Berikut ini Cara Mudah Mengenali Kondisi Motor Injeksi

Share

Xlusi.com | Untuk saat ini hampir semua produksi sepeda engine di Indonesia sudah menjual berbagai varian produknya  dengan teknologi yang maju yakni injeksi. Seharusnya, semakin banyak juga orang yang paham tentang teknologi pencampuran bahan bakar itu dan cara memantaunya.

Terkait hal ini, xlusi.com berusaha mencari tahu kunci untuk memantau kondisi sepeda engine berteknologi injeksi agar tetap dalam kondisi baik. Sulaiman, salah satu mekanik bengkel resmi Honda di kawasan Radin Inten, Jakarta Timur, mengatakan bahwa hal itu seharusnya tidak sulit.

“Perlu diketahui dulu, engine injeksi sudah canggih, komputerisasi, bisa mengetahui kerusakan, lalu diberi tahu ke pengguna. Misalnya, ada lampu warna oranye pada panel, kalau berkedip-kedip (dengan berbagai pola kedipan) berarti ada yang nggak beres,” kata Sulaiman, (14/9/2015).

Lampu yang disebut sebagai malfunction indicator lamp (MIL) itu seharusnya mempermudah perawatan sepeda engine injeksi. Sulaiman mengatakan, tak perlu mekanik untuk menganalisis, sepeda engine dan pemilik juga sudah bisa tahu kalau ada kerusakan.

Kuncinya adalah menjaga aki tetap baik. Sulaiman lantas menjelaskan bahwa saat tegangan aki melemah, kinerja komponen injeksi juga ikut terpengaruh. Di tahap yang lebih akut, sepeda engine hanya bisa menyala saat dinyalakan pakai kick strarter. Meski bisa menyala, hal itu tidak bisa dibiarkan berlarut-larut.

“Cara pale gampang lihat tegangan aki melemah, coba hidupkan mesin pakai electric starter. Kalau agak susah menyala, atau ada jeda antara tombol dipencet dan reaksi starter, artinya aki sudah mulai drop. Sebaiknya dicek tegangannya dan kalau sudah drop sebaiknya diganti,” kata Sulaiman.

Perawatan mudah lainnya soal engine injeksi adalah menjaga filter udara tetap bersih untuk mendapatkan campuran udara dan bahan bakar yang tetap baik. Selanjutnya ialah performa busi yang masih baik.

Demikian ulasan yang dilakukan Team Xlusi.com 


Berikut ini Cara Mudah Mengenali Kondisi Motor Injeksi was last modified: September 19th, 2015 by tompul
Share
Keywords : Cara service injeksi pdf
tags: injeksi, mesin, service