Cruise control

Share

Apa yang disebut dengan cruise control? Cruise control merupakan system elektronik yang bertugas menjaga kecepatan kendaraan pada saat melaju pada jalan bebas hambatan. Selain dapat menghemat pemakaian bahan bakar, system ini juga dapat membantu para pengemudi supaya tidak cepat lelah pada saat mengemudi dengan jarak tempuh yang jauh.

Cara kerja Cuise control:

            Pada kendaraan yang diproduksi akhir-akhir ini, system cruise control ini harus dinyalakan terlebih dahulu sebelum digunakan, bahkan pada desain kendaraan-kendaraan tertentu, system ini terus menyala sejak pada saat mesin kendaraan dinyalakan. Pada kendaraan yang memiliki system ini, biasanya pada lingkar kemudi terdapat tulisan “on”, “set”, “resume” dan “accelerate”. Misalkan anda sedang berkendara pada kecepatan 60km/jam di jalan tol, maka jika anda ingin menjaga kecepatan kendaraan anda cukup tekan tombol “set” pada lingkar kemudi, maka kendaraan akan berjalan konstan pada kecepatan 60km/jam. Sedangkan untuk menonaktifkan system ini anda cukup menekan pedal rem atau pedal gas untuk membatalkan system cruise control tersebut.

           image

Dalam melakukan tugasnya, system cruise control membaca dari beberapa sensor yang terdapat pada kendaraan yaitu dari driveshaft/as kopel, kabel speedometer dan sensor yang terdapat pada Tachometer. Pada umumnya, system cruise control tidak dapat diaktifkan pada kecepatan dibawah 40km/h, karena menurut regulasi internasional mengenai kendaraan bermotor tidak boleh melampaui kecepatan 40km/jam pada saat berjalan di daerah perkotaan.

Cruise control was last modified: October 17th, 2011 by George Sitompul
Share
Advertisement
Keywords : apa itu cruise control
tags: Cruise control