kopling tidak tetap

You are browsing the archive related for "kopling tidak tetap"

Mengendarai Mobil Matic bagi Pemula

Cara mengendarai mobil matic bagi Pemula

Ketika seorang konsumen baru membeli mobil transmisi otomatis, mungkin muncul berbagai pertanyaan. Salah satunya apakah ia sudah terbiasa dengan mobil transmisi otomatis? Atau juga belum paham penggunaan bahan bakar yang dianjurkan.

Untuk pemilihan bahan bakar kendaraan harus menjadi perhitungan penting bagi pemilik kendaraan. Emergency Roadside Assistance (ERA) AstraWorld misalnya, menganjurkan pengguna Toyota Yaris memakai bahan bakar pertamax.

Continue Reading →

SISTEM PELUMASAN SEPEDA MOTOR DUA LANGKAH

Sistem pelumasan pada sepeda motor dua langkah tidak sama dengan dengan sepeda motor empat langkah. Pada sepeda motor dua langkah transmisi nya diberi pelumasan tersendiri terpisah dengan poros engkol. Hal ini dikarenakan terpisahnya ruang transmisi dengan ruang engkol, makanya mesin dua langkah harus menggunakan dua macam minyak pelumas. Seperti kita ketahui bahwa kontruksi bak engkol motor dua langkah terbagi ke dalam dua bagian antara lain bak engkol untuk perangkat motor bakar dan bak engkol untuk perangkat kopling, dan gigi transmisi.

Continue Reading →

Transmisi (Gear box)

Prinsip dasar transmisi adalah bagaimana bisa digunakan untuk merubah kecepatan putaran suatu poros menjadi kecepatan yang diinginkan untuk tujuan tertentu. Gigi transmisi berfungsi untuk mengatur tingkat kecepatan dan momen (tenaga putaran) mesin sesuai dengan kondisi yang dialami sepeda motor. Transmisi pada sepeda motor terbagi menjadi; a) transmisi manual, dan b) transmisi otomatis. Komponen utama dari gigi transmisi pada sepeda motor terdiri dari susunan gigi-gigi yang berpasangan yang berbentuk dan menghasilkan perbandingan gigi-gigi tersebut terpasang. Salah satu pasangan gigi tersebut berada pada poros utama (main shaft/input shaft) dan pasangan gigi lainnya berada pada poros luar (output shaft/ counter shaft). Jumlah gigi kecepatan yang terpasang pada transmisi tergantung kepada model dan kegunaan sepeda motor yang bersangkutan. Kalau kita memasukkan gigi atau mengunci gigi, kita harus menginjak pedal pemindahnya. Tipe transmisi yang umum digunakan pada sepeda motor adalah tipe constant mesh, yaitu untuk dapat bekerjanya transmisi harus menghubungkan gigi-giginya yang berpasangan. Untuk menghubungkan gigi-gigi tersebut digunakan garu pemilih gigi/garpu persnelling (gearchange lever).

Continue Reading →

GEMUK (Vaselin)

Gemuk adalah pelumas padat yang terbuat dari oli pelumas cair yang mempunyai bahan tambah pengental (thickeninf agent). Ada dua tipe utama dari bahan pengental. Continue Reading →

Kopling sepeda motor

Pada rumah kopling terdapat roda gigi kopling yang biasa disebut gigi rongsel dengan jumlah gigi yang cukup banyak dan rumah kopling ini di tempatkan pada poros utama, walaupun rumah kopling ini ditempatkan pada poros utama, akan tetapi rumah kopling dapat bebas bergerak (berputar) pada poros utama tersebut.
Roda gigi kopling dihubungkan dengan roda gigi poros engkol, roda gigi poros engkol ini disebut gigi mesin atau juga disebut dengan kopling otomatis. Reduksi kedua gigi ini cukup besar yang gunanya agar mesin dapat ringan didalam menarik beban kendaraan, oleh sebab kedua roda gigi ini saling berhubungan, maka setiap mesin hidup sudah barang tentu rumah kopling akan turut berputar bersama poros engkol. Perhatikan gambar berikut ini.

Continue Reading →

Perawatan Rantai Motor

Bagaimana membersihkan Rantai roda, Komponen ini adalah bagian yang sanga penting berfungsi untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda. Rantai ini juga punya masa pakai efektif yang terbatas, itu sebabnya perawatan rantai roda menjadi sangat penting untuk dijaga, agar rantai tetap berfungsi dengan baik.
Saat ini banyak sekali motor yang lebih mengutamakan unsur estetika daripada unsur ketahanan rantai roda, hal ini bisa dilihat dengan sangat sedikitnya motor yang menggunakan chaincase / penutup rantai roda, untuk melindungi rantai dari pengaruh cuaca. Padahal.. penutup rantai bisa membuat usia pakai rantai roda menjadi lebih panjang. Rantai tidak lekas berkarat, dan tidak mudah kemasukan kotoran.

Continue Reading →

Limited Slip Differential

Dalam otomotif yang semakin pesat, khususnya balap, mesin dengan horsepower yang besar membutuhkan traksi yang maksimal di permukaan aspal. Salah satu alat penunjang yang digunakan adalah LSD (Limited Slip Differential). Alat ini dapat diaplikasikan secara luas baik untuk mobil dengan penggerak roda depan maupun belakang, pada mobil-mobil berpenggerak roda depan, LSD ditempatkan di transmisi, sedangkan untuk berpenggerak belakang ditempatkan di gardan/differensial. Dilihat dari fungsinya inilah makanya LSD sering juga disebut dengan sistem penambah traksi dan menjadi alat wajib bagi para pengguna mobil untuk tujuan Drift, Balap, dan Offroad.

Continue Reading →