Cara Memilih Global Positioning System (GPS) Yang Benar

Share

gpsXlusi.com | Penggunaan perangkat Global Positioning System (GPS) yang ada saat ini memang bagian dari aksesori wajib yang harus dimiiki oleh para pengendara mobil. Apalagi yang memiliki mobilisasi tinggi di sekitar perkotaan dan juga luar kota.

Makin banyaknya kendaraan bermobil melakukan aktivitas di perkotaaan, membuat tingkat kemacetan lalu lintas sulit dihindari. Terkadang membuat emosi kala berkendara.

Hadirnya peranti GPS cukup memberikan solusi bagi pengendara yang ingin mencari lokasi tujuan sekaligus mencari alternatif tujuan. Selain itu waktu tempuh juga bisa diprediksi secara langsung.

GPS saat ini menjadi salah satu hal yang semakin diperlukan fungsinya dalam sebuah mobil. Perannya mempermudah pengendara mengetahui lokasi atau mencari rute perjalanan terbaik via satelit.

Saat ini tersedia sangat banyak pilihan produk GPS mobil di pasaran, khususnya untuk para pengendara dengan mobil-mobil keluaran lama. Saking banyaknya, terkadang memilih GPS mobil yang tepat bisa menjadi urusan yang membingungkan.

Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan agar mencari GPS mobil lebih mudah, tidak hanya dari patokan harga semata. Simak tips sederhana berikut dalam memilih GPS yang tepat:

Tingkat Sentivitas Reciever Satelit
Kemampuan GPS mobil menyajikan informasi akurat salah satunya dipengaruhi oleh kekuatannya terhubung dengan satelit. Setidaknya GPS membutuhkan tiga satelit untuk bisa melacak posisi mobil.

Semakin daya tangkap receiver, maka akan semakin akurat informasi yang ditampilkan GPS kepada pengendara. Antena eksternal dan reradiating antena bisa diterapkan untuk memperkuat receiver.

Point Of Interest atau lokasi tujuan yang akurat juga menjadi penentu GPS terbaik, meskipun tempat atau jalurnya cukup terpencil.

Perangkat GPS terbaik tentunya akan memberikan alternatif jalur terbaik untuk dilewati utamanya menghindari kemacetan yang panjang. Bahkan juga memberikan akurasi kebaruan informasi kemacetan setiap menitnya.

Resolusi dan Ukuran Layar
Informasi peta pada layar akan semakin mudah terbaca jika semakin jelas tampilannya, yang tentu akan tidak merepotkan selama perjalanan. Saat ini di pasar tersedia GPS mobil dengan ukuran layar mulai 3,5 inci sampai 7 inci.

Tingkat resolusi layar juga akan berpengaruh, contohnya jika layar terkena sinar matahari. Jika resolusi layar bagus, maka tampilan layar akan bisa tetap cerah tidak terganggu sorotan sinar matahari.

Prosesor
Layaknya sebuah komputer, kemampuan prosesor pada GPS mobil akan menentukan kecepatan GPS dalam melakukan perhitungan dan pemilihan rute perjalanan. Selain memperlambat proses memilih rute, prosesor kurang andal juga bisa membuat GPS ‘hang’ atau berhenti saat operasi.

Kelengkapan Peta
Akan percuma memiliki GPS mobil jika tidak bisa menampilkan informasi lokasi yang kita tuju, terlebih jika lokasinya cukup terpencil. Maka itu, kelengkapan peta yang ter-install pada GPS mobil tidak kalah penting menjadi pertimbangan.

Periksa kelengkapan peta yang tersedia pada GPS mobil, atau install peta tambahan setelah membeli. Kemudahan produk GPS mendapatkan update peta juga patut dipertimbangkan.

Daya Tahan Baterai
Peran GPS mobil akan semakin penting saat digunakan menempuh perjalanan jauh, maka itu akan lebih baik memilih GPS dengan baterai yang mampu beroperasi selama 2 hingga 4 jam. Biasanya, GPS dengan harga murah hanya mampu bertahan tidak lebih dari 1 jam pemakaian.

Cara Memilih Global Positioning System (GPS) Yang Benar was last modified: March 3rd, 2017 by George Sitompul
Share
Advertisement
tags: Memilih Global Positioning System (GPS)