Cara Penggunaan Mobil Matik Ditanjakan Saat Lalu Lintas Macet

Share

Xlusi.com | Terkadang kita akan terjebak dalam keadaan lalu lintas yang macet dan berada ditanjakan yang  cukup berat, sebagian di antara kita bisa menahan dengan sempurna. Mobil tidak berjalan maju atau mundur, alias tetap di tempat meski terasa ada sedikit gerak mobil.

Sebagian lainnya bisa saja gagal melakukannya. Tanpa disadari tekanan kaki pada pedal gas melemah, atau bahkan menguat. Apa yang terjadi kemudian?

Mobil sediit bergerak maju. Ketika kita tahu itu dan menyadarinya, kita mengurangi tekanan kaki. Dengan RPM lebih rendah, tenaga mesin tidak mampu menahan beban mobil ditanjakan, lalu mobil mundur sedikit.

Ketika kita menyadari itu, kita kembali menekan kaki kita sedikit. Kondisi ini berlangsung terus. Berulang, maju-mundur.

Transmisi Bisa Jebol Broo!!

Produsen mobil dan transmisi otomatis mobil selalu mengingatkan agar cara seperti itu tidak dilakukan. Alasannya trasmisi matic mobil bisa jebol.

Alasan lain yang juga rasional kalau kita gagal mengontrol tekanan kaki pada pedal gas, maka bisa jadi mobil menabrak kendaraan di depan atau di belakangnya.

Apa yang membuat transmisi otomatis mobil bisa jebol atau rusak saat kita menahan laju mobil ditanjakan dengan mengatur tekanan pedal gas? Produsen mobil, Agen (Tunggal) Pemegang Merek (ATPM) dan showroom tidak pernah menjelaskannya. Mari kita bahas bersama.

Power Flow

Pada saat mobil matic jalan maju dan tuas ada di posisi D, 2 atau 1/L, pada saat itu aliran tenaga dari mesin tersalur ke roda secara “sempurna”.

Saat tuas transmisi ada di posisi D, 2 atau 1/L, tenaga atau putaran mesin dari crunkshaft diteruskan ke Torque Converter/TC. Oleh TC selanjutnya tenaga/putaran mesin diteruskan ke kampas kopling lalu ke gearbox sebelum ke penggerak akhir.

Pada saat mobil matic terhenti/tersendat di jalan tanjakan, secara otomatis sistem computerized transmisi otomatis (Transmission Control Unit/TCU) memilih tingkat percepatan/gigi 1.

Kembali ke prinsip dasar sistem perpindahan percepatan otomatis pada transmisi matic. Pertambahan percepatan otomatis pada mobil matic dipengaruhi oleh laju dan beban kendaraan.

Makin cepat laju mobil tingkat percepatan/gigi secara otomatis bergeser ke posisi yang lebih tinggi. Sebaliknya ketika beban mesin meningkat, tingkat percepatan/gigi otomatis akan bergeser ke posisi yang lebih rendah.

Pada saat mobil terjebak/terhenti di jalanan menanjak akibat lalu lintas macet atau tersendat, beban mesin sangat berat. Maka secara otomatis tingkat percepatan/gigi ada di 1. Begitu pula saat mobil berjalan dari posisi diam.

Pada saat percepatan otomatis ada di tingkat 1, sinkronisasi kerja komponen penggerak (control device) seperti kampas kopling, bands, multi-kopling dan one way clutch (kopling searah) menciptakan gerak-maju pada output shaft yang diteruskan ke penggerak akhir.

Gerak Berlawanan

Pada kasus menahan mobil yang terhenti ditanjakan dengan pedal gas, besarnya tenaga dan kecepatan gerak-maju bergantung pada putaran mesin – yang saat berhenti ditanjakan – dikontrol oleh tekanan kaki kita pada pedal gas.

Idealnya saat tingkat percepatan 1 yang terpilih, mobil harus bergerak maju. Tapi apa yang terjadi saat tekanan pedal gas melemah, putaran mesin (RPM) turun dan tenaga mesin tidak mampu menahan beban kendaraan. Mobil bergerak mundur.

Pada saat mobil bergerak-mundur, memaksa output shaft berputar melawan gerak-maju. Putaran output shaft ke arah berlawanan untuk beberapa jenis transmisi matic, akan memaksa gerak berlawanan kopling searah dan gaya gesek kampas kopling.

Sehingga beban kerja kopling akan semakin berat. Bila gerak berlawanan ini masuk ke gearbox, maka berpeluang merontokkan gearbox yang ditandai dengan rontoknya gigi-gigi pada gearbox.

Cara Yang Tepat Untuk Kondisi ini

Agar usia pakai mobil matic Anda awet, saat terjebak macet dalam jalanan menanjak, tekan pedal rem lalu tarik rem tangan. Setelah itu geser tuas ke N.

Ketika kendaraan di depannya berjalan, geser tuas ke D, 2 atau 1/L sesuai kebutuhan, geser kaki ke pedal gas dan tekan sesuai kebutuhan, lalu lepaskan rem tangan perlahan.

Cara Penggunaan Mobil Matik Ditanjakan Saat Lalu Lintas Macet was last modified: December 7th, 2015 by tompul
Share
Keywords : penyebab motor fiz r jalan mundur, pedal gas mobil berat, pedal gas mobil keras, cara menyetel gerak bebas pedal kopling, pedal gas avanza berat, cara mengatasi pedal gas mobil avanza keras, f1zr mundur, cara pasang pedal gas variasi pada mobil, gas mobil berat, susunan girbok smash
tags: Penggunaan Mobil Matik Ditanjakan