cara penyetelan rem pada mobil

You are browsing the archive related for "cara penyetelan rem pada mobil"

Cara Melakukan WHEEL ALIGNMENT (Kelurusan Roda)

Wheel alignment (kelurusan roda) merupakan penyetelan, dimana penyetelan ini meliputi komponen suspensi dan steering, roda dan rangka kendaraan. Pabrik sebagai pembuat kendaraan menentukan sudut penyetelan whell alignment ini berdasarkan kontruksi kendaraan dan kegunaannya. Banyak mekanisme penyetelan yang dapat dipakai seperti misalnya dengan pemakaian shims, cams, threaded rod dan slotted frame yang biasanya memberikan pengaturan yang baik, pengaturan ketinggian yang benar, sehingga mendapatkan mobil yang sesuai dengan spesifikasinya. Saat semua sudut telah sesuai dengan spesifikasinya,  stabilitas mobil di jalan dan kontrol steering dapat dilakukan  oleh pengemudi. Kecelakaan mobil, guncangan di jalan, serta bongkar pasang dapat membuat beberapa sudut menyimpang dari specifikasi. Saat itu terjadi, akan dapat mempengaruhi dalam pengontrolan kendaraan, dan roda mungkin akan tidak seimbang serta cepat habis. Saat inilah mobil perlu untuk di setting ulang, untuk mendapatkan sudut yang tepat.

Continue Reading →

KEAUSAN BAN

Keausan ban adalah suatu hilangnya atau rusaknya tapak ban atau permukaan karet ban karena gesekan yang terjadi ketika ban melaju dijalan. Keausan ban bermacam-macam tergantung dari tekanan angin ban, beban, kecepatan kendaraan, cuaca panas, kondisi permukaan jalan, temperatur dan faktor lainnya.

Continue Reading →

Cara Penyetelan Katup Mobil

Penyetelan katup tidak diperlukan pada semua engine. Banyak engine dilengkapidengan penumbuk hidrolik dan tidak perlu distel. Katup dengan penumbuk hidrolik akan menyetel dengan sendirinya.Bila engine dilengkapi dengan mekanisme penyetel katup memerlukan penyetelan setelah kapala silinder dikencangkan ulang. Ini dikarenakan ketika kepala silinder dikencangkan ulang gasket kepala silinder terpencet dan kepala silinder lebih merapatterhadap blok, sehingga celah katup akan berubah.Lihat gambar 7 yang menunjukkan komponen-komponen utama sebuah rangkaiandengan poros kam diatas kepala silinder (OHC =Over head Camshaft). Continue Reading →

Penyetelan Pompa Percepatan

1. Pemeriksaan saat penyemprotan

  • Periksa saat mulai penyemprotan dengan menggerakkan katup gas.
  • Pada katup mulai membuka, harus ada penyemprotan.
  • Jika penyemprotan terlambat, periksa kelonggaran tuas dan batang penghubung pompa. Periksa juga kelonggaran pegas penekan tuas pompa.
  • Jika karburator sudah dilepas dari motor, sebelum memeriksa, isi karburator dengan bensin melalui pipa ventilasi ruang pelampung.

Continue Reading →

Tes Tekanan Kompresi

Pastikan selama tes tekanan kompresi dilakukan bahwa kabel tegangan tinggi dari koil pengapian selalu terhubung dengan masa, agar tegangan tidak mengalir ketubuh anda.

Jangan mengangkat alat tes tekanan kompresi dari lubang busi sebelum motor berhenti berputar, karena dengan tekanan kompresi motor tersebut, kotoran akan bisa menghembus kemuka anda.

Continue Reading →

Rem Cakram

clip_image002[7]

Gaya gesek didapatkan dari gesekan antara cakram ( piringan ) dengan pad ( balok rem ) :

Piringan cakram berputar clip_image001bersama – sama roda

Kaliper dan pad clip_image001terpasang pada aksel

Continue Reading →

Rem Tangan

Macam – Macam Lengan Pengoperasian

Lengan ditempatkan di samping atau di antara kursi

• Tarik lengan unutk mengoperasikan rem tangan
• Tekan “knop” untuk melepas Continue Reading →