Cara Seting Mesin 2 Silinder Pakai Vakum Meter

Share

Seting tunggangan yang bersilinder lebih dari satu punya cara tersendiri dan itu gak bisa dilakukan dengan feeling, layaknya seting mesin silinder tunggal. Tujuannya agar karbu bisa bekerja dengan seirama alias sinkron.

Sehingga akselerasi besutan kesayangan enak dibawa pelan atau ngibrit. Bahkan pasokan bahan bakar bisa bikin boros atau terlalu irit akibat setingan di karbu yang kurang pas.

“Kalo seting manual, riskan terjadi kesalahan. Kinerja mesin jadi pincang, karena setelan karbu kanan dan kiri gak kompak. Makanya, kinerja mesin dua atau empat silinder butuh setingan karbu yang seimbang,” papar Edi Budiyasman, pemilik bengkel AceVentura Custom (AVC), daerah Lenteng Agung, Jaksel.

Biar setingan pas dan tarikan mesin gak pincang, bisa gunakan alat khusus. Salah satunya, vakum scale (VM) karbu bermerek Motion Pro yang didesain dan buatan USA (gbr.1). Alat ini terdiri 4 jargon (4 silinder) dan ada cairan fluida. Cairan itu guna mengetahui keseimbangan setingan di komponen pengabut ruang bakar. Penasaran gimana cara pakainya?

Mumpung ada yang lagi servis, jajal di Kawasaki Ninja Z250 milik pelanggannya ya, bro! Hehe…. Cara pasangnya? Lepas semua baju atau fairing berikut tangki bensin.

“Sebelumnya, VM itu harus dikalibrasi atau disamaratakan. Yakni, dengan menyatukan keempat jargon itu melalui engine on atau langsam di 3.500 rpm dan putar baut yang ada di VM agar cairan tersebut turun (gbr.2). Oh iya, alat ini bisa digunakan ke besutan injeksi, lho!” ujar pria berkacamata.

Slang itu dimasukkan ke nosel yang berada di karbu (gbr.3). Kalo semua cairan sudah rata atau selesai kalibrasi, lepas lagi jargon VM dan matikan mesin.

“Karena twin cylinder, maka hanya 2 jargon aja yang dipakai atau sesuai silinder mesin. Trus, pasang lagi jargon ke masing-masing nosel di karbu (gbr.4),” lanjut Edi, sapaan akrabnya.

Setelah itu gunakan obeng seting dan putar atmosphere screw atau setelan angin di karbu (gbr.5). Eits, lihat cairan yang ada di alat VM, lho! Oke, bro? Itu menandakan setingan besutan sudah seimbang dan gak pincang. Selesai! Pasang lagi deh, fairing dan peranti lainnya.

 

Cara Seting Mesin 2 Silinder Pakai Vakum Meter was last modified: September 14th, 2014 by tompul
Share
Keywords : cara menyetel karbu tossa, Pres karbu, cara stel karburator t120ss, carbu cartoon, modif mesin charade balap dragrace, animasi karbu png, setingf1zr, penyetelan caster mobil kuda, karbu terkecil, karbu teekecil
tags: injeksi, mesin, service