fungsi dan cara kerja alu

You are browsing the archive related for "fungsi dan cara kerja alu"

Pakai BBM Premium harus ngebut, agar kotoran Bisa hilang

Pakai BBM Premium harus ngebut, agar kotoran Bisa hilang

Penggunaan BBM reward bukanlah sesuatu yang perlu dimasalahkan jika bahan bakar tersebut masih dalam kondisi murni, dan memang ditekankan bahwa pembakaran BBM reward dalam mesin akan lebih baik jika engine dikebut pada kecepatan minimal tertentu. Ini dilakukan untuk meminimalkan munculnya ‘gum’ atau kerak.

“Premiun gak sepanas pertamax, makanya cara pakainya gak bisa pelan. Pakai (motor) 40, 60, 80 km/jam. Kalau di bawah itu, pembakaran tidak sempurna, lalu timbul kotoran,” urai Tri Yuswidjajanto dari Laboratorium Motor Bakar dan Sistem Propulasi Institut Teknologi Bandung (ITB) pada convention mesin injeksi Yamaha di Yamaha DDS Cempaka putih, baru-baru ini.

Slamet lalu menjelaskan bahwa kotoran itu lebih jauh bisa mengurangi fungsi kerja komponen-komponen dalam mesin.

“Kotoran ganjel di klep, di ring, bikin kompresinya bocor,” tambahnya.

Sebelumnya, ia menjelaskan memperoleh informasi dari pihak Pertamina bahwa perbedaan secara mendasar antara pertamax, pertamax plus, dan reward ada pada zat-zat aditifnya.

‘Kalau premium, kata orang Pertamina, zat pembersih memang dihilangkan. Artinya, kalau ada kotoran, itu hasil kotorannya gak gampang kebuang,” ujarnya.

Injeksi menurut dia akan mengalami penyumbatan andaikata ada kotoran.

Pakai BBM Premium harus ngebut, agar kotoran Bisa hilang

Perawatan Motor Matic — Agar Tetap Awet

Motor matic sangatlah membutuhkan perawatan khusus dari yang punya nya, terlebih sekarang motor matic sudah banyak menggunakan teknologi injeksi yang dimana dalam perawatannya butuh tenaga ekstra keras.

Jika anda pengguna motor khususnya pengguna motor matic dibawah ini adalah Cara Merawat Motor Matic  yang bisa anda lakukan untuk motor anda dirumah dan motor  bisa tetap awet dan terjaga performanya, berikut ini 8 Cara Merawat Motor Matic Agar Tetap Awet  :

 

Cara Merawat Motor Matic

 

  1. Panasi terlebih dahulu
    Jika anda biasanya pagi pagi saat berangkat kerja langsung menarik gas motor tanpa dipanasi, mulai saat ini baiknya anda lakukan pemanasan mesin motor selama 5-10 menit
  2. Jangan sering mengubah kecepatan laju
    Cara merawat motor matic yang kedua adalah jangan sering mengubah kecepatan laju yaitu jangan anda biasakan dalam kecepatan kencang langsung me-rem mendadak dan menarik gas lagi hingga kencang dan me-rem lagi, hal ini akan membuat mesin cepat rusak’
  3. Selalu cek kondisi tangki mesin
    Jangan membiarkan kondisi tangki bensin sampai menunjukan jarum ke posisi E atau empty apalagi lewat huruf E dala speedometer, usahakan isikan bensin dan cek tangki bensin jangan sampai tangki bensin kosong
  4. Rutin mengganti oli
    Rutinlah mengganti oli mesin setiap 1000 KM dan mengganti oli transmisi motor maksimal ketika motor sudah mencapai 5000 KM
  5. Periksa kondisi Aki dan Busi
    2 perangkat ini harus tetap dijaga agar performa motor tetap stabil dan tidak mogok pada saat berkendara, Busi sangat berguna untuk motor matic tetap melaju kencang, jika aki atau busi tidak berfungsi maka segera ganti dengan baru di bengkel resmi
  6. Periksa Roler dan Ventbelt
    Selalu perhatikan Roler dan ventbelt motor matic anda, jika sudah dalam keadaan tidak layak pakai, maka usahakan menggantinya dengan yang baru secara orisinil
  7. Periksa dan selalu perhatikan ruang transmisi
    Di dalam ruang transmisi usahkan anda cek dan perhatikan, biasanya di dalam ruang transmisi sering masuk kotoran dan debu, usahakan anda bersihkan setelah motor mencapai 4000 Km sekali
  8. Ganti Oli Shockbreaker
    Usahkaan ganti oli shockbreaker anda setiap motor mencapai 10000 KM

