fungsi baut

You are browsing the archive related for "fungsi baut"

Avanzanation Journey: Avanza Tidak Alami Kendala Teknis

 

Avanzanation Journey: Avanza Tidak Alami Kendala Teknis

Perjalanan jauh tim Avanzanation Journey yang penuh tantangan dan risiko harus diimbangi dengan kondisi mobil yang selalu prima. Jika diperlukan, setiap singgah di main dealer, kendaraan dicek untuk memastikan “kesehatannya”, seperti yang dialami rombongan wilayah Barat selama menyusuri ”jalur keras” Sumatera.

Pemeriksaan tergolong ringan, menitikberatkan kesehatan kaki-kaki yang menjadi tumpuan selama perjalanan. ”Pada dasarnya tidak ada masalah berarti. Pengecekan dilakukan terkait medan dan jarak yang ditempuh, sebagai antisipasi gangguan di bagian bawah mobil. Sama seperti mudik, mobil harus dipastikan sehat demi keselamatan dan kenyamanan,” terang Made Wahyudi, Kepala Bengkel Agung Automall Bengkulu kepada KompasOtomotif, (21/2/2014).

 

Donny AprilianandaPengecekan mobil selama perjalanan Avanzanation Journey.

Dari pengamatan KompasOtomotif, pengecekan yang dilakukan untuk mobil-mobil Avanzanation Journey dikonsentrasi pada under body. Berikut pengecekan yang dilakukan dan bisa jadi acuan untuk mobil-mobil yang melakukan perjalanan jarak jauh:

1. Cek baut-baut. Mobil bergoyang dan bergerak, menjejak di jalan rusak, kemungkinan baut-baut kendor cukup besar. Misalnya, baut lower arm, steering rack, baut suspensi, hingga baut pengisian oli transmisi differential. Jika tidak kencang, akan mengganggu stabilitas pengendalian.

2. Ban. Cek tekanan angin, kekencangan baut pelek, dan kembangan ban. Made menyarankan, jika anathema depan dan belakang tidak sama, disarankan untuk memasang anathema dengan kembangan lebih bagus untuk bagian depan, karena terkait dengan pengendalian yang lebih baik.

3. Mesin. Cek oli, tali kipas (belting), filter udara, dan atmosphere radiator. Pastikan semua dalam kondisi layak.

4. Peranti keamanan. Hal ini termasuk fungsi lampu-lampu dan pembersih kaca.

Hasilnya, selama perjalanan yang telah dilalui tim Avanzanation Journey, tidak ditemukan kendala berarti yang dialami tim Sumatera. Pengecekan dilakukan hanya untuk memastikan empat poin tersebut di atas, dan Made mengatakan bahwa Avanza adalah mobil yang tahan banting tanpa perlu perawatan khusus. ”Sudah banyak buktinya, dipakai di daerah-daerah terpencil yang jalannya rusak, terbukti tidak ada masalah,” urainya.

Avanzanation Journey: Avanza Tidak Alami Kendala Teknis


Blind Fasteners

Macam-macam baut Blind Fastener :

1. The Avdelok system.

Avdelok sebenarnya tidak termasuk blind fasteners karena harus dikerjakan dari kedua sisi permukaan benda kerja yang disambung, namun metode pengencang ini memiliki beberapa keunggulan dibanding-kan dengan metode rivet maupun metode baut dan mur konvensional lainnya.

Continue Reading →

BAUT DAN MUR (BOLTS & NUTS)

a. Baut
Baut digunakan secara luas dalam industri kendaraan bermotor. Pada kendaraan bermotor terdapat banyak sekali komponen yang dibuat secara terpisah, kemudian disatukan menggunakan baut dan mur agar memudahkan dilakukan pelepasan kembali saat diperlukan, misalnya untuk melakukan pekerjaan perbaikan atau penggantian komponen.

Continue Reading →

Tips Memilih Velg Mobil

"Kebanyakan konsumen awam melihat velg berdasarkan motif, jika dia suka dia bayar. Tapi, berbeda jika calon pembeli datang dari pecinta modifikasi mobil yang sedikit banyak mengerti soal velg, kebanyakan mereka lebih bijaksana dalam memilih

Continue Reading →

Saringan Oli dan Pompa Oli Sepeda Motor

Sistem pelumasan mempunyai sistem saringan oli untuk membersihkan debu, metal dan carbon pembakaran. Jika komponen menjadi sangat kotor, akan menghasilkan efisiensi saringan yang rendah sehingga tidak bagus untuk membersihkan oli yang sudah dipakai. Untuk itu elemen filter oli harus dibersihkan atau diganti secara periodik.

Continue Reading →

Lupakan Gejala Nembak Pada Knalpot Vixion

Agar Vixion  lulus uji emisi EURO 2, maka yamaha meluncurkan teknologi cangih injeksi yang dibantu oleh sistem AIS dan desaign knalpot yang mampu menekan emisi gas buang. Continue Reading →

Katup Pengimbang (P Valve) di Rem

Mobil dihentikan dengan adanya gesekan antara ban dan jalan. Gesekan ini akan bertambah sesuai dengan adanya pembagian beban pada ban. Biasanya kendaraan yang mesinnya terletak didepan , bagian depannya lebih berat dibandingkan dengan bagian belakangnya. Bila kendaraan direm , maka titik  pusat gravitasi akan pindah ke depan (bergerak maju) disebabkan adanya gaya inertia, dan adanya beban yang besar menyatu pada bagian depan Continue Reading →