cara kerja mekanisme katup mobil

You are browsing the archive related for "cara kerja mekanisme katup mobil"

Cara Penyetelan Katup Mobil

Penyetelan katup tidak diperlukan pada semua engine. Banyak engine dilengkapidengan penumbuk hidrolik dan tidak perlu distel. Katup dengan penumbuk hidrolik akan menyetel dengan sendirinya.Bila engine dilengkapi dengan mekanisme penyetel katup memerlukan penyetelan setelah kapala silinder dikencangkan ulang. Ini dikarenakan ketika kepala silinder dikencangkan ulang gasket kepala silinder terpencet dan kepala silinder lebih merapatterhadap blok, sehingga celah katup akan berubah.Lihat gambar 7 yang menunjukkan komponen-komponen utama sebuah rangkaiandengan poros kam diatas kepala silinder (OHC =Over head Camshaft). Continue Reading →

Pemeriksaan Karburator

Langkah kerja

· Lepas rumah saringan udara dan kontrol pengikatan karburator dengan cara menggoyangkan dengan tangan. Keraskan baut-baut pada tutup karburato, bagian katup gas, flens dan pada manifold masuk.

· Periksa fungsi mekanisme padal gas. Gerakan pedal gas tidak boleh berat, dan pedal gas harus kembali ke posisi idle dengan sendiri. Kontrol kondisi ujung-ujung kabel dan pegas-pegas pengembali !

· Bila mobil dilengkapi mekanisme penggerak katup gas yang menggunakan batang-batang, lumasi pada engsel-engselnya.

· Periksa keausan pada poros-poros katup gas. Goyangkan dengan tangan pada ujung poros. Jika kebebasan radial besar, unit katup gas harus dioverhoul atau diganti.

Continue Reading →