bagian bagian motor 4 tak

You are browsing the archive related for "bagian bagian motor 4 tak"

PT Toyota Astra Motor (TAM) Recall ribuan Mobil

PT Toyota Astra Motor (TAM) Recall ribuan Mobil

PT Toyota Astra Motor (TAM) menarik kembali (recall) sekitar 53.000 sedan di Indonesia untuk diperbaiki.Mobil sedan tersebut terdiri atas model Yaris, Vios, Corolla Altis, dan Camry dengan tahun produksi 2006-2008. Diperkirakan ada kesalahan tombol jendela otomatis (power window) pada mobil-mobil tersebut.Direktur Continue Reading →

VW Scirocco dan Tiguan Diperkenalkan ke Publik Indonesia di IIMS

VW Scirocco dan Tiguan Diperkenalkan ke Publik Indonesia di IIMS

PT Garuda Mataram Motor, agen tunggal pemegang merek Volkswagen, akan meluncurkan dua varian terbaru Scirocco dan Tiguan pada pekan depan, dalam pameran akbar Indonesia International Motor Show di JIExpo Kemayoran Jakarta.

Jonas Chendana, National Sales Manager PT Garuda Mataram Motor, mengatakan optimistis kendaraan hatchback Volkswagen (VW) Scirocco dengan dua pilihan tipe R dan 1,4 TSI serta sport utility vehicle VW Tiguan tipe 1,4 dan 2,0 akan mendapat sambutan yang positif dari pasar domestik. “Kami optimistis Scirocco dan Tiguan akan mendapat sambutan yang positif dari pasar nasional mengingat harganya yang relatif murah untuk ukuran kendaraan premium berteknologi asal Jerman terebut,” katanya di Jakarta, Rabu (12/9/2012).

Continue Reading →

Mengapa Gas Buang Kendaraan Diesel Berwarna Hitam??

Kendaraan yang bermesin diesel adalah kendaraan yang identik dengan kendaraan yang mengeluarkan gas buang hitam yang sangat menggangu. Lalu mengapa diesel rata-rata megeluarkan asap hitam dari knalpotnya? Ada beberapa hal yang menjadi penyebab asap hitam dari diesel, antara lain :

1. Saringan udara kotor.

Meskipun volume penyemprotan pada pompa injeksi sudah sesuai, tapi karena saringan udara kotor, maka udara yang masuk ke dalam silinder tidak sebanding dengan solar yang disemprotkan (udara terlalu sedikit). Solar tidak terbakar dengan sempurna, akibatnya asap hitam. Oleh karena itu secara periodikal, bersihkan saringan udara tersebut atau kalau memang sudah rusak perlu penggantian.

Continue Reading →

Fungsi Cuk dan Mekanismenya

Fungsi cuk (choke) adalah untuk memperkaya (memperbanyak) campuran bensin. Alat ini Dipakai ketika pagi hari supaya mesin mudah dihidupkan. Dalam perkembangannya, cuk diklasifikasikan jadi dua. Yaitu cuk model butterfly (kupu-kupu) dan tipe piston.

Pada Pemaiakannya, kebanyakan pemilik motor kurang paham sistem cuk yang dianut kendaraannya. Sehingga penggunaan cuk jadi tak berguna. “Misal, saat menggunakan cuk sembari membuka gas waktu mau hidupkan mesin. Itu cara yang salah,” jelas Tompul dari Benkel Sumbawa 24 Blora

Seperti cuk butterfly yang dianut Honda Astrea Supra atau Tiger 2000, Kawasaki Blitz, Kaze dan Yamaha Jupiter MX lama. Cirinya di moncong karbu terdapat katup manual yang bisa menutup secara penuh lubang venturi. Sehingga debit udara lebih dikit dibanding jumlah bahan bakar dari pilot-jet

“Pada model butterfly, ketika cuk diaktifkan, posisi gas dibuka gak masalah. Karena venturi tertutup penuh walau skep terbuka, debitnya makin banyak lantaran bahan bakar akan keluar melalui lubang nosel,” imbuh Pembengel  di Jl. Sumbawa  24, Blora.