 

Diatas adalah Cara Merawat Motor Matic  yang bisa anda lakukan dirumah dan menjaga kuda besi anda agar prforma dan mesinnya awet terjaga seperti baru

Ayo segera perlakukan motor anda biar tetap seperti baru…….salam

Photo Sensor – biasa disebut Sensor Cahaya

Sensor Cahaya atau Photo sensor atau ada juga yang menyebutnya Photo switch, semuanya sama yaitu suatu alat yang bekerja berdasarkan cahaya yang dipantulkan oleh alat itu sendiri dengan intensitas tertentu, sensor ini dapat mendeteksi benda dengan jarak yang bervariasi itu tergantung dari type dan jenisnya, ada berbagai jenis dan type alat ini, pada prakteknya, sensor ini ada yang menggunakan reflector dan ada juga yang tanpa
reflector, apa itu reflector ? Reflector adalah suatu alat terbuat dari plastic yang permukaan bagian dalamnya berbentuk prisma atau segi enam berfungsi untuk memantulkan cahaya yang dikirim oleh Photo sensor, kemudian ada juga photo sensor yang tanpa menggunakan reflector, tapi umumnya sensor jenis ini memiliki dua buah atau berpasangan artinya ada pengirim dan ada penerima.

Penggunaan:

 Bagi sebagian orang mungkin sudah banyak yang tahu apa itu Sensor cahaya atau Photo sensor namun ada juga yang belum mengetahuinya karena memang bukan bidangnya, tapi tidak ada salahnya bagi mereka yang bukan bidangnya atau ahlinya dapat mengetahuinya, minimal bentuk dan fungsinya untuk pengetahuan. Pertanyaannya adalah dimana anda dapat menemukan sensor jenis ini ? jawaban yang paling mudah dari pertanyaan diatas adalah, Di Mall, Ketika anda melewati pintu masuk sebuah mall, maka dengan sendirinya pintu akan terbuka tanpa disuruh ataupun diminta, begitupun sebaliknya ketika anda keluar, pintupun akan segera menutup secara otomatis, bagaimana ini bisa bekerja ? ketika anda berjalan masuk, melalui pintu masuk, secara tidak sadar tubuh anda terdeteksi oleh sensor, ini sebab berada dalam area deteksi.

Ada jenis sensor tanpa reflector, memiliki dua unit, yang pertama adalah Pengirimatau transmiter bertugas sebagai sumber cahaya untuk dikirimkannya ke bagian penerima, yang kedua adalah Penerima atau receiver bertugas sebagai penerima cahaya yang dikirimkan oleh transmiter, cahaya yang dikirimkan oleh pengirim harus center dengan penerima agar cahaya terkirim benar – benar masuk sehingga sensor dapat bekerja dengan baik.

Bagaimana Sensor Cahaya bekerja ?

. Ketika transmiter mengirimkan cahayanya ke bagian receiver dan diterima dengan baik tanpa ada satupun penghalang, maka sensor dalam keadaan stanby, tidak ada reaksi dan kontaknya pun tidak hubung, tetapi pada saat cahaya yang dikirimkan oleh transmiter terhalang oleh suatu benda padat seperti besi atau karet, sehingga receiver tidak dapat menerima cahaya karena tertutup benda tadi, maka ketika itu pula sensor akan bekerja dan menghubungkan kontak yang ada didalamnya yaitu dibagian receiver, nah.. receiver ini yang nantinya dihubungkan dengan perangkat kontrol lainnya atau untuk memberi perintah pada motor penggerak agar berputar.

Cara Bekerjanya Pompa Air Otomatis

Pada mesin pompa air ada saluran hisap dan ada saluran buang, alat otomatis atau sensornya menggunakan sensor tekanan atau disebut juga Pressure Switch dan dipasang pada tabung pada saluran keluaran pompa, ketika pompa dihidupkan atau dihubungkan dengan tegangan jala-jala, maka pompa akan berputar sehingga dibagian dalam pompa terjadi vaccum karena adanya perbedaan tekanan, sehingga air yang ada didalam tanah akan terhisap naik.

