type master cylinder: single master cylinder dengan satu piston dan tandem master cylinder dengan dua piston. Type yang dipakai saat ini adalah tandem master cylinder.
Cylinder body dipasang bersamaan dengan oil reservoir tank diatasnya, dan terbuat dari cast iron atau aluminum alloy.
Piston dimasukan kedalam cylinder, menghasilkan tekanan hydraulic ketika push rod mendorong kedalam cylinder ketika pedal ditekan.

Continue Reading →

Katup Pengimbang (P Valve) di Rem

Mobil dihentikan dengan adanya gesekan antara ban dan jalan. Gesekan ini akan bertambah sesuai dengan adanya pembagian beban pada ban. Biasanya kendaraan yang mesinnya terletak didepan , bagian depannya lebih berat dibandingkan dengan bagian belakangnya. Bila kendaraan direm , maka titik  pusat gravitasi akan pindah ke depan (bergerak maju) disebabkan adanya gaya inertia, dan adanya beban yang besar menyatu pada bagian depan Continue Reading →

Anti Lock Brake system (ABS)

Anti Lock Brake System  atau unit kontrol ABS membantu untuk mempertahankan kontrol dan stabilitas arah sebuah mobil dalam kasus situasi pengereman ekstrim. Hal ini dicapai dengan mengendalikan kecepatan rotasi roda dengan mengatur tekanan rem secara otomotis pada saat pengereman ekstrim. Sistem ini bekerja pada sebagian besar jenis permukaan jalan dan mengurangi resiko kecelakaan dan tingkat keparahan dampak. Penelitian telah menunjukkan bahwa sistem rem anti penguncian dapat menurunkan kemungkinan kecelakaan kendaraan sebesar 18%. ABS sistem rem diperkenalkan pada akhir tahun tujuh puluhan dan telah menikmati kemajuan teknologi besar sejak saat itu.

Continue Reading →

Kopling Tidak Bekerja

Ketika akan menghentikan kendaraan, kita perlu menginjak kopling untuk memisahkan tenaga dari mesin menuju ke transmisi, jika tidak maka mesin akan terhenti (stall). Hal ini berbeda jika kita menggunakan transmisi otomatis, dimana ada unit torsi konverter yang memisahkan mesin dengan transmisi. Dalam kopling manual, unit terdiri dari cakram kopling, pressure plate, throw out dan bantalan pilot.

Continue Reading →

Prosedur Pembuangan Udara pada Sistem Kopling

Pembuangan udara pada silinder penggerak kopling dapat dilakukan sesuai dengan prosedur berikut ini.

  • Perhatikan dengan seksama ketinggian minyak pada master silinder selama pembuangan udara.
  • Jangan lupa untuk menarik rem parkir

kopling

Continue Reading →

Prinsip Kerja Penguat Tenaga ( BOSTER ) Rem

   Saat bebas

machine repair 

  • Tidak ada gaya tekan pedal maka pegas rekasi mendorong katup pengendali ke arah katup udara menutup dan katup vakum membuka
  • Saluran vakum terbuka maka ruang A berhubungan dengan ruang B
  • Tekanan diruang A maka ruang B, tekanan seimbang ñ tidak ada rekasi gaya dorong torak
  • Pegas pengembali mampu menekan torak pada posisi belum bekerja

Continue Reading →