Home » Tools » Elemen Sekunder

Elemen Sekunder

Share

Elemen sekunder merupakan elemen elektrokimia yang dapat diperbaharui bahan-bahan pereaksinya. Elemen sekunder ini harus diberi muatan terlebih dahulu sebelum digunakan, yaitu dengan cara melewatkan arus listrik melaluinya.

Elemen sekunder basah
Contoh elemen sekunder basah adalah akumulator (aki). Jenis akumulator yang umum digunakan adalah akumulator timbal. Akumulator merupakan sumber arus listrik yang dapat diisi ulang.

image

Akumulator terdiri atas karet keras atau kaca yang berbentuk bak dan berisi larutan asam sulfat encer H2SO4 yang berfungsi sebagai larutan elektrolit.
Di dalam larutan ini terdapat dua kerangka timbul, yaitu timbal peroksida (PbO2) sebagai anoda dan timbal murni (Pb) sebagai katoda.

Bagian-bagian aki :

image

Aki merupakan rangkaian seri beberapa akumulator. Pada umumnya aki terdiri dari 6 akumulator, sehingga memiliki beda potensial 12 V.

 Pemakaian aki
Pada pemakaian aki terjadi proses perubahan energi kimia menjadi energi listrik. Pemakaian aki di antaranya untuk menyalakan tape recorder, radio, TV. Pada saat aki digunakan maka terjadi proses kimia sehingga aki dapat mengalirkan arus listrik, proses kimia yang terjadi adalah lapisan pada katoda dan anoda sedikit demi sedikit berubah menjadi timbal oksida (PbO). Sehingga potensial kedua kutub menjadi sama, dan arus listrik tidak dapat mengalir, dalam hal ini aki dikatakan kosong. Kemampuan aki untuk mengalirkan arus listrik dapat dipulihkan kembali dengan jalan mengalirkan arus listrik searah dari sumber arus yang lain melalui kedua kutubnya

Share

Categories

statistik

Cek Xlusi

Checkpagerank.net
-