bagian bagian motor

You are browsing the archive related for "bagian bagian motor"

Photo Sensor – biasa disebut Sensor Cahaya

Sensor Cahaya atau Photo sensor atau ada juga yang menyebutnya Photo switch, semuanya sama yaitu suatu alat yang bekerja berdasarkan cahaya yang dipantulkan oleh alat itu sendiri dengan intensitas tertentu, sensor ini dapat mendeteksi benda dengan jarak yang bervariasi itu tergantung dari type dan jenisnya, ada berbagai jenis dan type alat ini, pada prakteknya, sensor ini ada yang menggunakan reflector dan ada juga yang tanpa
reflector, apa itu reflector ? Reflector adalah suatu alat terbuat dari plastic yang permukaan bagian dalamnya berbentuk prisma atau segi enam berfungsi untuk memantulkan cahaya yang dikirim oleh Photo sensor, kemudian ada juga photo sensor yang tanpa menggunakan reflector, tapi umumnya sensor jenis ini memiliki dua buah atau berpasangan artinya ada pengirim dan ada penerima.

Penggunaan:

 Bagi sebagian orang mungkin sudah banyak yang tahu apa itu Sensor cahaya atau Photo sensor namun ada juga yang belum mengetahuinya karena memang bukan bidangnya, tapi tidak ada salahnya bagi mereka yang bukan bidangnya atau ahlinya dapat mengetahuinya, minimal bentuk dan fungsinya untuk pengetahuan. Pertanyaannya adalah dimana anda dapat menemukan sensor jenis ini ? jawaban yang paling mudah dari pertanyaan diatas adalah, Di Mall, Ketika anda melewati pintu masuk sebuah mall, maka dengan sendirinya pintu akan terbuka tanpa disuruh ataupun diminta, begitupun sebaliknya ketika anda keluar, pintupun akan segera menutup secara otomatis, bagaimana ini bisa bekerja ? ketika anda berjalan masuk, melalui pintu masuk, secara tidak sadar tubuh anda terdeteksi oleh sensor, ini sebab berada dalam area deteksi.

Ada jenis sensor tanpa reflector, memiliki dua unit, yang pertama adalah Pengirimatau transmiter bertugas sebagai sumber cahaya untuk dikirimkannya ke bagian penerima, yang kedua adalah Penerima atau receiver bertugas sebagai penerima cahaya yang dikirimkan oleh transmiter, cahaya yang dikirimkan oleh pengirim harus center dengan penerima agar cahaya terkirim benar – benar masuk sehingga sensor dapat bekerja dengan baik.

Bagaimana Sensor Cahaya bekerja ?

. Ketika transmiter mengirimkan cahayanya ke bagian receiver dan diterima dengan baik tanpa ada satupun penghalang, maka sensor dalam keadaan stanby, tidak ada reaksi dan kontaknya pun tidak hubung, tetapi pada saat cahaya yang dikirimkan oleh transmiter terhalang oleh suatu benda padat seperti besi atau karet, sehingga receiver tidak dapat menerima cahaya karena tertutup benda tadi, maka ketika itu pula sensor akan bekerja dan menghubungkan kontak yang ada didalamnya yaitu dibagian receiver, nah.. receiver ini yang nantinya dihubungkan dengan perangkat kontrol lainnya atau untuk memberi perintah pada motor penggerak agar berputar.

Cara Bekerjanya Pompa Air Otomatis

Pada mesin pompa air ada saluran hisap dan ada saluran buang, alat otomatis atau sensornya menggunakan sensor tekanan atau disebut juga Pressure Switch dan dipasang pada tabung pada saluran keluaran pompa, ketika pompa dihidupkan atau dihubungkan dengan tegangan jala-jala, maka pompa akan berputar sehingga dibagian dalam pompa terjadi vaccum karena adanya perbedaan tekanan, sehingga air yang ada didalam tanah akan terhisap naik.

. Pada saat mesin pompa air berputar dan semua kran air yang ada dirumah tertutup maka pada saluran keluaran pompa akan timbul tekanan yang cukup besar, ketika tekanan yang dihasilkan melebihi tekan set yang ada pada sensor atau pressure switch maka sensor akan bekerja dan pompa air akan mati seketika, pompa air akan hidup lagi jika ada salah satu kran air terbuka disebabkan tekanan air sudah turun dan begitulah seterusnya.

