komponen dan fungsi sistem rem

You are browsing the archive related for "komponen dan fungsi sistem rem"

Pakai BBM Premium harus ngebut, agar kotoran Bisa hilang

Pakai BBM Premium harus ngebut, agar kotoran Bisa hilang

Penggunaan BBM reward bukanlah sesuatu yang perlu dimasalahkan jika bahan bakar tersebut masih dalam kondisi murni, dan memang ditekankan bahwa pembakaran BBM reward dalam mesin akan lebih baik jika engine dikebut pada kecepatan minimal tertentu. Ini dilakukan untuk meminimalkan munculnya ‘gum’ atau kerak.

“Premiun gak sepanas pertamax, makanya cara pakainya gak bisa pelan. Pakai (motor) 40, 60, 80 km/jam. Kalau di bawah itu, pembakaran tidak sempurna, lalu timbul kotoran,” urai Tri Yuswidjajanto dari Laboratorium Motor Bakar dan Sistem Propulasi Institut Teknologi Bandung (ITB) pada convention mesin injeksi Yamaha di Yamaha DDS Cempaka putih, baru-baru ini.

Slamet lalu menjelaskan bahwa kotoran itu lebih jauh bisa mengurangi fungsi kerja komponen-komponen dalam mesin.

“Kotoran ganjel di klep, di ring, bikin kompresinya bocor,” tambahnya.

Sebelumnya, ia menjelaskan memperoleh informasi dari pihak Pertamina bahwa perbedaan secara mendasar antara pertamax, pertamax plus, dan reward ada pada zat-zat aditifnya.

‘Kalau premium, kata orang Pertamina, zat pembersih memang dihilangkan. Artinya, kalau ada kotoran, itu hasil kotorannya gak gampang kebuang,” ujarnya.

Injeksi menurut dia akan mengalami penyumbatan andaikata ada kotoran.

Pakai BBM Premium harus ngebut, agar kotoran Bisa hilang

Mekanik Pemula; Perlu Memperhatikan hal-hal Penting

Sebellum kita membongkar mesin (mobil) atau kendaraan lain, sebagai mekanik pemula harus memperhatikan banyak hal antara lain:

Cara Kerja Mesin
Mesin terdiri dari beberapa komponen yang saling berkaitan, sebagai montir kita harus paham satu persatu dari komponen tersebut, hal ini sangatlah penting jika salah menagani akan terjadi kesalahan yang fatal. Pada awalnya deteksi kerusakan perlu diperhatikan. Kerusakan bisa dilihat dari beberapa hal misalnya dari bunyi-bunyian yang terdengar aneh. Kita bisa mendengarkan dengan seksama bagian mana yang terdengar aneh, apakah bagian atas, tengah atau bawah dari mesin (engine)  tersebut sehingga kita bisa memperkirakan kerusakan yang terjadi.

Sistem Listrik
Sebuah sistem kelistrikan mobil juga penting untuk operasi sehari-hari, dan sejumlah komponen mungkin perlu perhatian montir. Baterai mobil umumnya harus diganti setiap beberapa tahun. Wiring dapat menjadi berkarat dari waktu ke waktu dan koneksi dapat menjadi longgar hanya dari abadi getaran yang terjadi setiap kali mobil didorong. Akhirnya, komponen listrik sendiri, termasuk motor untuk mengoperasikan power window atau kunci, sistem suara dan pencahayaan mungkin memerlukan penggantian.

Peralatan Keselamatan

Di beberapa negara, inspeksi keselamatan tahunan diperlukan dan mekanik ditugaskan untuk memastikan bahwa mobil aman untuk dikendarai. Bahkan ketika inspeksi keselamatan tidak wajib, montir mobil yang baik akan memperhatikan keselamatan mobil dan menyarankan setiap perbaikan yang diperlukan untuk mengurangi kemungkinan kecelakaan. Memastikan bahwa rem fungsional dan tidak terlalu dipakai adalah bagian dari ini, seperti yang memeriksa kembang lelah untuk memastikan bahwa mereka memiliki traksi yang memadai. Lampu depan dan lampu directional juga pada daftar fitur penting yang montir harus tetap dalam keadaan baik.

Sistem Komputerisasi

Mobil modern mengandung sistem komputer canggih yang mengatur pusat data perjalanan, peralatan keselamatan dan sistem peringatan. Dalam beberapa tahun terakhir mekanika telah dipaksa untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana sistem ini bekerja dalam mobil dan bagaimana untuk mendiagnosa masalah. Untuk membantu mereka, mobil yang paling utama termasuk sistem diagnostik yang akan menampilkan masalah dikenal ketika mobil yang dianalisis oleh komputer montir. Sistem komputer lain seperti kontrol stabilitas elektronik, sistem peringatan tekanan ban rendah, dan sistem navigasi on-board mungkin memerlukan reboot atau update pemrograman dari mekanika.

Demikian yang perlu diperhatikan untuk Mekanik Pemula

SISTEM PENDINGINAN SEPEDA MOTOR

Setiap motor bakar memerlukan pendinginan. Untuk itu dikenal adanya sistem pendinginan pada sepeda motor. Secara umum sistem pendinginan berfungsi sebagai berikut:
1. Mencegah terbakarnya lapisan pelumas pada dinding silinder.
2. Meningkatkan efisiensi/daya guna thermis.
3. Mereduksi tegangan-tegangan thermis pada bagian-bagian silinder, torak, cincin torak dan katup-katup.

Continue Reading →

Cara-cara Spooring (pelurusan) Roda Mobil

Sebelum dilakukan pelurusan roda, semua inspeksi dari bagian bawah mobil secara menyeluruh, termasuk bagian suspensi, paking / ring, sambungan kemudi, ball joint dan bearing roda, roda dan ban, termasuk juga frame mobil dan ketinggiannya. Kekenduran dan kekencangan suku cadang perlu untuk dicek. Setelah inspeksi lengkap, mobil di check dan diatur pada mesin pelurus, untuk camber, caster, dan toe, dimulai dengan roda bagian belakang.

Continue Reading →

Penggolongan Rem berdasarkan pada cara kerjanya.

Penggolongan berdasarkan pada cara kerjanya.
1) Internal expansion type
Internal expansion type mangaktifkan gaya pengereman saat brake shoe bergerak keluar kearah drum saat tekanan hydraulic dari master cylinder dikirimkan ke wheel cylinder dengan cara mengoperasikan brake pedal.

Continue Reading →

Penguat Rem (Booster Brake)

Boster adalah perlengkapan tambahan pada sistem rem yang berfungsi untuk memperbesar gaya pengereman, Booster rem bekerja berdasarkan kevakuman mesin yang berarti apabila mesin hidup maka booster rem bekerja dan apabila mesin mati maka booster rem tidak dapat bekerja atau tidak dapat membantu memperingankan beban pedal rem.

Continue Reading →

Suara Decit (kicau) pada kendaraan

Ketika mengemudi mobil, ada kalanya kita mendengar suara decit (kicau), mengerik atau lainnya. Untuk menentukan asal bunyi-bunyi ini sangatlah sulit ada kalanya kita memerlukan teman pendamping untuk menentukan asal bunyi-bunyian tersebut. Pada umumnya suara decit dihaslkan dari Pad Rem depan. Tetapi ada juga bunyi  datang dan pergi tergantung pada kondisi mobil seperti cuaca panas atau dingin. Setelah kebisingan telah ditemukan ikuti panduan perbaikan di bawah ini:

Continue Reading →