Cara Kerja Kopling Motor

Share

Xlusi.com |  Sebelum kita bahas seperti apa kopling manual itu dan bagaimana cara kerjanya, sebaiknya kita ketahui dulu fungsi dari kopling. Kopling itu berfungsi untuk meneruskan dan memutuskan putaran daru poros engkol menuju transmisi ketika memulai atau ketika mesin hendak berhenti dan juga ketika pemindahan gigi.

Komponen kopling mekanis?

Sedangkan kopling mekanis itu adalah kopling yang bekerjanya diatur oleh handle kopling atau tuas kopling. Pembebasannya dilakukan dengan cara menarik tuas kopling di batang kemudi sepeda motor (biasanya ada di sebelah kiri). Komponen kopling manual antaralain:
Mekanisme handel terdiri dari: handel, kabel kopling, tuas atau batang dan pen pendorong
Mekanisme kopling terdiri dari: gigi primer kopling, rumah atau clutch housing, plat gesek, plat kopling, per, pengikat, kopling tengah, plat penekan, klep penjamin dan batang pembebas (release rod).
Untuk memudahkan mengingat komponen-komponen kopling di atas silahkan lihat gambar dibawah ini

kopling motor

Rumah kopling ditempatkan pada poros utama yaitu poros yang menggerakkan semua roda gigi transmisi, akan tetapi rumah kopling ini bebasterhadap poros utama, sehingga jika rumah kopling berputar maka poros utama tidak ikut berputar. Hub kopling dipasang dengan tujuan agar putaran rumah kopling bisa sampai kepada poros utama. Untuk menyatukan rumah kopling dengan hub kopling digunakan dua plat, yaitu plat tekan dan plat gesek.

 

Cara Kerja Kopling Motor was last modified: May 16th, 2016 by tompul
Share
Keywords : Fungsi pegas diafragma
tags: kopling motor