3 bagian roda pada motor

You are browsing the archive related for "3 bagian roda pada motor"

CASIS DAN PEMINDAH TENAGA

1. Bagian-Bagian Utama Sistem Pemindah Tenaga

  • Kopling
:Menghubung dan memutus putaran / tenaga motor ke transmisi
  • Transmisi
:Mengatur perbandingan putaran motor dengan Continue Reading →

PT Tata Motors Indonesia (TMI); Tata Aria yang berperawakan MPV

PT Tata Motors Indonesia (TMI); Tata Aria yang berperawakan MPV

PT Tata Motors Indonesia (TMI) tak cuma mengandalkan mobil murah sejagat Tata Nano. Produsen mobil asal India itu benar-benar show-off dengan banyak model yang disuguhkan. Salah satu yang menarik perhatian adalah Tata Aria yang berperawakan MPV , tapi bertransformasi menjadi SUV tangguh karena dibekali dengan gerak empat roda (4×4). Continue Reading →

Kawasaki Ninja 300; Raja jalanan

Kawasaki Ninja telah mendapat tempat di pasar sepeda motor berbagai negara karena bisa memenuhi hasrat bergaya dengan motor sport yang tidak semahal motor bermesin 500 cc ke atas, namun bisa tampil beda, stands out of crowd, di antara ribuan atau malah kalau di Indonesia jutaan motor bermesin kecil.
Melanjutkan kesuksesan itu, setelah versi 125 dan 250, Kawasaki menyentak pasar menengah ini dengan produk barunya: Ninja 300.

Continue Reading →

Titik-titik Perubahan di Honda CR-V Generasi Ke Empat

Seperti yang dilakukan Honda Prospect Motor (HPM) dengan menghadirkan generasi keempat CR-V. SUV medium ini hadir dengan desain lebih menawan dan ditambah fitur baru. Lalu apa saja titik perubahan All New CR-V dibandingkan generasi terdahulunya?
Dimulai dari lampu depan yang lebih sporty, front grill, bumper depan, lampu belakang lebih dinamis dengan model melebar serta menjorok ke bagian bodi samping.

Continue Reading →

Sistem kemudi dan Suspensi Sepeda Motor

SYSTEM KEMUDI (STEERING SYSTEM)
Sistem kemudi befungsi sebagai pengarah dan pengendali jalannya kendaraan sepeda motor. Sistem kemudi terdiri dari setang kemudi (handle bar/steering handle), kepala kemudi (steering head), batang kemudi (steering stem/steering tube), dan komponen-komponen pendukung lainnya.

Continue Reading →

PELUMASAN PADA SEPEDA MOTOR EMPAT LANGKAH

Bahan pelumas harus dapat didistribusikan secara meyakinkan ke semua bagian yang memerlukan. Ada tiga jenis pelumasan pada motor empat langkah:
a. Boundary lubrication, yaitu bila permukaan bearing dilapisi dengan lapisan halus minyak pelumas. Lapisan minyak pelumas ini mempunyai keterbatasan. Bila kekuatan atau berat komponen melebihi batas kemampuannya, maka lapisan tersebut dengan mudah hancur dan akan terjadi keausan.
b. Pelumasan tekan (thin film lubrication), yaitu pelumasan antara dua permukaan juga, tetapi minyak pelumas dialirkan dengan pompa minyak pelumas (tekanan) untuk penggantian dengan minyak pelumas yang baru.
c. Hydrodynamic lubrication yaitu pelumasan yang mampu menahan beban berat seperti batang penggerak dan pada pelumasan roda gigi. Minyak pelumas dengan kekentalan yang lebih tinggi dialirkan sehingga dapat memelihara sistem pelumasan dengan baik. Continue Reading →

Bagian-bagian Roda (wheel) Sepeda Motor

Pada sepeda motor roda berfungsi untuk menopang berat motor dan pengendara, menyalurkan daya dorong, pengereman, daya stir pada jalan.. Disaat yang sama roda juga menyerap tekanan/kejutan dari permukaan jalan Pada sepeda motor roda berfungsi untuk menopang berat motor dan pengendara pada area yang kecil dimana permukaan ban menyentuh permukaan jalan, menyalurkan daya dorong, pengereman, daya stir pada jalan. Untuk itu roda harus bersifat kuat, kaku/rigit dan ringan. Ada tiga bagian roda pada sepeda motor, yaitu bagian hub roda, bagian pelek roda (wheel rim), dan ban (tire). Pada hub roda terpasang bantalan peluru (bearing), sepatu rem, tromol dan komponen bantu lainnya. Hub dan pelek roda dihubungkan oleh jari-jari (spokes). Ada juga roda dengan model satu kesatuan dimana hub dan peleknya terbuat dari bahan yang ringan (seperti pada aluminium). Design roda/pelek tergantung dari tipe struktur, material dan metode pembuatan roda dari pabrik yaitu:

Continue Reading →