. Pada saat mesin pompa air berputar dan semua kran air yang ada dirumah tertutup maka pada saluran keluaran pompa akan timbul tekanan yang cukup besar, ketika tekanan yang dihasilkan melebihi tekan set yang ada pada sensor atau pressure switch maka sensor akan bekerja dan pompa air akan mati seketika, pompa air akan hidup lagi jika ada salah satu kran air terbuka disebabkan tekanan air sudah turun dan begitulah seterusnya.

. Dengan demikian saat kita lupa untuk mematikan pompa air, maka mesin pompa air tidak akan terbakar disebabkan karja yang terus menerus, dan lagi kita tidak perlu memasang atau mencabut steker dari mesin pompa air sebab segalanya akan bekerja secara otomatis.

Rangkaian listrik yang terdapat pada sebuah mesin pompa air.

Keterangan : 

1. Ac 220 adalah tegangan sumber yang biasa digunakan dirumah-rumah.
2. Protector, berfungsi sebagai pelindung motor agar tidak terbakar, jika terjadi panas yang berlebih    pada gulungan motor, akibat dari pembebanan yang berlebihan, seperti bearing macet dll.
3. Capasitor, berfungsi sebagai starting pada saat motor/pompa dihidupkan.
4. Main coil, gulungan utama, berfungsi untuk membangkitkan putaran motor.
5. Sub coil, gulungan bantu, berfungsi untuk membantu membangkitkan putaran motor pada saat awal motor/pompa dihidupkan.

Ini adalah gambar keadaan sebuah tabung pada saat air masuk dan keluar yang dihasilkan oleh pompa air.

Mekanik Pemula; Perlu Memperhatikan hal-hal Penting

Sebellum kita membongkar mesin (mobil) atau kendaraan lain, sebagai mekanik pemula harus memperhatikan banyak hal antara lain:

Cara Kerja Mesin
Mesin terdiri dari beberapa komponen yang saling berkaitan, sebagai montir kita harus paham satu persatu dari komponen tersebut, hal ini sangatlah penting jika salah menagani akan terjadi kesalahan yang fatal. Pada awalnya deteksi kerusakan perlu diperhatikan. Kerusakan bisa dilihat dari beberapa hal misalnya dari bunyi-bunyian yang terdengar aneh. Kita bisa mendengarkan dengan seksama bagian mana yang terdengar aneh, apakah bagian atas, tengah atau bawah dari mesin (engine)  tersebut sehingga kita bisa memperkirakan kerusakan yang terjadi.

Sistem Listrik
Sebuah sistem kelistrikan mobil juga penting untuk operasi sehari-hari, dan sejumlah komponen mungkin perlu perhatian montir. Baterai mobil umumnya harus diganti setiap beberapa tahun. Wiring dapat menjadi berkarat dari waktu ke waktu dan koneksi dapat menjadi longgar hanya dari abadi getaran yang terjadi setiap kali mobil didorong. Akhirnya, komponen listrik sendiri, termasuk motor untuk mengoperasikan power window atau kunci, sistem suara dan pencahayaan mungkin memerlukan penggantian.

Peralatan Keselamatan

Di beberapa negara, inspeksi keselamatan tahunan diperlukan dan mekanik ditugaskan untuk memastikan bahwa mobil aman untuk dikendarai. Bahkan ketika inspeksi keselamatan tidak wajib, montir mobil yang baik akan memperhatikan keselamatan mobil dan menyarankan setiap perbaikan yang diperlukan untuk mengurangi kemungkinan kecelakaan. Memastikan bahwa rem fungsional dan tidak terlalu dipakai adalah bagian dari ini, seperti yang memeriksa kembang lelah untuk memastikan bahwa mereka memiliki traksi yang memadai. Lampu depan dan lampu directional juga pada daftar fitur penting yang montir harus tetap dalam keadaan baik.

Sistem Komputerisasi

Mobil modern mengandung sistem komputer canggih yang mengatur pusat data perjalanan, peralatan keselamatan dan sistem peringatan. Dalam beberapa tahun terakhir mekanika telah dipaksa untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana sistem ini bekerja dalam mobil dan bagaimana untuk mendiagnosa masalah. Untuk membantu mereka, mobil yang paling utama termasuk sistem diagnostik yang akan menampilkan masalah dikenal ketika mobil yang dianalisis oleh komputer montir. Sistem komputer lain seperti kontrol stabilitas elektronik, sistem peringatan tekanan ban rendah, dan sistem navigasi on-board mungkin memerlukan reboot atau update pemrograman dari mekanika.

