fungsi throttle valve

You are browsing the archive related for "fungsi throttle valve"

Titik-titik Perubahan di Honda CR-V Generasi Ke Empat

Seperti yang dilakukan Honda Prospect Motor (HPM) dengan menghadirkan generasi keempat CR-V. SUV medium ini hadir dengan desain lebih menawan dan ditambah fitur baru. Lalu apa saja titik perubahan All New CR-V dibandingkan generasi terdahulunya?
Dimulai dari lampu depan yang lebih sporty, front grill, bumper depan, lampu belakang lebih dinamis dengan model melebar serta menjorok ke bagian bodi samping.

Continue Reading →

Sensor MAP (Manifold Absolut Pressure)

Sensor MAP (Manifold Absolut Pressure)

Sensor ini berfungsi mendeteksi perubahan tekanan (pressure) di intake manifold dirubah menjadi perubahan tegangan. MAP sensor terdiri dari  semi konduktor type pressure converting element  yang berfungsi merubah tekanan perubahan tekanan menjadi perubahan elektrik listrik (listrik) dan sirkuit elektronik yang akan meneruskan dan memperbaiki perubahan elektrik  tersebut. Continue Reading →

Engine Control Module (ECM)

ECM biasanya terpasang di bagian dashboard Penumpang. ECM terdiri dari chip microcomputer, converter A/D (analog/digital), unit input output, dll. Komponen ini sangatlah penting fungsinya untuk mengontrol system elektronik. Fungsi ECM tidak hanya mengontrol injeksi bahan bakar, IAC Valve, Throttle opener solenoid vacum valve dll, tetapi juga kerja system on board diagnostic, fungsi self-safe dan fungsi back up seperti diterangkan sebagai berikut : Continue Reading →

Komponen Karburator Motor

Karburator merupakan bagian yang penting pada sepeda motor. Hampir semua sepeda motor menggunakan karburator karena umumnya sepeda motor menggunakan bensin sebagai bahan bakarnya. Karena itu karburator yang baik harus mampu membuat gas yang sempurna dan sesuai dengan kebutuhan mesin pada setiap tingkat penggunaan dan kecepatan putaran mesin. Untuk mendapatkan pembakaran yang sempurna dibutuhkan perbanbingan bensin dan udara dalam percampuran gas, menurut teoritis adalah 1:15. Artinya 1 gram bensin harus dicampur dengan 15 gram udara.Apabila perbandingan campurannya lebih dari 1:15 maka biasanya dikatakan campuran miskin contoh 1:18. Apabila perbandingan campuran kurang dari 1:15 maka dikatakan campuran kaya contoh 1:12. Didalam praktek pada umumnya digunakan campuran kaya, ini untuk mendapatkan daya mesin yang lebih besar (boros mesin). Dan dengan sebaliknya apabila menghendaki bahan bakar yang ekonomis maka bisa digunakan campuran miskin. Untuk campuran miskin ini biasa digunakan pada mesin 4 tak karena gerakan motor ini tak secepat kerja motor 2 tak.

Continue Reading →