bagian bagian motor dan fungsinya

You are browsing the archive related for "bagian bagian motor dan fungsinya"

Photo Sensor – biasa disebut Sensor Cahaya

Sensor Cahaya atau Photo sensor atau ada juga yang menyebutnya Photo switch, semuanya sama yaitu suatu alat yang bekerja berdasarkan cahaya yang dipantulkan oleh alat itu sendiri dengan intensitas tertentu, sensor ini dapat mendeteksi benda dengan jarak yang bervariasi itu tergantung dari type dan jenisnya, ada berbagai jenis dan type alat ini, pada prakteknya, sensor ini ada yang menggunakan reflector dan ada juga yang tanpa
reflector, apa itu reflector ? Reflector adalah suatu alat terbuat dari plastic yang permukaan bagian dalamnya berbentuk prisma atau segi enam berfungsi untuk memantulkan cahaya yang dikirim oleh Photo sensor, kemudian ada juga photo sensor yang tanpa menggunakan reflector, tapi umumnya sensor jenis ini memiliki dua buah atau berpasangan artinya ada pengirim dan ada penerima.

Penggunaan:

 Bagi sebagian orang mungkin sudah banyak yang tahu apa itu Sensor cahaya atau Photo sensor namun ada juga yang belum mengetahuinya karena memang bukan bidangnya, tapi tidak ada salahnya bagi mereka yang bukan bidangnya atau ahlinya dapat mengetahuinya, minimal bentuk dan fungsinya untuk pengetahuan. Pertanyaannya adalah dimana anda dapat menemukan sensor jenis ini ? jawaban yang paling mudah dari pertanyaan diatas adalah, Di Mall, Ketika anda melewati pintu masuk sebuah mall, maka dengan sendirinya pintu akan terbuka tanpa disuruh ataupun diminta, begitupun sebaliknya ketika anda keluar, pintupun akan segera menutup secara otomatis, bagaimana ini bisa bekerja ? ketika anda berjalan masuk, melalui pintu masuk, secara tidak sadar tubuh anda terdeteksi oleh sensor, ini sebab berada dalam area deteksi.

Ada jenis sensor tanpa reflector, memiliki dua unit, yang pertama adalah Pengirimatau transmiter bertugas sebagai sumber cahaya untuk dikirimkannya ke bagian penerima, yang kedua adalah Penerima atau receiver bertugas sebagai penerima cahaya yang dikirimkan oleh transmiter, cahaya yang dikirimkan oleh pengirim harus center dengan penerima agar cahaya terkirim benar – benar masuk sehingga sensor dapat bekerja dengan baik.

Bagaimana Sensor Cahaya bekerja ?

. Ketika transmiter mengirimkan cahayanya ke bagian receiver dan diterima dengan baik tanpa ada satupun penghalang, maka sensor dalam keadaan stanby, tidak ada reaksi dan kontaknya pun tidak hubung, tetapi pada saat cahaya yang dikirimkan oleh transmiter terhalang oleh suatu benda padat seperti besi atau karet, sehingga receiver tidak dapat menerima cahaya karena tertutup benda tadi, maka ketika itu pula sensor akan bekerja dan menghubungkan kontak yang ada didalamnya yaitu dibagian receiver, nah.. receiver ini yang nantinya dihubungkan dengan perangkat kontrol lainnya atau untuk memberi perintah pada motor penggerak agar berputar.

Sistem kemudi dan Suspensi Sepeda Motor

SYSTEM KEMUDI (STEERING SYSTEM)
Sistem kemudi befungsi sebagai pengarah dan pengendali jalannya kendaraan sepeda motor. Sistem kemudi terdiri dari setang kemudi (handle bar/steering handle), kepala kemudi (steering head), batang kemudi (steering stem/steering tube), dan komponen-komponen pendukung lainnya.

Continue Reading →

Komponen Karburator Motor

Karburator merupakan bagian yang penting pada sepeda motor. Hampir semua sepeda motor menggunakan karburator karena umumnya sepeda motor menggunakan bensin sebagai bahan bakarnya. Karena itu karburator yang baik harus mampu membuat gas yang sempurna dan sesuai dengan kebutuhan mesin pada setiap tingkat penggunaan dan kecepatan putaran mesin. Untuk mendapatkan pembakaran yang sempurna dibutuhkan perbanbingan bensin dan udara dalam percampuran gas, menurut teoritis adalah 1:15. Artinya 1 gram bensin harus dicampur dengan 15 gram udara.Apabila perbandingan campurannya lebih dari 1:15 maka biasanya dikatakan campuran miskin contoh 1:18. Apabila perbandingan campuran kurang dari 1:15 maka dikatakan campuran kaya contoh 1:12. Didalam praktek pada umumnya digunakan campuran kaya, ini untuk mendapatkan daya mesin yang lebih besar (boros mesin). Dan dengan sebaliknya apabila menghendaki bahan bakar yang ekonomis maka bisa digunakan campuran miskin. Untuk campuran miskin ini biasa digunakan pada mesin 4 tak karena gerakan motor ini tak secepat kerja motor 2 tak.

Continue Reading →

Dasar Karburator

Fungsi Karburator :

  • Membentuk capuran antara bensin dan udara yang sesuai dengan perbandingan campuran yang dibutuhkan oleh motor

  • Mengabutkan bensin sesempurna mungkin

Gambar dan Nama bagian Karburator

Continue Reading →