bagian mobil bagian dalam

You are browsing the archive related for "bagian mobil bagian dalam"

Avanzanation Journey: Avanza Tidak Alami Kendala Teknis

 

Avanzanation Journey: Avanza Tidak Alami Kendala Teknis

Perjalanan jauh tim Avanzanation Journey yang penuh tantangan dan risiko harus diimbangi dengan kondisi mobil yang selalu prima. Jika diperlukan, setiap singgah di main dealer, kendaraan dicek untuk memastikan “kesehatannya”, seperti yang dialami rombongan wilayah Barat selama menyusuri ”jalur keras” Sumatera.

Pemeriksaan tergolong ringan, menitikberatkan kesehatan kaki-kaki yang menjadi tumpuan selama perjalanan. ”Pada dasarnya tidak ada masalah berarti. Pengecekan dilakukan terkait medan dan jarak yang ditempuh, sebagai antisipasi gangguan di bagian bawah mobil. Sama seperti mudik, mobil harus dipastikan sehat demi keselamatan dan kenyamanan,” terang Made Wahyudi, Kepala Bengkel Agung Automall Bengkulu kepada KompasOtomotif, (21/2/2014).

 

Donny AprilianandaPengecekan mobil selama perjalanan Avanzanation Journey.

Dari pengamatan KompasOtomotif, pengecekan yang dilakukan untuk mobil-mobil Avanzanation Journey dikonsentrasi pada under body. Berikut pengecekan yang dilakukan dan bisa jadi acuan untuk mobil-mobil yang melakukan perjalanan jarak jauh:

1. Cek baut-baut. Mobil bergoyang dan bergerak, menjejak di jalan rusak, kemungkinan baut-baut kendor cukup besar. Misalnya, baut lower arm, steering rack, baut suspensi, hingga baut pengisian oli transmisi differential. Jika tidak kencang, akan mengganggu stabilitas pengendalian.

2. Ban. Cek tekanan angin, kekencangan baut pelek, dan kembangan ban. Made menyarankan, jika anathema depan dan belakang tidak sama, disarankan untuk memasang anathema dengan kembangan lebih bagus untuk bagian depan, karena terkait dengan pengendalian yang lebih baik.

3. Mesin. Cek oli, tali kipas (belting), filter udara, dan atmosphere radiator. Pastikan semua dalam kondisi layak.

4. Peranti keamanan. Hal ini termasuk fungsi lampu-lampu dan pembersih kaca.

Hasilnya, selama perjalanan yang telah dilalui tim Avanzanation Journey, tidak ditemukan kendala berarti yang dialami tim Sumatera. Pengecekan dilakukan hanya untuk memastikan empat poin tersebut di atas, dan Made mengatakan bahwa Avanza adalah mobil yang tahan banting tanpa perlu perawatan khusus. ”Sudah banyak buktinya, dipakai di daerah-daerah terpencil yang jalannya rusak, terbukti tidak ada masalah,” urainya.

Avanzanation Journey: Avanza Tidak Alami Kendala Teknis


PT Toyota Astra Motor (TAM) Recall ribuan Mobil

PT Toyota Astra Motor (TAM) Recall ribuan Mobil

PT Toyota Astra Motor (TAM) menarik kembali (recall) sekitar 53.000 sedan di Indonesia untuk diperbaiki.Mobil sedan tersebut terdiri atas model Yaris, Vios, Corolla Altis, dan Camry dengan tahun produksi 2006-2008. Diperkirakan ada kesalahan tombol jendela otomatis (power window) pada mobil-mobil tersebut.Direktur Continue Reading →

VW Scirocco dan Tiguan Diperkenalkan ke Publik Indonesia di IIMS

VW Scirocco dan Tiguan Diperkenalkan ke Publik Indonesia di IIMS

PT Garuda Mataram Motor, agen tunggal pemegang merek Volkswagen, akan meluncurkan dua varian terbaru Scirocco dan Tiguan pada pekan depan, dalam pameran akbar Indonesia International Motor Show di JIExpo Kemayoran Jakarta.

Jonas Chendana, National Sales Manager PT Garuda Mataram Motor, mengatakan optimistis kendaraan hatchback Volkswagen (VW) Scirocco dengan dua pilihan tipe R dan 1,4 TSI serta sport utility vehicle VW Tiguan tipe 1,4 dan 2,0 akan mendapat sambutan yang positif dari pasar domestik. “Kami optimistis Scirocco dan Tiguan akan mendapat sambutan yang positif dari pasar nasional mengingat harganya yang relatif murah untuk ukuran kendaraan premium berteknologi asal Jerman terebut,” katanya di Jakarta, Rabu (12/9/2012).

Continue Reading →

Konstruksi Composite dan Konstruksi Monocoq

Konstruksi Terpisah (Composite)
Merupakan jenis konstruksi bodi kendaraan dimana bodi dan rangkanya terpisah. Pertautan/penyambungan antara bodi dan rangka menggunakan baut dan mur. Untuk meningkatkan kenyamanan saat digunakan, maka diantara bodi dan rangka dipasang karet sebagai alat peredam getaran.

