komponen mesin mobil lengkap

You are browsing the archive related for "komponen mesin mobil lengkap"

Langkah Pencengahan Kecelakaan Kerja Pada Perbaikan Mobil

1. Petunjuk perbaikan dasar

a. Petunjuk saat bekerja

- Pakailah selalu seragam yang bersih

- Harus memakai topi dan sepatu keamanan

- Perlindungan kendaraan , persiapkan tutup gril, tutup fender, tutup tempat duduk dan karpet lantai sebelum memulai pekerjaan.

- apabila bekerja dengan dua orang atau lebih hendaknya memeriksa satu dengan yang lainnya.

- apabila bekerja dengan mesin hidup pastikan menyediakan ventilasi udara untuk pembuangan asap didalam bengkel.

- Bila bekerja dengan temperatur yang tinggi, tekanan tinggi, berputar bergerak atau bergetar , kenakan perlengkapan yang cocok dan hati-hati jangan sampai melukai diri anda atau orang lain.

- bila sedang mendongkrak kendaraan pastikan untuk menopang pada lokasi tertentu dengan stand pengaman

- Ketika mengangkat kendaraaan, gunakan perlengkapan kemaamanan yang tepat.

- Lakukan diagnosa dengan memahami secara cermat prosedur yang benar-benar dengan problem yang dilaporkan.

- Sebelum membongkar part, periksa kondisi keseluruhan rakitan secara umumdan terhadap perubahan bentuk dan kerusakan.

- Apabila strukturnya rumit buatlah catatan. Contohnya catat jumlah sambungan kelistrikan, baut atau selang yang dilepas. Beri tanda pemasangan untuk memudahkan pemasangan kembali komponen dalam posisi semula. Tandai sementara selang-selang dan fiting jika diperlukan.

- Bersihkan dan cuci komponen yang dilepas jika diperlukan dan rakit semuanya setelah diperikasa dengan seksama.

b. Mendongkrak dan menopang kendaraan.

- Berhati-hatilah ketika mendongkrak dan menopang kendaraan, pastikan mengangkat dan menopang kendaraan pada posisi yang tepat.

c. Part yang berlapis

- Part yang berlapis adalah mur baut yang dilapisi seal lock adhesif di pabrik

- Bila part berlapis ini dikencangkan kembali, dikendorkan atau bergerak, part ini harus dilapisi kembali dengan adhesif yang ditentukan.

- Pada saat menggunakan kembali part berlapis, bersihkan adhesif yang lama dan keringkan part dengan udara bertekanan, kemudian gunakan adhesif yang baru.
- Beberapa agent seal lock lambat mengeras harus menunggu beberapa saat sampai adhesif benar-benar mengeras.

d. Gasket

- apabila diperlukan, gunakan sealer pada gasket untuk mencegah kebocoran.

e. Pelepasan dan Pemasangan Selang Vakum

- Untuk melepaskan selang vacum, tarik dan puntir dari ujung selang. Jangan menarik dari bagian tengah selang karet untuk mencegah kerusakan.

- Pada saat melepas selang vacum gunakan label untuk mengenali dimana selang tersebut harus dipasang kembali.

 

 

 

Cara-cara Spooring (pelurusan) Roda Mobil

Sebelum dilakukan pelurusan roda, semua inspeksi dari bagian bawah mobil secara menyeluruh, termasuk bagian suspensi, paking / ring, sambungan kemudi, ball joint dan bearing roda, roda dan ban, termasuk juga frame mobil dan ketinggiannya. Kekenduran dan kekencangan suku cadang perlu untuk dicek. Setelah inspeksi lengkap, mobil di check dan diatur pada mesin pelurus, untuk camber, caster, dan toe, dimulai dengan roda bagian belakang.

Continue Reading →

Prinsip turbo

Prinsip kerja turbo, mengkompresi udara ke mesin untuk meningkatkan jumlah molekul oksigen yang masuk ke silinder. Tingginya molekul oksigen yang masuk mendorong tambahan pasokan BBM. Dengan demikian, lebih banyak BBM yang dibakar, hingga daya yang diproduksi meningkat.

Continue Reading →

Suara Decit (kicau) pada kendaraan

Ketika mengemudi mobil, ada kalanya kita mendengar suara decit (kicau), mengerik atau lainnya. Untuk menentukan asal bunyi-bunyi ini sangatlah sulit ada kalanya kita memerlukan teman pendamping untuk menentukan asal bunyi-bunyian tersebut. Pada umumnya suara decit dihaslkan dari Pad Rem depan. Tetapi ada juga bunyi  datang dan pergi tergantung pada kondisi mobil seperti cuaca panas atau dingin. Setelah kebisingan telah ditemukan ikuti panduan perbaikan di bawah ini:

Continue Reading →

TRANSMISI OTOMATIS TOYOTA AVANZA

Daya serap pasar mobil Tanah Air untuk kendaraan bertransmisi otomatis diprediksi meningkat. Terbukti beberapa pabrikan melengkapi varian middle-low dengan girboks pintar ini.
Sebut saja kehadiran Toyota Avanza G AT yang diikuti Daihatsu Xenia Li AT pada kuartal terakhir tahun lalu. Malah, masih segar dalam ingatan akan launching Toyota Rush G AT dan Daihatsu Terios TS AT.
Itu artinya, mobil bertransmisi otomatis kian terjangkau. Jauh berbeda dengan kondisi satu dekade silam yang masih didominasi mobil tiga pedal alias manual.
Gejolak ini menarik buat dicermati mengingat pasar Avanza dan Xenia saja bisa mendominasi lebih dari sepertiga angka penjualan nasional.

Continue Reading →