Cara Cepat dan Akurat Menyetel Governor pompa injeksi

Share

Xlusi.com | Governor merupakan  sebuah alat pada mesin diesel yang berfungsi untuk mengatur jumlah debit minyak sesuai dengan putaran mesin, kinerja Governor sangat penting karena untuk menjaga putaran mesin agar tetap setabil, menjaga agar mesin tidak mati saat putaran rendah dan menjaga agar mesin tidak overrunning saat putaran tinggi.

Letak dari governor tidak selalu berada di dalam pompa injeksi meski pada umumnya seperti itu, contohnya adalah pada mesin diesel duduk 1 silinder dimana governor dipasang pada ujung kruk as dengan konstruksi yang sangat sederhana yang biasa disebut kupu-kupu oleh beberapa mekanik.

Pada postingan ini saya akan lebih fokus pada Pompa injeksi tipe In Line karena tipe inilah yang paling banyak memiliki setelan, berbeda dengan Pompa injeksi tipe distributor.

1. Governor mekanis tipe RSV.

Governor dengan tipe ini adalah governor yang bisa kita temukan pada Pompa injeksi Fuso Mitsubishi FM (odong-odong), beberapa mobil container, mesin generator / industri dan alat berat. Tipe ini memiliki lebih banyak baut setelan dibandingkan tipe lainnya, pada beberapa pompa injeksi baut ini terdapat di bagian dalam cover governor dan harus membukanya. Sebagian menutupnya dengan cover yang dikunci dengan baut dan sebagian lainnya menutupnya dengan plat aluminium, untuk tutup yang ini sedikit orang mengetahuinya kecuali mekanik (contohnya pada pompa injeksi keluaran Zexel).

Secara garis besar, fungsi-fungsi dari baut yang ada pada banyak pompa injeksi adalah sama, penempatan baut dan bentuknya serta ukurannya yang berbeda-beda bahkan pada pompa injeksi dari pabrikan yang sama.

governor

 

Dibawah ini adalah baut-baut setelan yang terdapat pada Pomap Injeksi dengan Governor tipe RSV :

1. Baut setelan idle (langsam)
2. Baut setelan maximum speed
3. Baut setelan minyak (Fuel load adjusting screw)
4. Baut setelan pengatur torsi
5. Baut setelan pegas idle tambahan
6. Baut idle stop
7. Baut setelan tuas pengatur torsi

Harap sobat ingat-ingat bahwa tidak semua baut-baut penyetel diatas digunakan pada semua pompa injeksi dengan governor tipe RSV, beberapa pompa injeksi meniadakan beberapa baut setelan, contohnya pada governor untuk pompa injeksi Genset.

2. Governor mekanis tipe RQV

Ini adalah governor yang digunakan pada truk Mitsubishi Colt Diesel, Canter, Fuso Fighter dan banyak lagi pompa injeksi kendaraan yang menggunakan governor tipe ini. Baut setelan yang terdapat pada pompa injeksi dengan governor ini lebih sedikit dibandingkan tipe RSV. Lihat gambar dibawah ini ya sob

governor2

 

1. Baut setelan minyak (fuel load adjusting screw)
2. Baut setelan idle (langsam)
3. Baut setelan maximum speed
4. Baut setelan dumper spring capsule / Rack stabilizer (Fuso Mitsubishi Fighter)
5. Baut setelan vacuum turbo

Untuk menambahkan torsi (menaikkan RPM) terdapat setelan yang tersembunyi, yaitu pada gambar yang saya tandai dengan lingkaran warna hijau, tempatnya di dalam governor housing dan sobat harus terlebih dagulu membuka penutup berbentuk lingkaran dengan garis coakan di tengahnya atau mengunakan kunci shock (pompa injeksi mercedes benz).

3. Governor tipe Pneumatic

Governor tipe ini juga memiliki baut setelan dengan jumlah yang sedikit, dan tidak semua pompa injeksi dengan governor tipe ini memiliki baut setelan yang sama. Governor yang bekerja menggunakan kevakuman udara pada intake manifold mesin ini dapat kita jumpai pada pompa injeksi beberapa kendaraan yang terbilang berumur tua ya alias kendaraan lama, contohnya adalah Chevrolet LUV, Toyota DA (biasa disebut mobil truk buaya), daihatsu Taft lama atau truk Delta dan lain-lain. Sobat bisa lihat pada gambar dibawah ini

governor3

 

1. Baut setelan minyak (Fuel load adjuster) dan (sekaligus) shutoff atau choke untuk mematikan

2. Baut setelan idling capsule / pegas diaphragm
3. Baut setelan pengatur torsi

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan semoga dapat menjadi inspirasi anda yang mencoba belajar mengenai sistem governor mobil diesel.

 

Cara Cepat dan Akurat Menyetel Governor pompa injeksi was last modified: August 27th, 2018 by George Sitompul
Share
Keywords : cara menyetel governor canter, menyetel baut load solar canter, baut solar, cara melepas baut pulley crankshaft, menyetel baut load solar, ukuran celah klep dyna 130 ht, ukuran klep dyna 130 ht, ukuran setelan klep T120ss
tags: governor diesel, Menyetel Governor pompa injeksi