Cara Bikin Konsumsi Mobil Lebih Irit

Share

Xlusi.com | Banyak cara untuk membuat bahan anda menjadi lebih irit, disamping mencari mobil dengan kemampuan yang sesuai, ternyata ada yang lebih pas dan patut untuk anda coba.

Simak saja 7 cara yang mampu menghemat konsumsi bahan bakar mobil:

bbm irit

1. Jaga Putaran Mesin

Umumnya torsi maksimum mesin berada pada 2.500-3.500 rpm. Lakukan perpindahan gigi pada rentang putaran mesin ini. Jika putaran mesin terlalu tinggi, maka suplai bensin akan makin banyak. Sementara itu jika terlalu rendah, butuh injakan pedal gas yang lebih dalam untuk menambah kecepatan.

2. Gunakan AC Secara Bijak

AC bisa menyebabkan konsumsi BBM mobil boros bila Anda menyetelnya di suhu paling rendah dalam jangka waktu lama. Pasalnya, ketika temperatur diset rendah, maka AC bekerja keras untuk mencapai suhu tersebut. Padahal kinerja AC dibebankan pada mesin. Hal ini tentu membuat mesin menyedot bahan bakar lebih banyak. Jika temperatur kabin sudah terasa terlalu dingin, segera naikkan temperatur. Atau bila udara di luar cukup sejuk (misalnya pagi hari atau malam hari), matikan saja AC dan buka kaca mobil.

3. Perhatikan Tekanan Angin Ban Dan Keselarasan Roda

Kurangnya tekanan ban jelas berbahaya karena kondisi itu dapat menambah hambatan untuk melaju. Untuk mencapai kecepatan tertentu, mesin bekerja lebih keras ketimbang normal yang membutuhkan lebih banyak BBM. Ini juga dapat meningkatkan keausan ban yang tidak merata. Keselerasan ban, keausan bearing roda dan rem yang menyangkut dapat menambah konsumsi BBM mobil.

4. Hindari Akselerasi Dan Pengereman Mendadak

Berakselerasi atau melaju dengan konstan membuat suplai bahan bakar juga konstan. Akselerasi mendadak dapat membuat ECU memerintahkan untuk menyuplai bensin hingga maksimal. Sedangkan mengerem secara berlebihan memaksa Anda untuk menekan gas lebih dalam untuk memperoleh kecepatan semula. Injak pedal gas dengan halus serta perhitungkan jarak pengereman yang memadai.

5. Rutin Servis Mobil Secara Berkala

Saringan udara dan oli kotor, busi yang sudah aus, oli mesin lama tidak diganti, knalpot bocor, dan masalah pada sistem kontrol emisi dapat meningkatkan konsumsi BBM. Lakukan servis berkala untuk mengurangi hambatan ini. Lebih baik lagi jika servis itu dilakukan sebelum mencapai jarak tempuh yang telah ditentukan.

6. Pakai BBM Dengan Oktan Sesuai

Pabrikan mobil selalu mencantumkan nilai oktan bahan bakar yang mesti dipakai, misalnya 90, 92 atau 95. Selalu gunakan bbm dengan oktan sesuai pabrikan karena ini akan membuat performa dan konsumsi BBM optimal. Jangan gunakan bahan bakar bernilai oktan yang lebih rendah dari rekomendasi pabrik karena bisa menimbulkan knocking atau ngelitik.

7. Kurangi Beban Bawaan

Banyak pengemudi yang doyan menyimpan barang tak perlu di bagasi seperti menyimpan pakaian, sepatu, buku, peralatan olahraga, bahkan perlengkapan car care disimpan di dalam mobil. Padahal kondisi itu menambah bobot kendaraan. Terlalu banyak beban ini membuat mesin bekerja lebih berat dari kondisi normal. Pasalnya, pengendara mesti menginjak pedal gas lebih dalam untuk memperoleh kecepatan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan semoga dapat membantu aktifitas anda sehari-hari menjadi lebih baik.

Cara Bikin Konsumsi Mobil Lebih Irit was last modified: August 20th, 2018 by George Sitompul
Share
Keywords : setelan angin karburator genset
tags: irit bbm, Mobil Lebih Irit