Cara Merawat Cat Doff yang Benar

Share

Xlusi.com | Kita mengenal Cat warna doff kita rasakan memang punya kesan elegan bila dibandingkan dengan cat warna glossy, namun ada perlakuanĀ  untuk menjaga warna agar tetap bagus dan gak terkesan kusam, kira-kira untuk perawatan warna cat doff tersebut, apa sajakah produk yang cocok dipakai sebagai pembersih atau untuk merawat warna cat doff agar jadi lebih awet?

catWalaupun warna metalik masih mendominasi pilihan warna motor, saat ini pabrikan roda dua menawarkan jenis warna lain, yaitu doff atau matte.

Motor yang dikemas dengan warna doff juga tidak terbatas hanya pada model tertentu saja.

Karena mulai dari jenis skutik, bebek, hingga sport kini tersedia pilihan warna berkarakter buram tersebut.

Sebetulnya apa sih yang membedakan proses pengecatan antara warna metalik dan doff sehingga menghasilkan jenis yang berbeda?

“Tahapan yang dilakukan saat dicat sama saja, perbedaannya kalau mau warna doff maka pernis yang digunakan adalah pernis jenis doff,”

“Secara perawatan, cat ini memiliki kelebihan dalam kemudahannya untuk dilepas-pasang. Bahkan, dapat kita lakukan sendiri pengecatannya. Dari sisi desain, cat ini memberikan kesan canggih dan maskulin. Citra yang tidak dapat diberikan oleh cat mobil glossy,” ujarnya

Meski demikian, Yannes mengakui ada kelemahan saat kendaraan mengadopsi warna doff. “kelemahan cat ini terletak pada daya tahannya yang relatif pendek, sekitar dua tahunan,” tuturnya.

Bagaimana cara yang benar untuk merawat warna cat tersebut?

Pada intinya cat jenis ini sebenarnya lebih minim perawatan, namun tidak boleh sampai salah.

Yang sangat wajib dihindari adalah kena semir dan kompon, karena akan merusaknya.

Kemudian yang wajib dihindari berikutnya adalah terjadi luka baret, karena cat jenis ini tidak bisa dipoles.

Jalan keluarnya kalau terlanjur baret mesti dicat ulang atau ganti bodi satu panel. Lumayan mahal kan? Makanya harus hati-hati agar selalu mulus.

Perawatan cat doff yang benar sangat sederhana, cukup sekadar dicuci pakai shampo khusus motor lalu dilap hingga kering.

Jika ada kotoran nempel, misal aspal atau getah pohon masih boleh pakai degreaser atau claybar namun itu juga sesedikit mungkin, dan menggosoknya perlahan saja pakai sikat gigi yang halus.

Terakhir kalau ingin lebih awet bisa dicoating atau dilapis namun yang tipis saja, agar tak mengubah tampilan cat doff namun juga lebih kuat.

 

Cara Merawat Cat Doff yang Benar was last modified: November 6th, 2018 by George Sitompul
Share
Keywords : cara merawat cat doff, polish untuk cat doff
tags: Cara Merawat Cat Doff yang Benar