Continue Reading →

Mekanik Pemula; Perlu Memperhatikan hal-hal Penting

Sebellum kita membongkar mesin (mobil) atau kendaraan lain, sebagai mekanik pemula harus memperhatikan banyak hal antara lain:

Cara Kerja Mesin
Mesin terdiri dari beberapa komponen yang saling berkaitan, sebagai montir kita harus paham satu persatu dari komponen tersebut, hal ini sangatlah penting jika salah menagani akan terjadi kesalahan yang fatal. Pada awalnya deteksi kerusakan perlu diperhatikan. Kerusakan bisa dilihat dari beberapa hal misalnya dari bunyi-bunyian yang terdengar aneh. Kita bisa mendengarkan dengan seksama bagian mana yang terdengar aneh, apakah bagian atas, tengah atau bawah dari mesin (engine)  tersebut sehingga kita bisa memperkirakan kerusakan yang terjadi.

Sistem Listrik
Sebuah sistem kelistrikan mobil juga penting untuk operasi sehari-hari, dan sejumlah komponen mungkin perlu perhatian montir. Baterai mobil umumnya harus diganti setiap beberapa tahun. Wiring dapat menjadi berkarat dari waktu ke waktu dan koneksi dapat menjadi longgar hanya dari abadi getaran yang terjadi setiap kali mobil didorong. Akhirnya, komponen listrik sendiri, termasuk motor untuk mengoperasikan power window atau kunci, sistem suara dan pencahayaan mungkin memerlukan penggantian.

Peralatan Keselamatan

Di beberapa negara, inspeksi keselamatan tahunan diperlukan dan mekanik ditugaskan untuk memastikan bahwa mobil aman untuk dikendarai. Bahkan ketika inspeksi keselamatan tidak wajib, montir mobil yang baik akan memperhatikan keselamatan mobil dan menyarankan setiap perbaikan yang diperlukan untuk mengurangi kemungkinan kecelakaan. Memastikan bahwa rem fungsional dan tidak terlalu dipakai adalah bagian dari ini, seperti yang memeriksa kembang lelah untuk memastikan bahwa mereka memiliki traksi yang memadai. Lampu depan dan lampu directional juga pada daftar fitur penting yang montir harus tetap dalam keadaan baik.

Sistem Komputerisasi

Mobil modern mengandung sistem komputer canggih yang mengatur pusat data perjalanan, peralatan keselamatan dan sistem peringatan. Dalam beberapa tahun terakhir mekanika telah dipaksa untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana sistem ini bekerja dalam mobil dan bagaimana untuk mendiagnosa masalah. Untuk membantu mereka, mobil yang paling utama termasuk sistem diagnostik yang akan menampilkan masalah dikenal ketika mobil yang dianalisis oleh komputer montir. Sistem komputer lain seperti kontrol stabilitas elektronik, sistem peringatan tekanan ban rendah, dan sistem navigasi on-board mungkin memerlukan reboot atau update pemrograman dari mekanika.

Demikian yang perlu diperhatikan untuk Mekanik Pemula

Deteksi Kerusakan Avansa

Ulasan tentang bagaimana Mendeteksi kerusakan mobil avanza dan Solusi Penanganannya.

Berikut ada cara untuk mendeteksi kerusakan mobil avanza tersebut yaitu :

1. Mesin sulit diaktifkan pada pagi hari

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab mesin mobil sulit sekali dihidupkan di saat pagi hari atau mesin dingin. Beberapa penyebabnya, antara lain tegangan arus listrik aki yang kurang atau bahkan telah habis, terminal aki yang berkarat atau kotor dan kendor.

Penyebab lainnya adalah injektor bahan bakar bermasalah, jarak antara kepala busi dan sumbu busi terlalu renggang, kompresi mesin yang terlalu rendah, regulator tekanan bahan bakar rusak.

2. Mesin sulit diaktifkan saat panas

Kondisi ini merupakan kebalikan dari kondisi nomor satu, yaitu mesin sulit sekali dinyalakan setelah mobil berjalan jauh dan kemudian berhenti atau mesin dimatikan. Penyebab kondisi ini adalah kompresi silinder yang rendah, choke bermasalah, injektor kotor, atau saringan udara yang kotor dan tersumbat.

3. Mesin tersendat saat pedal gas diinjak untuk meningkatkan akselerasi

Kondisi seperti ini kerap terjadi di mobil yang telah berusia di atas lima tahun.

Beberapa penyebab permasalahan ini adalah busi yang telah aus atau jarak antara kepala dan sumbu busi terlalu renggang, vacuum di karburator, throttle body, intake manifold atau di bagian selang vacuum yang bocor. Penyebab lainnya adalah injektor bahan bakar yang kotor atau tersumbat.