. Dengan demikian saat kita lupa untuk mematikan pompa air, maka mesin pompa air tidak akan terbakar disebabkan karja yang terus menerus, dan lagi kita tidak perlu memasang atau mencabut steker dari mesin pompa air sebab segalanya akan bekerja secara otomatis.

Rangkaian listrik yang terdapat pada sebuah mesin pompa air.

Keterangan : 

1. Ac 220 adalah tegangan sumber yang biasa digunakan dirumah-rumah.
2. Protector, berfungsi sebagai pelindung motor agar tidak terbakar, jika terjadi panas yang berlebih    pada gulungan motor, akibat dari pembebanan yang berlebihan, seperti bearing macet dll.
3. Capasitor, berfungsi sebagai starting pada saat motor/pompa dihidupkan.
4. Main coil, gulungan utama, berfungsi untuk membangkitkan putaran motor.
5. Sub coil, gulungan bantu, berfungsi untuk membantu membangkitkan putaran motor pada saat awal motor/pompa dihidupkan.

Ini adalah gambar keadaan sebuah tabung pada saat air masuk dan keluar yang dihasilkan oleh pompa air.

PT Toyota Astra Motor (TAM) Recall ribuan Mobil

PT Toyota Astra Motor (TAM) Recall ribuan Mobil

PT Toyota Astra Motor (TAM) menarik kembali (recall) sekitar 53.000 sedan di Indonesia untuk diperbaiki.Mobil sedan tersebut terdiri atas model Yaris, Vios, Corolla Altis, dan Camry dengan tahun produksi 2006-2008. Diperkirakan ada kesalahan tombol jendela otomatis (power window) pada mobil-mobil tersebut.Direktur Continue Reading →

VW Scirocco dan Tiguan Diperkenalkan ke Publik Indonesia di IIMS

VW Scirocco dan Tiguan Diperkenalkan ke Publik Indonesia di IIMS

PT Garuda Mataram Motor, agen tunggal pemegang merek Volkswagen, akan meluncurkan dua varian terbaru Scirocco dan Tiguan pada pekan depan, dalam pameran akbar Indonesia International Motor Show di JIExpo Kemayoran Jakarta.

Jonas Chendana, National Sales Manager PT Garuda Mataram Motor, mengatakan optimistis kendaraan hatchback Volkswagen (VW) Scirocco dengan dua pilihan tipe R dan 1,4 TSI serta sport utility vehicle VW Tiguan tipe 1,4 dan 2,0 akan mendapat sambutan yang positif dari pasar domestik. “Kami optimistis Scirocco dan Tiguan akan mendapat sambutan yang positif dari pasar nasional mengingat harganya yang relatif murah untuk ukuran kendaraan premium berteknologi asal Jerman terebut,” katanya di Jakarta, Rabu (12/9/2012).

Continue Reading →

CASIS DAN PEMINDAH TENAGA

1. Bagian-Bagian Utama Sistem Pemindah Tenaga

  • Kopling
:Menghubung dan memutus putaran / tenaga motor ke transmisi
  • Transmisi
:Mengatur perbandingan putaran motor dengan Continue Reading →

Governor Pneumatik

Governor pneumatik bekerja tergantung kevakuman didalam venturi. Kevakuman yang ditimbulkan untuk meregulasi putaran mesin » 40 – 80 milli bar. Governor pneumatik dapat meregulasi setiap putaran (putaran idle – putaran maksimum) dan digunakan pada motor Diesel ukuran kecil yang mempunyai putaran tinggi.

Governor pneumatik dibagi dalam dua bagian utama :

  • Bagian venturi yang dipasang pada saluran isap mesin.
  • Bagian blok membran yang dipasang pada pompa injeksi

Continue Reading →

Mengapa Gas Buang Kendaraan Diesel Berwarna Hitam??

Kendaraan yang bermesin diesel adalah kendaraan yang identik dengan kendaraan yang mengeluarkan gas buang hitam yang sangat menggangu. Lalu mengapa diesel rata-rata megeluarkan asap hitam dari knalpotnya? Ada beberapa hal yang menjadi penyebab asap hitam dari diesel, antara lain :

1. Saringan udara kotor.

Meskipun volume penyemprotan pada pompa injeksi sudah sesuai, tapi karena saringan udara kotor, maka udara yang masuk ke dalam silinder tidak sebanding dengan solar yang disemprotkan (udara terlalu sedikit). Solar tidak terbakar dengan sempurna, akibatnya asap hitam. Oleh karena itu secara periodikal, bersihkan saringan udara tersebut atau kalau memang sudah rusak perlu penggantian.

Continue Reading →