bagian bagian transmisi manual

You are browsing the archive related for "bagian bagian transmisi manual"

Titik-titik Perubahan di Honda CR-V Generasi Ke Empat

Seperti yang dilakukan Honda Prospect Motor (HPM) dengan menghadirkan generasi keempat CR-V. SUV medium ini hadir dengan desain lebih menawan dan ditambah fitur baru. Lalu apa saja titik perubahan All New CR-V dibandingkan generasi terdahulunya?
Dimulai dari lampu depan yang lebih sporty, front grill, bumper depan, lampu belakang lebih dinamis dengan model melebar serta menjorok ke bagian bodi samping.

Continue Reading →

Transmisi (Gear box)

Prinsip dasar transmisi adalah bagaimana bisa digunakan untuk merubah kecepatan putaran suatu poros menjadi kecepatan yang diinginkan untuk tujuan tertentu. Gigi transmisi berfungsi untuk mengatur tingkat kecepatan dan momen (tenaga putaran) mesin sesuai dengan kondisi yang dialami sepeda motor. Transmisi pada sepeda motor terbagi menjadi; a) transmisi manual, dan b) transmisi otomatis. Komponen utama dari gigi transmisi pada sepeda motor terdiri dari susunan gigi-gigi yang berpasangan yang berbentuk dan menghasilkan perbandingan gigi-gigi tersebut terpasang. Salah satu pasangan gigi tersebut berada pada poros utama (main shaft/input shaft) dan pasangan gigi lainnya berada pada poros luar (output shaft/ counter shaft). Jumlah gigi kecepatan yang terpasang pada transmisi tergantung kepada model dan kegunaan sepeda motor yang bersangkutan. Kalau kita memasukkan gigi atau mengunci gigi, kita harus menginjak pedal pemindahnya. Tipe transmisi yang umum digunakan pada sepeda motor adalah tipe constant mesh, yaitu untuk dapat bekerjanya transmisi harus menghubungkan gigi-giginya yang berpasangan. Untuk menghubungkan gigi-gigi tersebut digunakan garu pemilih gigi/garpu persnelling (gearchange lever).

Continue Reading →

Tipe-tipe kopling Sepeda Motor

Tipe-tipe kopling
Selain dibedakan menurut cara kerjanya, tipe kopling juga bisa dibedakan sebagai berikut:
Berdasarkan Konstruksi Kopling:
a) Kopling tipe piringan

Continue Reading →

Knalpot Mobil

Mesin mobil itu seperti mesin pompa, HISAP dan BUANG. Setidak-tidaknya apa yang dihisap sama dengan yang dibuang. Jika nggak ada keseimbangan mesin jadi nggak bener (ngempos, nggak ada power, tarikan berat dan boros). Ada ukuran optimum diameter pipa knalpot, yaitu keseimbangan antara kecepatan gas buang dengan jumlah gas buang. Terlalu kecil ukuran diameter berarti kecepatan gas buangnya besar hanya jumlahnya berkurang, sedang jika terlalu besar diameter knalpot, maka kecepatan gas buangnya rendah walaupun jumlah gas buangnya tinggi. Sebagai indikasi, hubungan antara Horse Power, Kapasitas Mesin dan optimum diameter knalpot adalah : Continue Reading →

Kopling Tidak Bekerja

Ketika akan menghentikan kendaraan, kita perlu menginjak kopling untuk memisahkan tenaga dari mesin menuju ke transmisi, jika tidak maka mesin akan terhenti (stall). Hal ini berbeda jika kita menggunakan transmisi otomatis, dimana ada unit torsi konverter yang memisahkan mesin dengan transmisi. Dalam kopling manual, unit terdiri dari cakram kopling, pressure plate, throw out dan bantalan pilot.

Continue Reading →

Rem Tangan

Macam – Macam Lengan Pengoperasian

Lengan ditempatkan di samping atau di antara kursi

• Tarik lengan unutk mengoperasikan rem tangan
• Tekan “knop” untuk melepas Continue Reading →