fungsi kunci kontak

You are browsing the archive related for "fungsi kunci kontak"

Pendiagnosaan Sendiri Sistem EFI atau PGM-FI

Pendiagnosaan Sendiri Sistem EFI atau PGM-FI, dapat diketahui dengan cara sebagai berikut :
a. Letakkan sepeda motor pada standar utamanya.
Catatan:
Malfunction indicataor lamp (MIL) akan berkedip-kedip sewaktu kunci kontak diputar ke “ON” atau putaran mesin di bawah 2.000 putaran permenit (rpm). Pada semua kondisi lain, MIL akan tetap hidup dan tetap hidup.
b. Putar kunci kontak ke posisi “ON”.
c. Malfuction indicator (MIL) berkedip-kedip.
d. Catat berapa kali MIL berkedip dan tentukan penyebab persoalan.

Continue Reading →

Sensor MAP (Manifold Absolut Pressure)

Sensor MAP (Manifold Absolut Pressure)

Sensor ini berfungsi mendeteksi perubahan tekanan (pressure) di intake manifold dirubah menjadi perubahan tegangan. MAP sensor terdiri dari  semi konduktor type pressure converting element  yang berfungsi merubah tekanan perubahan tekanan menjadi perubahan elektrik listrik (listrik) dan sirkuit elektronik yang akan meneruskan dan memperbaiki perubahan elektrik  tersebut. Continue Reading →

Engine Control Module (ECM)

ECM biasanya terpasang di bagian dashboard Penumpang. ECM terdiri dari chip microcomputer, converter A/D (analog/digital), unit input output, dll. Komponen ini sangatlah penting fungsinya untuk mengontrol system elektronik. Fungsi ECM tidak hanya mengontrol injeksi bahan bakar, IAC Valve, Throttle opener solenoid vacum valve dll, tetapi juga kerja system on board diagnostic, fungsi self-safe dan fungsi back up seperti diterangkan sebagai berikut : Continue Reading →

Gangguan dan Kerusakan Pada Wiper

Wiper menjadi sangat penting terutama jika di musim hujan, karena wiper berguna untuk membersihkan kaca dari guyuran air hujan dan mengurangi embun yang menempel di kaca depan. Sehingga Anda masih tetap dapat menatap pandangan ke kaca depan tanpa terganggu oleh guyuran air hujan. Untuk itu jangan biarkan wiper rusak karena ada gangguan.

Berikut ini gangguan pada wiper :

1. Wiper masih berfungsi namun geraknya melambat penyebabnya adalah :

  • Tahanan yang terdapat dalam koil ke pengganti arus besar sangat kotor.
  • Poros engkol macet
  • Tombol kontak macet
  • Motor rusak

Continue Reading →

Pemeriksaan Sistem Pemanas Mula

Pada saat pemeriksaan sistem pemanas mula ini, baterai/aki kendaraan yang akan diperiksa harus dalam keadaan kondisi baik. Apabila baterai dalam keadaan kosong / lemah atau sambungan kabelnya jelek, kita akan mendapatkan hasil pemeriksaan yang salah.

1. Pemeriksaan dalam Kabin.

Putar kunci kontak pada posisi “GLOW”. Bila dalam kendaraan tidak ada, maka biasanya terdapat saklar tersendiri untuk menghidupkan sistem pemanas. Kalau lampu komtrol mulai menyala sesudah 6-15 detik berarti pemanas mula bekerja dengan baik. Waktu panyalaan lampu kontrol tiap-tiap kendaraan berbeda-beda dapat dilihat pada spesifikasi kendaran.

image

Bila lampu kontrol mulai menyala lebih lambat dari waktu spesifikasi, maka kemungkinan salah satu atau lebih busi pijar tidak berfungsi. Apabila lampu menyala lebih cepat dari waktu yang ditentukan menunjukkan hubungan singkat ke massa setelah lampu kontrol.

Continue Reading →

Sistem Pemanas Mula

Pada waktu start, kerugian tekanan kompresi diatas torak sangat besar. Saat start dingin keadaan tersebut tidak menguntungkan karena temperatur pembakaran tidak tercapai. Hal ini disebabkan torak, blok motor dan bagian motor lainnya yang masih dingin menyerap panas hasil kompresi yang belum sempurna itu. Continue Reading →

Injeksi Langsung Dan Tak Langsung

Injeksi Langsung

Pada akhir langkah kompresi, torak mendekati kepala silinder,udara masuk Continue Reading →