fungsi sistem pompa oli

You are browsing the archive related for "fungsi sistem pompa oli"

Saringan Oli dan Pompa Oli Sepeda Motor

Sistem pelumasan mempunyai sistem saringan oli untuk membersihkan debu, metal dan carbon pembakaran. Jika komponen menjadi sangat kotor, akan menghasilkan efisiensi saringan yang rendah sehingga tidak bagus untuk membersihkan oli yang sudah dipakai. Untuk itu elemen filter oli harus dibersihkan atau diganti secara periodik.

Continue Reading →

Sitem Hidrolik

Hidrolik adalah suatu sistem yang memanfaatkan tekanan fluida sebagai power (sumber tenaga) pada sebuah mekanisme. Karena itu, pada sistem hidrolik dibutuhkan power unit untuk membuat fluida bertekanan. Kemudian fluida tersebut dialirkan sesuai dengan kebutuhan atau mekanisme yang diinginkan. Continue Reading →

Electric Power Steering(EPS)

Teknologi Electric Power Steering(EPS) dibuat untuk mengerti kita. Pada EPS, mekanisme hidraulis berganti menjadi gerakan dinamo yang mengandalkan arus listrik. “Dalam hal perawatan pun didesain menjadi free maintenance dan enggak bikin repot lagi seperti model konvensional,” bilang Iwan Abdurachman, technical trainee PT Toyota Astra Motor. Nah karena bebas rawat, EPS ini jarang ditengok. Problem yang terjadi juga tidak dikenali. Bahkan baru paham setelah kejadian. Yuk belajar bareng bersama tentang EPS.

Continue Reading →

Anti Lock Brake system (ABS)

Anti Lock Brake System  atau unit kontrol ABS membantu untuk mempertahankan kontrol dan stabilitas arah sebuah mobil dalam kasus situasi pengereman ekstrim. Hal ini dicapai dengan mengendalikan kecepatan rotasi roda dengan mengatur tekanan rem secara otomotis pada saat pengereman ekstrim. Sistem ini bekerja pada sebagian besar jenis permukaan jalan dan mengurangi resiko kecelakaan dan tingkat keparahan dampak. Penelitian telah menunjukkan bahwa sistem rem anti penguncian dapat menurunkan kemungkinan kecelakaan kendaraan sebesar 18%. ABS sistem rem diperkenalkan pada akhir tahun tujuh puluhan dan telah menikmati kemajuan teknologi besar sejak saat itu.

Continue Reading →

Penggantian Oli Motor dan Saringan Oli

Langkah kerja

· Letakkan bak dibawah motor

· Lepas baut pembuang oli yang terletak pada karter

· Lepas saringan oli dengan tangan atau kunci pelepas khusus. Kontrol, apakah paking karetnya tak tertinggal pada motor !

a

Continue Reading →