Cara Membersihkan Kerak Karbon Pada Nozzle

Share

membersihkan nozzleXlusi.com | Teknologi yang digunakan pada kendaraan saat ini telah menganut sistem injeksi, selain lebih irit, teknologi ini juga ramah lingkungan. Sistem injeksi pada dasarnya menyuplai bahan bakar ke dalam ruang bakar tekanan tinggi yang dihasilkan oleh pompa bahan bakar (Fuel Pump). Motor injeksi mempunyai lubang inti yang bertugas sebagai penyuplai bahan bakar, biasanya kita mengenalnya dengan sebutan nozzle/injektor.

Injektor adalah komponen dalam sistem injeksi yang bertugas sebagai pengkabut bahan bakar yang bertekanan yang disuplai oleh fuel pump (pompa bahan bakar).Seberapa penting membersihkan injektor kendaraan kita? singkat cerita, injektor adalah komponen yang dilalui bahan bakar secara terus menerus, kita tak tahu kan apakah bahan bakar itu bersih apa kotor, walaupun sudah disaring dipompa bensin tetap saja masih ada partikel-partikel kecil yang masih terbawa bahan bakar sampai diinjektor, dan jika partikel tersebut tidak dapat disemprotkan melalui lubang kecil di injektor tentu saja menempel dikomponen injektor dan jika terus menerus tidak diperhatikan maka akan banyak kotoran yang akan menempel diinjektor dan akan menyebabkan suplai bahan bakar ke ruang bakar tidak optimal.

Berikut beberapa cara membersihkan injektor dan ruang bakar dari kotoran karbon :

1. Sistem mencampurkan cairan injektor cleaner ke tangki bahan bakar

Fuel Injector Cleaner merupakan cairan yang berfungsi untuk mengikis deposit kerak yang ada dalam ruang bakar dan kotoran yang ada di injektor. Perlu digaris bawahiFuel injektor cleaner  berbeda dengan octane booster (aditif untuk menaikan nilai oktan bahan bakar). Penggunaan simpel aja, tinggal tuangkan cairan Fuel Injektor Cleaner kedalam tangki bensin. satu botol bisa untuk mencampur 40 liter bensin, jadi kalo buat motor katakanlah 10 liter bensin, tinggal tuangkan seperempatnya.

2. Membersihkan injektor dan ruang bakar dengan mengganti bahan bakar dengan cairan injektor cleaner

Cleaner ini merupakan cairan pembersih yang aman terhadap fungsi-fungsi elektrikal dari sensor-sensor, kita tahu disistem injeksi ada banyak sekali sensor yang terpasang di mesin. Lagi pula larutan kimianya pun aman terhadap karet-karet klem sambungan.

Cara kerjanya :

lepas konektor pipa saluran bensin yang terpasang di injektor dan melepas konektor power fuel pump untuk mematikan fuel pump dimotor, jika dimobil lepas sambungan selang di reel injektor, lepas sekering pompa di fuse box untuk mematikan pompa bensin.
Perhatian : Jika konektor / sekering powernya tidak dilepas, nanti bensin akan menyemprot dari pipa dan tentu sangat perbahaya

Tutup keran saluran tabung injektor cleaner, ini akan menghentikan aliran cairan lalu atur tekanan yang akan keluar dari tabung injektor cleaner menggunakan sebuah regulator yang akan menyamai semprotan bahan bakar dari fuel tank. Setelah itu nyalakan mesin motor secara normal di Rpm langsam alias Idle, dari sini kita akan lihat akumulasi tekanan yang terlihat pada pressure meter akan berkurang. tekanan akumulasi ini menandakan tabung cleaner injektor sudah dihubungkan dengan ruang bakar via injektor. Mesin akan mati secara otomatis ketika cairan pembersih injektor habis. kurang lebih selama 10 menit

3. Membersihkan injektor dengan fittec “Coil dan Injektor Tester”

Cara kerja :
Lepas injektor di mesin, hubungkan kabel injektor tester dan hubungkan selang dari kaleng cairan injektro cleaner ke injektor lalu nyalakan saklar di alat injektor tester, maka injektor akan hidup dan menyemprotkan cairan cleaner dan akan membersihkan kotoran yang ada didalam injektor. kotoran akan terlihat jelas

4. Mencuci injektor dengan ultrasonik dan injektor cleaner tabung

Cara kerja :
Lepaskan injektor di mesin, lalu cuci injektor dengan cairan injektor cleaner, atau jika emang kepepet gak ada cairan injektor, bisa juga merendamnya dengan thinner dengan gambar alat sebelah kanan, sekitar kurang lebih 15 menit agar kotoran diinjektor rontok semua, jika sudah bersihkan injektor dengan injektor cleaner di sebelah kiri, dan perhatikan semprotan bahan bakar saat dibersihkan dengan alat tersebut.

Cara Membersihkan Kerak Karbon Pada Nozzle was last modified: January 3rd, 2016 by tompul
Share
Keywords : cara memasang bak perseneling vespa, cara membersihkan bospom, pengertian nozzle tester, memperbesar lubang injektor, jenis jenis injektor, fungsi nozle tester, cara ngelepas nosel kubota, cara tes injektor kobelco, pengertian injektor, fungsi nozzle tester
tags: Membersihkan Kerak Karbon Pada Nozzle