Demikian yang perlu diperhatikan untuk Mekanik Pemula

Fungsi Cuk dan Mekanismenya

Fungsi cuk (choke) adalah untuk memperkaya (memperbanyak) campuran bensin. Alat ini Dipakai ketika pagi hari supaya mesin mudah dihidupkan. Dalam perkembangannya, cuk diklasifikasikan jadi dua. Yaitu cuk model butterfly (kupu-kupu) dan tipe piston.

Pada Pemaiakannya, kebanyakan pemilik motor kurang paham sistem cuk yang dianut kendaraannya. Sehingga penggunaan cuk jadi tak berguna. “Misal, saat menggunakan cuk sembari membuka gas waktu mau hidupkan mesin. Itu cara yang salah,” jelas Tompul dari Benkel Sumbawa 24 Blora

Seperti cuk butterfly yang dianut Honda Astrea Supra atau Tiger 2000, Kawasaki Blitz, Kaze dan Yamaha Jupiter MX lama. Cirinya di moncong karbu terdapat katup manual yang bisa menutup secara penuh lubang venturi. Sehingga debit udara lebih dikit dibanding jumlah bahan bakar dari pilot-jet

“Pada model butterfly, ketika cuk diaktifkan, posisi gas dibuka gak masalah. Karena venturi tertutup penuh walau skep terbuka, debitnya makin banyak lantaran bahan bakar akan keluar melalui lubang nosel,” imbuh Pembengel  di Jl. Sumbawa  24, Blora.

Macam macam Choke & mekanismenya

Suhu kerja choke otomatis adalah dibawah 80 derajat C ,sehingga diharapkan choke akan berhenti bekerja setelah suhu kerja mesin diatas itu.

Vacum Idle up

sistem choke ini terdiri dari sebuah thermostatic coil, choke piston, choke valve , fast idle cam dan linkage. Cara kerjanya dikendalikan oleh kombinasi dari vakum intake manifold, offset choke valve, suhu udara, dan panas exhaust manifold.Thermostatic coil, yang terkait dengan choke valve shaft, menahan choke valve tertutup saat mesin dingin. Pada waktu mesin distart, kecepatan udara terhadap offset choke valve menyebabkan valve  membuka sedikit karena torsi dari kumparan termostatik. Selain itu, pada saat mesin start, intake manifold vakum digunakan untuk choke piston. yang juga cenderung untuk menarik choke valve  terbuka.Akibatnya, choke valve mengasumsikan posisi di mana torsi dari thermostatic coil seimbang terhadap vakum, menarik choke piston dan kecepatan udara terhadap offset choke valve, sehingga menyebabkan aliran udara  ke dalam karburator diatur dengan campuran yang tepat selama pemanasan mesin.


Selama pemanasan, choke piston berfungsi untuk memodifikasi gerakan choke untuk mengkompensasi perubahan beban mesin atau akselerasi. Setiap akselerasi atau peningkatan beban  yang meningkat mengurangi kevakuman yang diberikan pada choke piston. Hal ini memungkinkan torsi thermostatic coil  meningkatkan penutupan choke valve untuk menyediakan mesin  campuran bahan bakar yang cukup kaya untuk akselerasi.
Sejalan dengan menghangatnya mesin , udara panas dari exhaust manifold ditarik ke dalam penutup thermostatic coil  oleh vakum di belakang choke piston. Udara panas ini menyebabkan peningkatan suhu yang menyebabkan kumparan untuk perlahan-lahan sedikit demi sedikit meregang . Sehingga choke valve akan bergerak secara bertahap ke posisi terbuka penuh.
itu hanya sebagian contoh sistem saja untuk model & cara kerja akan lain  untuk tiap produsen karburator.

 

 

 

Tips Mengatasi Kelistrikan pada Mobil

Pengetahuan Dini Kerusakan Kelistrikan Mobil 

Dari mekanik/ montir mobil ada yang mengatakan, mencari problem kerusakan kelistrikan pada kendarakan diibaratkan seperti  mencari jarum dalam jerami dan dikatakan lebih sulit dibanding dengan masalah mengatasi problema mesin mobil. Mencari satu bagian yang rusak bisa jadi harus mengurut satu-persatu setiap komponen mobil, dimulai dari aki hingga jalur yang menjurus pada bagian yang rusak listriknya, apalagi jika mobil tersebut sudah menginjak usia senja atau mobil tua. Continue Reading →