Cara Pengetesan Dan Membersihkan Tangki Bahan Bakar

Share

Xlusi.com | Tangki bahan bakar biasanya juga mengalami persoalan, yaitu adanya kebocoran, pengembunan dan kotor. Untuk membersihkan dan memperbaiki tanki bahan bakar harus hati-hati karena dapat membahayakan. Bila memperbaiki tangki jangan dilakukan dekat api, rokok atau nyala api karena dapat meledak.

Langkah pemeriksaan dan perbaikan pada tangki bahan bakar adalah sebagai berikut:

a. Melepaskan tangki dari unit mesin

b. Membersihkan tangki dengan air panas atau uap.

c. Mengeringkan tangki dengan udara kompresor

d. Memeriksa kebocoran tangki dengan cara basah dan cara tekanan udara.

Keterangan:

1. Cara Basah

Cara basah ini dilakukan dengan menutup keluar lubang tangki dan membersihkan permukaan sampai kering. Selanjutnya tangki diletakkan di tempat yang mudah dilihat seluruh permukaannya. Tangki diisi dengan air sedangkan lubang masuk tangki dihubungkan dengan udara yang bertekanan. Bila terdapat kebocoran dapat dilihat adanya titik-titik air pada permukaan tangki tersebut.

2. Cara Tekanan Udara

Cara tekanan adalah menutup lubang masuk sedangkan lubang keluar dihubungkan dengan udara bertekanan. Selanjutnya, tangki direndam kedalam air. Bila terdapat kebocoran akan muncul gelembung.

Proses selanjutnya adalah menutup lubang kebocoran dengan cara pematrian (Soldering) atau menggunakan pengelasan (welding)

tangki

Cara Pengetesan Dan Membersihkan Tangki Bahan Bakar was last modified: January 16th, 2017 by George Sitompul
Share
Advertisement
Keywords : bongkar tutup tangki vixion, cara membersihkan dosatron, cara membuka tutup bensin mobil kijang Lsx, cara membuka tutup minyak mobil kijang lgx, cara menghilangkan karat di tangki bensin vespa, cara menguras teng bensin vespa, cara pasang tutup tangki vixion 2011, langkah memasang tangki rx king, soket d tangki new vixion, cara membuka tutup bensin kijang lgx
tags: Tangki Bahan Bakar