konstruksi mobil

You are browsing the archive related for "konstruksi mobil"

Konstruksi Composite dan Konstruksi Monocoq

Konstruksi Terpisah (Composite)
Merupakan jenis konstruksi bodi kendaraan dimana bodi dan rangkanya terpisah. Pertautan/penyambungan antara bodi dan rangka menggunakan baut dan mur. Untuk meningkatkan kenyamanan saat digunakan, maka diantara bodi dan rangka dipasang karet sebagai alat peredam getaran.

Continue Reading →

CASIS DAN PEMINDAH TENAGA

1. Bagian-Bagian Utama Sistem Pemindah Tenaga

  • Kopling
:Menghubung dan memutus putaran / tenaga motor ke transmisi
  • Transmisi
:Mengatur perbandingan putaran motor dengan Continue Reading →

Gigi Kemudi Jenis Bola Sirkulasi

Gigi Kemudi Jenis Bola Sirkulasi

image

Cara kerja : Perubahan gesek — Gerak putar baut kemudi ( Roda kemudi ) gerak lurus ( memanjang ) mur kemudi – gerak ayunan lengan pitman ( melalui sektor )

Continue Reading →

Serat Karbon untuk Body Mobil

Serat Karbon untuk Body Mobil (Carbon Fiber)

Produsen mobil asal Amerika, Ford Motor Company, mendemostrasikan bahan Carbon Fiber Reinforced Plastic (CFRP) pada event Composite Europe di Dsseldorf, Jerman pekan ini. Bahan CFRP ini merupakan hasil pengembangan mereka yang siap dipakai di mobil produksi massal. Continue Reading →

Pengertian Fender atau wing

Fender atau wing adalah komponen kendaraan yang menutupi roda-roda. Dari konsep inilah, berarti kendaraan pada umumnya memiliki 4 buah fender pada masing-masing roda. Namun demikian ada beberapa mobil yang fender belakang tidak bisa dilepas, sehingga seolah-olah fender hanya bagian depan saja. Fender melindungi konstruksi suspensi dan melindungi dari kotoran dan lumpur.

Continue Reading →

Pengenalan Power Steering System

Sekarang ini, power steering menjadi salah satu perlengkapan standar kendaraan. Dengan adanya permintaan ini maka hampir lebih dari 90 persen mobil menggunakan power steering. Pada kendaraan power steering terdahulu menggunakan power rack-and-pinion system atau integral power steering gear assembly. Umumnya, rack-and-pinion system dipasang pada kendaraan berpenggerak roda depan. Dan untuk kendaraan berpenggerak roda belakang digunakan jenis Integral power steering gear.

Continue Reading →

Bagian-bagian Body Mobil

Sampai saat ini, bodi kendaraan masih didominasi oleh komponen berasal dari plat besi dengan ketebalan 0,6 sampai 0,9 mm. Perkembangan bodi melalui teknologi komponen bodi dengan bahan plastik dan fiber belum bisa sepopuler plat, namun demikian beberapa komponen bodi yang memiliki komponen utama plat, kadang juga memiliki komponen plastik, fiber bahkan serat karbon. Konstruksi dari bodi kendaraan dibagi menjadi beberapa bagian, diantaranya adalah:

Continue Reading →