cara pasang fender mobil

You are browsing the archive related for "cara pasang fender mobil"

Langkah Pencengahan Kecelakaan Kerja Pada Perbaikan Mobil

1. Petunjuk perbaikan dasar

a. Petunjuk saat bekerja

- Pakailah selalu seragam yang bersih

- Harus memakai topi dan sepatu keamanan

- Perlindungan kendaraan , persiapkan tutup gril, tutup fender, tutup tempat duduk dan karpet lantai sebelum memulai pekerjaan.

- apabila bekerja dengan dua orang atau lebih hendaknya memeriksa satu dengan yang lainnya.

- apabila bekerja dengan mesin hidup pastikan menyediakan ventilasi udara untuk pembuangan asap didalam bengkel.

- Bila bekerja dengan temperatur yang tinggi, tekanan tinggi, berputar bergerak atau bergetar , kenakan perlengkapan yang cocok dan hati-hati jangan sampai melukai diri anda atau orang lain.

- bila sedang mendongkrak kendaraan pastikan untuk menopang pada lokasi tertentu dengan stand pengaman

- Ketika mengangkat kendaraaan, gunakan perlengkapan kemaamanan yang tepat.

- Lakukan diagnosa dengan memahami secara cermat prosedur yang benar-benar dengan problem yang dilaporkan.

- Sebelum membongkar part, periksa kondisi keseluruhan rakitan secara umumdan terhadap perubahan bentuk dan kerusakan.

- Apabila strukturnya rumit buatlah catatan. Contohnya catat jumlah sambungan kelistrikan, baut atau selang yang dilepas. Beri tanda pemasangan untuk memudahkan pemasangan kembali komponen dalam posisi semula. Tandai sementara selang-selang dan fiting jika diperlukan.

- Bersihkan dan cuci komponen yang dilepas jika diperlukan dan rakit semuanya setelah diperikasa dengan seksama.

b. Mendongkrak dan menopang kendaraan.

- Berhati-hatilah ketika mendongkrak dan menopang kendaraan, pastikan mengangkat dan menopang kendaraan pada posisi yang tepat.

c. Part yang berlapis

- Part yang berlapis adalah mur baut yang dilapisi seal lock adhesif di pabrik

- Bila part berlapis ini dikencangkan kembali, dikendorkan atau bergerak, part ini harus dilapisi kembali dengan adhesif yang ditentukan.

- Pada saat menggunakan kembali part berlapis, bersihkan adhesif yang lama dan keringkan part dengan udara bertekanan, kemudian gunakan adhesif yang baru.
- Beberapa agent seal lock lambat mengeras harus menunggu beberapa saat sampai adhesif benar-benar mengeras.

d. Gasket

- apabila diperlukan, gunakan sealer pada gasket untuk mencegah kebocoran.

e. Pelepasan dan Pemasangan Selang Vakum

- Untuk melepaskan selang vacum, tarik dan puntir dari ujung selang. Jangan menarik dari bagian tengah selang karet untuk mencegah kerusakan.

- Pada saat melepas selang vacum gunakan label untuk mengenali dimana selang tersebut harus dipasang kembali.

 

 

 

Pengertian Fender atau wing

Fender atau wing adalah komponen kendaraan yang menutupi roda-roda. Dari konsep inilah, berarti kendaraan pada umumnya memiliki 4 buah fender pada masing-masing roda. Namun demikian ada beberapa mobil yang fender belakang tidak bisa dilepas, sehingga seolah-olah fender hanya bagian depan saja. Fender melindungi konstruksi suspensi dan melindungi dari kotoran dan lumpur.

Continue Reading →

Bagian-bagian Body Mobil

Sampai saat ini, bodi kendaraan masih didominasi oleh komponen berasal dari plat besi dengan ketebalan 0,6 sampai 0,9 mm. Perkembangan bodi melalui teknologi komponen bodi dengan bahan plastik dan fiber belum bisa sepopuler plat, namun demikian beberapa komponen bodi yang memiliki komponen utama plat, kadang juga memiliki komponen plastik, fiber bahkan serat karbon. Konstruksi dari bodi kendaraan dibagi menjadi beberapa bagian, diantaranya adalah:

Continue Reading →

Bagaimana Cara Setting Headlamp

Headlamp sangat penting sekali untuk keamanan dan kenyamanan berkendara. Terkadang ketinggian sinar dari head lamp tidak tepat. Settingan headlamp yang terlalu tinggi dapat mengganggu dan bahkan membahayakan pengendara lain. Sedangkan bila settingan headlamp terlalu rendah malah malah mengganggu kita sendiri.

Instruksi

  • Untuk setting headlamp, posisikan kendaraan pada lantai atau lokasi  yang rata.
  • Siapkan papan atau yang lain sebagai penanda sinar lampu.
  • Pastikan roda kendaraan dala keadaan normal. Kalau tekanan roda kurang harus diisi.
  • Untuk kendaraan angkutan barang semacam pick up atau truk, lebih baik muatan diturunkan terlebih dahulu agar sinar dari headlamp tidak mengarah keatas.
  • Posisikan kemudi kendaraan dalam lurus, kalau roda depan berbelok, bagian depan mobil akan sedikit terangkat, akibatnya sinar lampu menuju ke atas.
  • Tempatkan mobil tegak lurus terhadap papan penyetel. Jarak penyetel tergantung pada jenis lampu kepala, yang dapat ditentukan dengan memperhatikan garis-garis pada kaca bias
  • Perhatikan ukuran tinggi pusat lampu pada papan penyetel, kemudian stel tali horisontal pada papan 10% kurang tinggi (t).

Continue Reading →

Rangka

Rangka

Rangka merupakan bagian kendaraan yang berfungsi sebagai pondasi kendaraan yang menyangga komponen – komponen seperti motor, chasis dan pemindah tenaga, serta body

Sifat – sifat secara umum :