Cara Merawat Aki Kering Pada Motor

Share

Cara Merawat Aki Kering Pada Motor

aki keringAki kering atau ada juga yang menyebutnya MF Battery (Maintenance Free Battery) dan dikenal juga dengan Valve Regulated Lead Acid Battery (VRLA) mulai diperkenalkan didunia perotomotifan di Indonesia sejak tahun 2005 an. Dimana jenis tersebut banyak dipilih oleh beberapa pabrikan otomotif karena anti tumpah air batterynya dibandingkan dengan tipe aki konvensional. Selain itu kelebihan dengan masa penggunaan yang lebih lama serta cranking performnce yang lebih tinggi dan juga memiliki grid yang tahan korosi akan menghasilkan performa yang tinggi dan self discharge yang lebih rendah

Nah, supaya komponen vital ini dapat menyuplai listrik dengan baik dan sempurna anda harus melakukan tips dan cara merawat aki kering motor dibawah ini. Agar aki kering anda dapat berfungsi dengan baik, awet dan tahan lama. Simaklah tips dan trik dari team xlusi.com  berikut ini :

  1. Oke kita masuk ke cara merawat aki kering pada motor yang pertama. Supaya aki kering motor bisa tahan lama atau awet maka gunakanlah kendaraan anda sesering mungkin. Agar sistem pengisian listrik tetap terjadi dan akan menghasilkan penyuplaian listrik yang stabil. Jika memang motor tidak digunakan, maka minimal panaskan mesin dengan waktu 2 hingga 5 menit perhari.
  2. Tetap gunakan elektrik starter setiap hari. Kecuali saat memanaskan mesin dipagi hari yang direkomendasikan menggunakan kick starter untuk membantu oli agar terpompa lebih cepat melumasi seluruh komponen dalam mesin motor. Apabila sekali starter mesin tidak mau hidup maka jangan coba ditekan secara terus-menerus saklar starter. Beri jeda waktu sampai sekitar 5 detik, baru kemudian ditekan kembali agar memungkinkan daya aki dapat kembali stabil terlebih dahulu.
  3. Hindari lubang atau jalan rusak yang menyebabkan goncangan berlebihan pada kendaraan anda. Sebab karena hal tersebut akan cepat merusak sel-sel yang berada di dalam komponen aki ini jika terlalu sering mendapatkan guncangan yang berlebihan. Oke sampai disini rekan-rekan Mas Sena cukup paham kan cara merawat aki kering motor yang Mas Sena sampaikan? Yuk kita lanjut step berikutnya.
  4. Selalu cek kabel terminal aki dan usahakan agar selalu bersih dan tertutup rapat. Sebab jika terlalu lembab maka dikhawatirkan akan terjadi konsleting aliran listrik.
  5. Pastikan komponen kiprok kendaraan masih berfungsi dengan baik karena komponen ini merupakan komponen yang termasuk vital dalam proses penyuplaian listrik ke semua bagian kendaraan.
  6. Jika daya listrik sudah melemah maka lakukan isi ulang atau charging seperlunya. Untuk aki kering ini dapat menggunakan alat khusus yang memiliki daya yang kecil dan stabil yaitu sebesar 0,5 ampere. Untuk membuat daya listrik aki kembali penuh dibutuhkan waktu 5 hingga 8 jam tergantung dengan besaran daya aki.
Cara Merawat Aki Kering Pada Motor was last modified: January 13th, 2016 by tompul
Share
Keywords : cara melebur timah aki bekas, cara cor kepala aki, cor kepala aki, cara merawat zundapp, cara menyambung kepala aki yang patah, cara merawat stand pengaman, cara merawat dongkrak lantai, penyusun dari aki, cara memasang aki pada mobil dutro, Komponen penyusun Aki
tags: Merawat Aki Kering Pada Motor