komponen dan fungsi mesin las

You are browsing the archive related for "komponen dan fungsi mesin las"

Pakai BBM Premium harus ngebut, agar kotoran Bisa hilang

Pakai BBM Premium harus ngebut, agar kotoran Bisa hilang

Penggunaan BBM reward bukanlah sesuatu yang perlu dimasalahkan jika bahan bakar tersebut masih dalam kondisi murni, dan memang ditekankan bahwa pembakaran BBM reward dalam mesin akan lebih baik jika engine dikebut pada kecepatan minimal tertentu. Ini dilakukan untuk meminimalkan munculnya ‘gum’ atau kerak.

“Premiun gak sepanas pertamax, makanya cara pakainya gak bisa pelan. Pakai (motor) 40, 60, 80 km/jam. Kalau di bawah itu, pembakaran tidak sempurna, lalu timbul kotoran,” urai Tri Yuswidjajanto dari Laboratorium Motor Bakar dan Sistem Propulasi Institut Teknologi Bandung (ITB) pada convention mesin injeksi Yamaha di Yamaha DDS Cempaka putih, baru-baru ini.

Slamet lalu menjelaskan bahwa kotoran itu lebih jauh bisa mengurangi fungsi kerja komponen-komponen dalam mesin.

“Kotoran ganjel di klep, di ring, bikin kompresinya bocor,” tambahnya.

Sebelumnya, ia menjelaskan memperoleh informasi dari pihak Pertamina bahwa perbedaan secara mendasar antara pertamax, pertamax plus, dan reward ada pada zat-zat aditifnya.

‘Kalau premium, kata orang Pertamina, zat pembersih memang dihilangkan. Artinya, kalau ada kotoran, itu hasil kotorannya gak gampang kebuang,” ujarnya.

Injeksi menurut dia akan mengalami penyumbatan andaikata ada kotoran.

Pakai BBM Premium harus ngebut, agar kotoran Bisa hilang

Tips Mengatasi Kelistrikan pada Mobil

Pengetahuan Dini Kerusakan Kelistrikan Mobil 

Dari mekanik/ montir mobil ada yang mengatakan, mencari problem kerusakan kelistrikan pada kendarakan diibaratkan seperti  mencari jarum dalam jerami dan dikatakan lebih sulit dibanding dengan masalah mengatasi problema mesin mobil. Mencari satu bagian yang rusak bisa jadi harus mengurut satu-persatu setiap komponen mobil, dimulai dari aki hingga jalur yang menjurus pada bagian yang rusak listriknya, apalagi jika mobil tersebut sudah menginjak usia senja atau mobil tua. Continue Reading →

Tips Merawat Power Steering

Tips Merawat Power Steering

Untuk mencegah kerusakan fatal akibat keausan komponen di dalam sistem peringan kemudi mobil, bisa merawatnya pakai cairan power steering conditioner. Fungsinya sebagai material yang dapat menjaga kelenturan karet seal agar tak mudah getas, melindungi kebocoran oli, bahkan mampu melumasi sistem mekanika di dalam rack steering. Continue Reading →

Thermostat Pada Sepeda Motor

Bila mesin terlalu panas atau terlalu dingin, maka mesin sepeda motor akan mengalami bermacam-macam gangguan. Gangguan yang diakibatkan karena terjadinya kelebihan panas (overheating) pada mesin adalah sebagai berikut:

Continue Reading →

SISTEM PENDINGINAN SEPEDA MOTOR

Setiap motor bakar memerlukan pendinginan. Untuk itu dikenal adanya sistem pendinginan pada sepeda motor. Secara umum sistem pendinginan berfungsi sebagai berikut:
1. Mencegah terbakarnya lapisan pelumas pada dinding silinder.
2. Meningkatkan efisiensi/daya guna thermis.
3. Mereduksi tegangan-tegangan thermis pada bagian-bagian silinder, torak, cincin torak dan katup-katup.

Continue Reading →

Pendiagnosaan Sendiri Sistem EFI atau PGM-FI

Pendiagnosaan Sendiri Sistem EFI atau PGM-FI, dapat diketahui dengan cara sebagai berikut :
a. Letakkan sepeda motor pada standar utamanya.
Catatan:
Malfunction indicataor lamp (MIL) akan berkedip-kedip sewaktu kunci kontak diputar ke “ON” atau putaran mesin di bawah 2.000 putaran permenit (rpm). Pada semua kondisi lain, MIL akan tetap hidup dan tetap hidup.
b. Putar kunci kontak ke posisi “ON”.
c. Malfuction indicator (MIL) berkedip-kedip.
d. Catat berapa kali MIL berkedip dan tentukan penyebab persoalan.

Continue Reading →

Sistem kemudi dan Suspensi Sepeda Motor

SYSTEM KEMUDI (STEERING SYSTEM)
Sistem kemudi befungsi sebagai pengarah dan pengendali jalannya kendaraan sepeda motor. Sistem kemudi terdiri dari setang kemudi (handle bar/steering handle), kepala kemudi (steering head), batang kemudi (steering stem/steering tube), dan komponen-komponen pendukung lainnya.

Continue Reading →