komponen suspensi belakang

You are browsing the archive related for "komponen suspensi belakang"

Pengertian Fender atau wing

Fender atau wing adalah komponen kendaraan yang menutupi roda-roda. Dari konsep inilah, berarti kendaraan pada umumnya memiliki 4 buah fender pada masing-masing roda. Namun demikian ada beberapa mobil yang fender belakang tidak bisa dilepas, sehingga seolah-olah fender hanya bagian depan saja. Fender melindungi konstruksi suspensi dan melindungi dari kotoran dan lumpur.

Continue Reading →

Sistem kemudi dan Suspensi Sepeda Motor

SYSTEM KEMUDI (STEERING SYSTEM)
Sistem kemudi befungsi sebagai pengarah dan pengendali jalannya kendaraan sepeda motor. Sistem kemudi terdiri dari setang kemudi (handle bar/steering handle), kepala kemudi (steering head), batang kemudi (steering stem/steering tube), dan komponen-komponen pendukung lainnya.

Continue Reading →

Cara-cara Spooring (pelurusan) Roda Mobil

Sebelum dilakukan pelurusan roda, semua inspeksi dari bagian bawah mobil secara menyeluruh, termasuk bagian suspensi, paking / ring, sambungan kemudi, ball joint dan bearing roda, roda dan ban, termasuk juga frame mobil dan ketinggiannya. Kekenduran dan kekencangan suku cadang perlu untuk dicek. Setelah inspeksi lengkap, mobil di check dan diatur pada mesin pelurus, untuk camber, caster, dan toe, dimulai dengan roda bagian belakang.

Continue Reading →

Cara Melakukan WHEEL ALIGNMENT (Kelurusan Roda)

Wheel alignment (kelurusan roda) merupakan penyetelan, dimana penyetelan ini meliputi komponen suspensi dan steering, roda dan rangka kendaraan. Pabrik sebagai pembuat kendaraan menentukan sudut penyetelan whell alignment ini berdasarkan kontruksi kendaraan dan kegunaannya. Banyak mekanisme penyetelan yang dapat dipakai seperti misalnya dengan pemakaian shims, cams, threaded rod dan slotted frame yang biasanya memberikan pengaturan yang baik, pengaturan ketinggian yang benar, sehingga mendapatkan mobil yang sesuai dengan spesifikasinya. Saat semua sudut telah sesuai dengan spesifikasinya,  stabilitas mobil di jalan dan kontrol steering dapat dilakukan  oleh pengemudi. Kecelakaan mobil, guncangan di jalan, serta bongkar pasang dapat membuat beberapa sudut menyimpang dari specifikasi. Saat itu terjadi, akan dapat mempengaruhi dalam pengontrolan kendaraan, dan roda mungkin akan tidak seimbang serta cepat habis. Saat inilah mobil perlu untuk di setting ulang, untuk mendapatkan sudut yang tepat.

Continue Reading →

Komponen utama sepeda motor

Sepeda motor memiliki beberapa komponen dasar. Pada sepeda motor secara kelompok besar, komponen dasar sepeda motor terbagi atas: Continue Reading →

Kemudi Bergetar Ketika Mempercepat atau Pengereman

Ketika mengendarai mobil kemudi harus memberikan gerakan  yang stabil dan halus ketika bermanuver. Roda kemudi terletak pada ujung  kolom kemudi yang menempel pada dashboard dan sasis mobil. Di dalam kolom kemudi ada batang logam yang disebut poros utama yang berguna untuk meneruskan putaran roda kemudi  ke rack dan pinion yang selanjutnya menuju  rack end kemudian tie-rod lalu ke roda agar dapat berbelok kanan atau kiri . Suspensi memainkan peran penting untuk mengontrol gerakdan roda depan dan belakang, baik horizontal dan vertikal

Continue Reading →

Pegas Dan Stabilisator

Pegas Dan Stabilisator
Pegas berfungsi untuk menghilangkan getaran karoseri yang ditimbulkan oleh pukulan jalan pada roda
Selain itu juga menjamin roda tetap menapak pada jalan
Pemegasan pada kendaraan dihasilkan oleh : ban, pegas suspensi dan pegas tempat duduk Continue Reading →