jenis roda dan ban mobil

You are browsing the archive related for "jenis roda dan ban mobil"

Titik-titik Perubahan di Honda CR-V Generasi Ke Empat

Seperti yang dilakukan Honda Prospect Motor (HPM) dengan menghadirkan generasi keempat CR-V. SUV medium ini hadir dengan desain lebih menawan dan ditambah fitur baru. Lalu apa saja titik perubahan All New CR-V dibandingkan generasi terdahulunya?
Dimulai dari lampu depan yang lebih sporty, front grill, bumper depan, lampu belakang lebih dinamis dengan model melebar serta menjorok ke bagian bodi samping.

Continue Reading →

Pengenalan Power Steering System

Sekarang ini, power steering menjadi salah satu perlengkapan standar kendaraan. Dengan adanya permintaan ini maka hampir lebih dari 90 persen mobil menggunakan power steering. Pada kendaraan power steering terdahulu menggunakan power rack-and-pinion system atau integral power steering gear assembly. Umumnya, rack-and-pinion system dipasang pada kendaraan berpenggerak roda depan. Dan untuk kendaraan berpenggerak roda belakang digunakan jenis Integral power steering gear.

Continue Reading →

Tips Memilih Velg Mobil

"Kebanyakan konsumen awam melihat velg berdasarkan motif, jika dia suka dia bayar. Tapi, berbeda jika calon pembeli datang dari pecinta modifikasi mobil yang sedikit banyak mengerti soal velg, kebanyakan mereka lebih bijaksana dalam memilih

Continue Reading →

Bagian-bagian Body Mobil

Sampai saat ini, bodi kendaraan masih didominasi oleh komponen berasal dari plat besi dengan ketebalan 0,6 sampai 0,9 mm. Perkembangan bodi melalui teknologi komponen bodi dengan bahan plastik dan fiber belum bisa sepopuler plat, namun demikian beberapa komponen bodi yang memiliki komponen utama plat, kadang juga memiliki komponen plastik, fiber bahkan serat karbon. Konstruksi dari bodi kendaraan dibagi menjadi beberapa bagian, diantaranya adalah:

Continue Reading →

Mekanisme Katup, OHV, OHC dan DOHC

Mekanisme Katup

Mesin 4 Tak mempunyai satu atau dua katup masuk dan katup buang pada setiap ruang bakarnya. Campuran udara-bahan bakar masuk ke silinder melalui katup masuk dan gas bekas keluar melalui katup buang.

Sebelum lebih jauh mendalami mekanisme pembukaan dan penutupan katup isap dan buang pada motor bakar, kita harus mengenal dahulu bagaimana kinerja katup isap dan katup buang dalam ruang pembakaran Continue Reading →

Memilih Busi yang Tepat

Kita harus bisa berhati-hati dan lebih selektif lagi, jika menghadapi pihak toko yang seringkali menawarkan busi-busi premium tersebut dengan iming-iming performa yang lebih oke, irit bahan bakar dan sebagainya.
Yang perlu diingat adalah bahwa busi yang berharga mahal tidak selalu menjamin kecocokan dengan mesin mobil atau motor kita. Sebab, setiap mesin memiliki toleransi tertentu untuk spesifikasi busi yang digunakan. Continue Reading →

Limited Slip Differential

Dalam otomotif yang semakin pesat, khususnya balap, mesin dengan horsepower yang besar membutuhkan traksi yang maksimal di permukaan aspal. Salah satu alat penunjang yang digunakan adalah LSD (Limited Slip Differential). Alat ini dapat diaplikasikan secara luas baik untuk mobil dengan penggerak roda depan maupun belakang, pada mobil-mobil berpenggerak roda depan, LSD ditempatkan di transmisi, sedangkan untuk berpenggerak belakang ditempatkan di gardan/differensial. Dilihat dari fungsinya inilah makanya LSD sering juga disebut dengan sistem penambah traksi dan menjadi alat wajib bagi para pengguna mobil untuk tujuan Drift, Balap, dan Offroad.

Continue Reading →