Macam macam Choke & mekanismenya

Suhu kerja choke otomatis adalah dibawah 80 derajat C ,sehingga diharapkan choke akan berhenti bekerja setelah suhu kerja mesin diatas itu.

Vacum Idle up

sistem choke ini terdiri dari sebuah thermostatic coil, choke piston, choke valve , fast idle cam dan linkage. Cara kerjanya dikendalikan oleh kombinasi dari vakum intake manifold, offset choke valve, suhu udara, dan panas exhaust manifold.Thermostatic coil, yang terkait dengan choke valve shaft, menahan choke valve tertutup saat mesin dingin. Pada waktu mesin distart, kecepatan udara terhadap offset choke valve menyebabkan valve  membuka sedikit karena torsi dari kumparan termostatik. Selain itu, pada saat mesin start, intake manifold vakum digunakan untuk choke piston. yang juga cenderung untuk menarik choke valve  terbuka.Akibatnya, choke valve mengasumsikan posisi di mana torsi dari thermostatic coil seimbang terhadap vakum, menarik choke piston dan kecepatan udara terhadap offset choke valve, sehingga menyebabkan aliran udara  ke dalam karburator diatur dengan campuran yang tepat selama pemanasan mesin.


Selama pemanasan, choke piston berfungsi untuk memodifikasi gerakan choke untuk mengkompensasi perubahan beban mesin atau akselerasi. Setiap akselerasi atau peningkatan beban  yang meningkat mengurangi kevakuman yang diberikan pada choke piston. Hal ini memungkinkan torsi thermostatic coil  meningkatkan penutupan choke valve untuk menyediakan mesin  campuran bahan bakar yang cukup kaya untuk akselerasi.
Sejalan dengan menghangatnya mesin , udara panas dari exhaust manifold ditarik ke dalam penutup thermostatic coil  oleh vakum di belakang choke piston. Udara panas ini menyebabkan peningkatan suhu yang menyebabkan kumparan untuk perlahan-lahan sedikit demi sedikit meregang . Sehingga choke valve akan bergerak secara bertahap ke posisi terbuka penuh.
itu hanya sebagian contoh sistem saja untuk model & cara kerja akan lain  untuk tiap produsen karburator.

 

 

 

Advans Vakum

Advans Vakum
Pada beban rendah atau mencegah, kecepatan bakar rendah karena tolakan rendah, temperatur rendah, campuran kurus. Oleh karena itu waktu pembakaran menjadi lebih lama, Agar mendapatkan tekanan pembakaran maksimum tetap dekat sesudah TMA, saat pengapian harus dimajukan Continue Reading →

PT Tata Motors Indonesia (TMI); Tata Aria yang berperawakan MPV

PT Tata Motors Indonesia (TMI); Tata Aria yang berperawakan MPV

PT Tata Motors Indonesia (TMI) tak cuma mengandalkan mobil murah sejagat Tata Nano. Produsen mobil asal India itu benar-benar show-off dengan banyak model yang disuguhkan. Salah satu yang menarik perhatian adalah Tata Aria yang berperawakan MPV , tapi bertransformasi menjadi SUV tangguh karena dibekali dengan gerak empat roda (4×4). Continue Reading →

Kawasaki Ninja 300; Raja jalanan

Kawasaki Ninja telah mendapat tempat di pasar sepeda motor berbagai negara karena bisa memenuhi hasrat bergaya dengan motor sport yang tidak semahal motor bermesin 500 cc ke atas, namun bisa tampil beda, stands out of crowd, di antara ribuan atau malah kalau di Indonesia jutaan motor bermesin kecil.
Melanjutkan kesuksesan itu, setelah versi 125 dan 250, Kawasaki menyentak pasar menengah ini dengan produk barunya: Ninja 300.

Continue Reading →