Cara Memilih Shockbreaker Yang Tepat Untuk Mobil Anda

Share

Xlusi.com | Untuk shockbreaker sendiri terdapat dua jenis yang sering terdapat pada sebuah kendaraan, yaitu yang memakai sistem gas (pneumatik) dan yang kedua oli (hydrolic).  Pada jenis shockbreaker gas biasanya akan kembali pada keadaan yang semula pada waktu menerima tekanan atau menerima hentakan di jalanan. Serta berbeda dengan tipe shockbreaker oli yang cara kerjanya akan kembali ke asalnya dengan sangat pelan.

Itu disebabkan karena fungsinya yang cukup penting, maka bila kerja shockbreaker tidak optimal tentu saja akan mengakibatkan ketidaknyamanan pada saat di perjalanan. Terlebih lagi bila shockbreaker sudah mobil mengalami kerusakan atau masalah, tentu saja hal tersebut akan sangat membahayakan saat dalam perjalanan.

Maka dari itu, kondisi shockbreaker yang telah rusak perlu untuk diganti dengan yang baru supaya tidak menganggu kenyamanan pada saat anda berkendara. Serta untuk memastikan jika shockbreaker mobil anda kondisinya benar-benar rusak, maka anda dapat melihat ciri ciri shockbreaker rusak berikut ini.

Shockbreaker2

Ciri Ciri Shockbreaker Mobil Rusak
1. Guncangan Keras Saat Dalam Perjalanan
Ciri ciri shocbreaker yang rusak dan yang paling bisa anda rasakan ialah pada waktu anda berkendara. Jika anda merasakan mobil anda berguncang yang lebih keras dari pada biasanya, dan terutama pada waktu melewati jalanan-jalanan ataupun berlubang.

Jika terjadi hal tersebut sudah bisa dipastikan jika telah terjadi kerusakan pada suspensi shockbreaker pada mobil anda. Hal tersebut tentu saja bisa membuat anda merasa terganggu, maka dari itu segeralah megganti shockbreaker mobil anda jika hal tersebut terjadi.

2. Kondisi Fisik Shocbreaker Yang Cacat
Anda juga bisa melihat pada kerusakan shocbreaker dari kondisi fisik atau tampilan luarnya. Bila kondisi pada shockbreaker anda telah cacat dan tidak seperti bentuk yang biasanya, maka dapat dipastikan bila kondisi dari shocbreaker sudah tidak dapat digunakan lagi. Itu biasanya karena sering sekali terjadi benturan-benturan yang bisa menyebabkan terjadinya bengkok pada tabung shockbreaker tersebut, sehingga perlu untuk dilakukan penggantian.

Serta kerusakan pada shockbreaker juga bisa dikarenakan oleh faktor-faktor yang lainnya yaitu seperti faktor beban, pemakaian mobil oleh pengguna yang kasar dalam pemakaiannya serta masih banyak masalah yang lainnya.

Maka jangan hanya menyalahkan dari usia pemakaian shocbreaker saja, karena hal tersebut tidak bisa menjamin keakuratan pada kondisi shockbraker kendaraan anda tersebut. Maka dari itu sangat perlu untuk melakukan pemeriksaan secara rutin untuk mengetahui gejala-gejala bila shocbreaker mobil anda mengalami kerusakan

3. Oli Merembes Keluar
Kemudian ciri ciri yang lainnya ialah oli yang terdapat di dalam shocbreaker telah merembes dari tabungnya. Hal tersebut menandakan bila shockbreaker mobil anda kondisinya dalam keadaan sudah aus. Jika shockbraker anda sudah mengeluarkan oli di dalamnya, maka bisa coba untuk melihat apakah terjadi kerusakandi bagian seal nya.

Dan selain itu juga, hal ini tersebut bisa disebabkan karena kondisi getah bantalan yang berada pada shocbreaker sudah rusak atau sobek. Tetapi bila tidak terdapat kebocoran pada oli, akan tetapi guncangan masih tetap terasa parah. Maka bisa jadi hak tersebut diakibatkan oli yang habis sehingga anda tidak melihat jika terjadi kebocoran.

Karena untuk kebocoran-kebocoran yang sering terjadi pada shockbreaker ini sering disebabkan oleh kotoran yang telah masuk di dalam as shock dan juga karet sil. Dan cara untuk mencegah hal ini anda perlu mengecek secara rutin kondisi karet pelindung debu yang terdapat di dalamnya, jika kondisinya rusak anda bisa menggantinya.

Tips Membeli Shockbraker Yang Tepat

1. Belilah shockbreaker asli/original, sehingga dari segi kualitasnya bisa lebih terjamin sehingga lakan lebih awet dalam pemakaiannya.

2. Yang kedua jangan membeli produk bajakan yang merknya belum tentu benar sesuai dengan suku cadang asli mobil.

3. Yang terakhir pilihlah jenis shocbreaker yang bentuk dan kelembutannya memang sesuai dengan tipe mobil dan kebutuhan anda.

Uraian diatas adalah beberapa ciri ciri shockbreaker rusak yang bisa anda ketahui. Bila pada tanda-tanda yang dijelaskan diatas sudah terjadi pada mobil kesayangan anda, maka bisa segera mengganti shockbreaker anda dengan yang baru dan yang original atau asli.

Serta untuk menghindari hal-hal lainnya yang bisa merusak kendaraan anda rawatlah dengan seksama dan jika terjadi masalah segera lakukan pemeriksaan dan perbaikan.

Cara Memilih Shockbreaker Yang Tepat Untuk Mobil Anda was last modified: April 4th, 2018 by George Sitompul
Share
Keywords : ciri ciri tps jupiter mx rusak, ciri magnet rusak, gejala tutup delco rusak, ciri ciri ohc, gejala membran rx king rusak, ciri tutup delco rusak, ciri ciri magnet motor rusak, tutup delco rusak, spi sinkromis avanza, Ciri ciri bospo
tags: Tips Membeli Shockbraker Yang Tepat