Cara Mengisi Aki Mobil

Share

Cara Mengisi Aki Mobil

mengisi aki mobilXlusi.com | Komponen didalam motor atau mobil ada yang bernama Aki atau baterai dimana alat ini merupakan sumber listrik yang digunakan untuk sistem starter atau kelistrikan yang ada di kendaraan bermotor. Aki memiliki usia ganti, jadi jika dayanya sudah melemah ada baiknya segera diganti.

Aki baru berarti belum digunakan sama sekali dan belum mengandung daya listrik karena belum diisi larutan elektrolit. Marsudi dalam bukunya ‘Teknisi Otodidak Sepeda Motor’, membeberkan cara agar aki dapat digunakan, yakni harus diisi dengan daya. Caranya pengisiannya sebagai berikut:

1. Letakkan aki pada tempat yang aman.

2. Buka penutup lubang pengisian elektrolit pada masing-masing sel baterai.

3. Gunakan corong plastik dan letakkan pada lubang pengisian.

4. Masukkan larutan asam sulfat (accu zuur) dengan berat jenis (bj) 1.26–1.28 pada masing–masing sel hingga pada ketinggian 10–15 mm di atas sel atau berada di antara tanda Upper dan Lower.

5. Biarkan selama 20 menit hingga larutan asam sulfat meresap pada pelat-pelat maupun saparator.

6. Bila perlu aki tersebut dapat disetrum agar larutan asam sulfat dapat cepat meresap pada pelat-pelat maupun sparator dengan lebih sempurna sehingga umur baterai menjadi lebih awet.

7. Periksa kembali tinggi elektrolit baterai. Apabila berkurang, tambahkan lagi larutan asam sulfat hingga ketinggiannya sampai Upper batas atas.

8. Tutup kembali saluran/lubang pengisian elektrolit hingga rapat.

9. Bersihkan baterai dari tumpahan elektrolit. Kini baterai siap digunakan.

Cara Mengisi Aki Mobil was last modified: March 28th, 2016 by tompul
Share
tags: cara mengisi aki, cara mengisi aki motor