cara kerja ac mobil

You are browsing the archive related for "cara kerja ac mobil"

Tips Mengatasi Kelistrikan pada Mobil

Pengetahuan Dini Kerusakan Kelistrikan Mobil 

Dari mekanik/ montir mobil ada yang mengatakan, mencari problem kerusakan kelistrikan pada kendarakan diibaratkan seperti  mencari jarum dalam jerami dan dikatakan lebih sulit dibanding dengan masalah mengatasi problema mesin mobil. Mencari satu bagian yang rusak bisa jadi harus mengurut satu-persatu setiap komponen mobil, dimulai dari aki hingga jalur yang menjurus pada bagian yang rusak listriknya, apalagi jika mobil tersebut sudah menginjak usia senja atau mobil tua. Continue Reading →

Kerusakan Central Lock

Kerusakan Central Lock

Kita sebaiknya Mengetahui penyebab kerusakan central lock – Hampir semua mobil sekarang sudah dilengkapi dengan central lock. Sedangkan mobil keluaran baru pasti sudah dilengkapi dengan central lock dari pabrikan. Cental lock setelah bertahun-tahun bekerja tentunya pasti ada waktunya ketika central lock tersebut mengalami kerusakan. Central lock pintu tidak bekerja ketika menggunakan remote,tetapi lampu blink dan sirine bunyi ketika tombol remote untuk membuka dan menutup pintu mobil di tekan,apa masalahnya ya? Jadi Kira-kira itu pertanyaan dan bagaimana mengetaui penyebab kerusakan central lock yang sudah terintegrasi dengan remote, komponen mana yang tidak bekerja. Continue Reading →

Cat Mobil dan trik Merawatnya

Cat merupakan barang  yang cukup penting pada mobil sebagai unsur penarik mobil tersebut. Apapun mobil Anda dan berapapun umurnya, jika kendaraan tersebut memiliki cat mulus yang terawat, maka mobil Anda akan tampak mengesankan.

Disaat mobil masih baru, pada umumnya pemilik mobil rajin untuk membersihkan dan merawatnya, namun seiring berjalannya waktu kebiasaan tersebut berkurang dan cat mobil pun perlahan menjadi kusam. Padahal disaat menjual mobil, calon pembeli akan melihat apakah body mobil masih mulus atau tidak. Dan cat adalah urutan pertama yang diperhatikan, kemudian diikuti oleh rangka dan mesin mobil tersebut. Continue Reading →

Trik Hemat Bahan Bakar Dengan Kamper

Trik Hemat Bahan Bakar Dengan Kamper

Jika kita mau menghitung pengeluaran bahan bakar kita  untuk  konsumsi mobil sendiri?. Rata-rata yang masuk ke ruang bakar salahsatu contohnya mobil timor dalam pemakaian normal berkisar antara 1 : 8 sampai 1 :12.

 

Berarti kalau konsumsi bbm mobil kita berada pada angka 1:8 dan setiap hari kita menempuh perjalanan 100 km maka jumlah bensin yang dikonsumsi adalah 12.5 liter. Continue Reading →

Langkah Pencengahan Kecelakaan Kerja Pada Perbaikan Mobil

1. Petunjuk perbaikan dasar

a. Petunjuk saat bekerja

- Pakailah selalu seragam yang bersih

- Harus memakai topi dan sepatu keamanan

- Perlindungan kendaraan , persiapkan tutup gril, tutup fender, tutup tempat duduk dan karpet lantai sebelum memulai pekerjaan.

- apabila bekerja dengan dua orang atau lebih hendaknya memeriksa satu dengan yang lainnya.

- apabila bekerja dengan mesin hidup pastikan menyediakan ventilasi udara untuk pembuangan asap didalam bengkel.

- Bila bekerja dengan temperatur yang tinggi, tekanan tinggi, berputar bergerak atau bergetar , kenakan perlengkapan yang cocok dan hati-hati jangan sampai melukai diri anda atau orang lain.

- bila sedang mendongkrak kendaraan pastikan untuk menopang pada lokasi tertentu dengan stand pengaman

- Ketika mengangkat kendaraaan, gunakan perlengkapan kemaamanan yang tepat.

- Lakukan diagnosa dengan memahami secara cermat prosedur yang benar-benar dengan problem yang dilaporkan.

- Sebelum membongkar part, periksa kondisi keseluruhan rakitan secara umumdan terhadap perubahan bentuk dan kerusakan.

- Apabila strukturnya rumit buatlah catatan. Contohnya catat jumlah sambungan kelistrikan, baut atau selang yang dilepas. Beri tanda pemasangan untuk memudahkan pemasangan kembali komponen dalam posisi semula. Tandai sementara selang-selang dan fiting jika diperlukan.

- Bersihkan dan cuci komponen yang dilepas jika diperlukan dan rakit semuanya setelah diperikasa dengan seksama.

b. Mendongkrak dan menopang kendaraan.

- Berhati-hatilah ketika mendongkrak dan menopang kendaraan, pastikan mengangkat dan menopang kendaraan pada posisi yang tepat.

c. Part yang berlapis

- Part yang berlapis adalah mur baut yang dilapisi seal lock adhesif di pabrik

- Bila part berlapis ini dikencangkan kembali, dikendorkan atau bergerak, part ini harus dilapisi kembali dengan adhesif yang ditentukan.

- Pada saat menggunakan kembali part berlapis, bersihkan adhesif yang lama dan keringkan part dengan udara bertekanan, kemudian gunakan adhesif yang baru.
- Beberapa agent seal lock lambat mengeras harus menunggu beberapa saat sampai adhesif benar-benar mengeras.

d. Gasket

- apabila diperlukan, gunakan sealer pada gasket untuk mencegah kebocoran.

e. Pelepasan dan Pemasangan Selang Vakum

- Untuk melepaskan selang vacum, tarik dan puntir dari ujung selang. Jangan menarik dari bagian tengah selang karet untuk mencegah kerusakan.

- Pada saat melepas selang vacum gunakan label untuk mengenali dimana selang tersebut harus dipasang kembali.

 

 

 

Tips Merawat Power Steering

Tips Merawat Power Steering

Untuk mencegah kerusakan fatal akibat keausan komponen di dalam sistem peringan kemudi mobil, bisa merawatnya pakai cairan power steering conditioner. Fungsinya sebagai material yang dapat menjaga kelenturan karet seal agar tak mudah getas, melindungi kebocoran oli, bahkan mampu melumasi sistem mekanika di dalam rack steering. Continue Reading →

Pengenalan Power Steering System

Sekarang ini, power steering menjadi salah satu perlengkapan standar kendaraan. Dengan adanya permintaan ini maka hampir lebih dari 90 persen mobil menggunakan power steering. Pada kendaraan power steering terdahulu menggunakan power rack-and-pinion system atau integral power steering gear assembly. Umumnya, rack-and-pinion system dipasang pada kendaraan berpenggerak roda depan. Dan untuk kendaraan berpenggerak roda belakang digunakan jenis Integral power steering gear.

Continue Reading →