Era Jokowi JK, Kini Indonesia Tengah Dilirik sebagai Basis Produksi Kendaraan

Share

perakitan mesinXlusi.com|Pemerintah saat ini dibawah menteri perindustrian tampaknya memang masih terus berjuang kepada para pelaku usaha yang termasuk di dalamnya para produsen otomotif asing untuk menjadikan Indonesia tak hanya sebagai tujuan pemasaran melainkan juga sebagai pusat pabrik produksi kendaraan sepeda motor atau mobil. Produk tersebut juga dialokasikan untuk pasar ekspor. Menteri Perindustrian mendorong agar perusahaan automotif asing meningkatkan investasi mereka dengan membangun pabrik perakitan dan komponen di Indonesia.

Memang, jika melihat data yang ada, selama 2 tahun terakhi ini walaupun pasar otomotif kurang menunjukan geliatnya sebagai akibat dari kondisi ekonomi global yang goyah namun di sisi lain hal tersebut tak menjadi hambatan bagi beberapa produsen otomotif global untuk berinvestasi di Tanah Air. Dana yang diinvestasikan pun berbeda-beda, antara lain membangun pabrik, perluasan pabrik, hingga menambah fasilitas pembuatan komponen.

Terkait hal tersebut, di awal bulan Desember 2014 lalu, PT Astra Honda Motor (AHM) mengoperasikan pabrik sepeda motor terbarunya yang dibangun di lahan seluas 84 hektare di Kawasan Industri Indotaisei, Kota Bukit Indah, Karawang, Jawa Barat. Pabrik tersebut memiliki kapasitas produksi yang mencpai 1,1 juta unit sepeda motor per tahun yang akan dimanfaatkan untuk memenuhi permintaan domestik dan pasar ekspor di kawasan Asia Tenggara.

Sebagai perusahaan joint venture, PT Astra International Tbk dan Honda Motor Co. dengan komposisi saham 50-50 persen, AHM telah resmi menginvestasikan dana senilai Rp 3,3 triliun untuk memproduksi sepeda motor Honda tipe skutik di pabrik AHM Karawang itu. Fasilitas produksi terbaru ini tentunya bakal melengkapi tiga pabrik sepeda motor Honda yang sudah ada sebelumnya, yaitu yang berlokasi di Sunter, Pegangsaan, dan Cikarang.

Di lain pihak, Memasuki 2015, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia melakukan peletakan batu pertama pembangunan pabrik baru. Pabrik tersebut berlokasi di Greenland International Industrial Center (GIIC), Kota Deltamas, Desa Pasir Ranji, Kecamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Pabrik tersebut rencananya akan memproduksi mobil-mobil jenis SUV, komersial ringan, termasuk small MPV terbaru Mitsubishi yang mulai dipasarkan tahun depan. Mobil small MPV tersebut tidak hanya diproduksi untuk kebutuhan domestik, namun juga diekspor ke negara ASEAN.

Era Jokowi JK, Kini Indonesia Tengah Dilirik sebagai Basis Produksi Kendaraan was last modified: October 14th, 2016 by tompul
Share
tags: perakitan mesin