4. Tenaga mesin loyo tidak seperti biasanya

Persoalan lain yang sering dikeluhkan oleh para pemilik mobil adalah merosotnya tenaga yang dihasilkan oleh mesin. Mobil seolah loyo tak berdaya seperti sebelumnya.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal itu terjadi, di antaranya pemasangan timing belt yang tidak tepat, saringan bahan bakar yang kotor sehingga tersumbat, fuel pump bermasalah, regulator tekanan bahan bakar rusak, tingkat kompresi satu atau beberapa silinder menurun, dan kerenggangan kepala dan sumbu busi terlalu jauh.

Penyebab lainnya adalah vacuum di karburator, throttle body, inlet manifold, serta selang yang bocor. “Bisa juga karena injektor bermasalah, rem yang mengunci sehingga mobil dalam posisi terus mengerem, atau karena kopling slip sehingga tidak ada perubahan posisi gigi meskipun putaran mesin tinggi,” papar Handoyo.

5. Mendeteksi kerusakan dari Mesin hidup mati, hidup mati

Beberapa pemilik mobil mengungkapkan pernah mengalami mesin mobilnya langsung hidup saat kunci kontak diputar ke on. Namun, hal itu tidak berlangsung lama, karena mesin mati. Anehnya kondisi seperti itu berlangsung berulang kali.

Menurut Handoyo, ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya, di antaranya sistem kelistrikan (mulai dari alternator, aki, hingga kabel-kabel yang kendur atau putus), serta kemungkinan rangkaian pengapian yang bermasalah.

Penyebab lainnya adalah, vacuum pada karburator, throttle body, inlet manifold, atau selang-selang vacuum yang bocor. “Bisa juga injektor yang bermasalah karena kotor atau tersumbat,” kata dia.

6. Lampu indikator oli menyala terus meski mobil telah berjalan

Masalah ini juga sering terjadi dan kerap tidak disadari oleh para pemilik mobil atau pengemudi. Umumnya mereka hanya percaya bahwa mobilnya telah rutin ganti oli sehingga lampu indikator luput dari perhatian.

Lampu yang terus menyala meski mesin telah cukup lama aktif bisa dikarenakan beberapa faktor, di antaranya jenis oli yang tidak sesuai dengan spesifikasi mobil atau tidak sesuai rekomendasi dari pabrikan. Selain itu juga dikarenakan jumlah oli yang tidak sesuai dengan standar volume, sensor dan katup peranti tekanan oli rusak, atau saringan oli yang sudah aus.

7. Mendeteksi kerusakan mobil avansa dari mesin mendesis

Beberapa orang pernah mengeluhkan mesin mobil mereka mengeluarkan suara mendesis meski sudah lama dipanaskan. Penyebab masalah ini adalah, inlet manifold atau gasket throttle body bocor, exhaust manifold bocor, selang vacuum bocor, serta gasket di kepala silinder rusak sehingga bocor atau robek.

8. Mesin menggelitik

Mesin knocking atau menggelitik juga kerap dikeluhkan oleh para pemilik mobil, terutama di saat mereka berusaha untuk menambah kecepatan akselerasi atau di saat mobil melibas jalanan menanjak.

Ada beberapa penyebab. Faktor penyebab utama dan paling sering adalah spesifikasi bahan bakar yang jelek, tingkat Research Octane Number (RON) bahan bakar yang tidak sesuai. Walhasil, timing pengapian tidak tepat.

“Istilah bengkelnya, karena ada premature ignition yaitu proses pembakaran di ruang bakar antara bahan bakar dan udara dengan pantikan api tidak sempurna. Sehingga ada ledakan prematur, itulah knocking,” jelas Handoyo.

Penyebab lainnya adalah, injektor atau karburator mobil yang bermasalah, jarak antara kepala dan sumbu busi terlalu renggang, vacuum karburator, throttle body, inlet manifold, dan selang yang bocor.

Demikian ulasan mengenai mendeteksi kerusakan mobil avanza, Semoga bermanfaat. Meski demikian ada beberapa masalah dan penyebab lainnya, namun kedelapan masalah itu merupakan masalah yang kerap dikeluhkan, sangat disarankan Anda memahaminya sebelum membawa mobil ke bengkel. Semoga bermanfaat.

Tips Mengatasi Kelistrikan pada Mobil

Pengetahuan Dini Kerusakan Kelistrikan Mobil 

Dari mekanik/ montir mobil ada yang mengatakan, mencari problem kerusakan kelistrikan pada kendarakan diibaratkan seperti  mencari jarum dalam jerami dan dikatakan lebih sulit dibanding dengan masalah mengatasi problema mesin mobil. Mencari satu bagian yang rusak bisa jadi harus mengurut satu-persatu setiap komponen mobil, dimulai dari aki hingga jalur yang menjurus pada bagian yang rusak listriknya, apalagi jika mobil tersebut sudah menginjak usia senja atau mobil tua. Continue Reading →