gambar ring piston

You are browsing the archive related for "gambar ring piston"

Seputar Silinder Head dan Celah Katup

Silinder Head (kepala silinder) merupakan komponen penting yang didalamnya berisi katup-katup masuk dan  buang. Material dari silinder head padan jaman sekarang terbuat dari aluminium alloy yang ringan, karena silinder head banyak lubangnya maka dalam pengencangannya memerlukan metode khusus, agar tidak bengkok

Continue Reading →

Cara Kerja Pompa Oli Power Steering

Pompa oli termasuk komponen utama untuk memperingan kerja steer, pompa oli ini ada beberapa macam berdasarkan cara mengalirkan oli, ada pompa vane dimana pompa ini menggunakan bilah-bilah sebagai pemindah oli (displcement), kemudian ada juga gear pump yang menggunakan gear sebagai pemindah olinya, yang ketiga piston pump, jenis yang ketiga ini biasanya digunakan pada pompa alat berat.

Continue Reading →

Sistem Kecepatan Utama/Tinggi Karburator Motor

Pada karburator tipe venturi tetap, tidak terdapat needle seperti pada karburator tipe variable dan tipe CV. Oleh karena itu, sistem kecepatan utamanya bisa terdapat dua atau lebih. Kecepatan utama tersebut sering diistilahkan dengan kecepatan utama primer (primary high speed system) dan kecepatan utama sekunder (secondary high speed system).

Continue Reading →

Mesin Hemi

Mesin Hemi berasal dari kata Hemispherical yaitu yang berarti setengah lingkaran atau sering dikatakan sebagai kubah. Ruang pembakaran berbentuk kubah ini telah digunakan selama ber abad-abad untuk mortar dan meriam. Ruang bakar berbentuk kubah ini diperkenalkan pertama-tama dalam mesin kendaraan.

Kepala silinder yang berbentuk kubah telah dipergunakan dalam industri otomotif sejak 1901, tipe mesin ini dipergunakan oleh perusahaan otomotif Belgia tahun 1905, Peugeot Grand Prix 1912, Alfa Romeo Gp 1914, Daimler dan Riley.

Continue Reading →

Prosedur Memasang Piston, Piston Ring, Connecting Rod dan Cylinder

CATATAN : Ada dua ukuran piston standar untuk menjaga celah piston ke-cylinder. Ketika memasang piston standar, cocokkan piston dengan cylinder sebagai berikut.

a. Setiap piston (5) memiliki nomor 1 atau 2 (6) seperti pada gambar. Nomor ini menunjukkan diameter piston.
b. Terdapat juga nomor 1 dan 2 (6) pada cylinder block seperti pada gambar. Angka pertama menunjukkan diameter dalam cylinder No.1 (1), angka kedua cylinder No.2 (2), angka ketiga cylinder No.3 (3) dan angka keempat cylinder No.4 (4).

Continue Reading →