Berbagai moge yang cocok untuk aktivitas harian

Share

mogeXlusi.com | Motor gede, alias moge, telah lama dipandang sebagai bagian dari gaya hidup, bukan sekedar alat transportasi bagi para pemiliknya. Malah dalam perkembangannya kemudian, jarang sekali ditemui pemilik moge yang menggunakannya sebagai kendaraan sehari-hari.

Memang, karena ukurannya yang besar, moge dipandang tidak efektif untuk dijadikan kendaraan komuter, misalnya dari rumah ke kantor. Apalagi jika Anda tinggal di kota dengan tingkat kepadatan jalan raya yang tinggi seperti di Jakarta.

Belum lagi kapasitas mesin moge yang tak kecil –mulai dari 500cc hingga di atas 1.400cc– yang membuatnya menjadi boros bahan bakar.

Kemacetan menjadi masalah tersendiri bagi para pengendara moge. Selain bisa membuat badan cepat lelah karena beratnya sang motor, dompet joke bisa menipis dengan cepat karena biaya bahan bakar yang tinggi.

Walau begitu, ada beberapa moge yang kami lihat masih memungkinkan untuk digunakan sebagai penunjang aktivitas harian. Tentunya dengan mempertimbangkan kapasitas mesin, efisiensi bahan bakar, dan kenyamanan berkendara.

Inilah beberapa di antara mereka.

Honda seri Big Bike

Jenama Honda memang dikenal mumpuni dalam menciptakan motor-motor guna menunjang aktivitas harian, tak terkecuali untuk produk moge yang mereka sebut sebagai Big Bike. Selain dijejali fitur keamanan dan kenyamanan, motor-motor besutan pabrikan sayap kepak ini menyediakan layanan purnajual yang maksimal dan diler khusus, hingga para pembeli tak perlu risau dalam merawat engine mereka.

Honda cukup serius menggarap pasar moge di Indonesia dengan menawarkan beragam pilihan seperti jajaran moge 650cc 4 silinder; CBR650F dan CB650F dari jajaran moge bermesin 650cc 4 silinder, serta dari seri 500cc 2 silinder seperti CB500X, CB500F, dan CBR500R. Produk Big Bike itu dijual dengan rentang harga mulai Rp125 juta hingga Rp240 juta, OTR Jabodetabek.

Kami melihat kelima keluarga Honda Big Bike tersebut bisa digunakan sebagai kendaraan harian. Dengan dimensi yang tak terlalu besar, akan lebih mudah bagi penggunanya untuk meliuk di tengah kemacetan kota. Blogger otomotif lokal ternama, Taufik Hidayat dari TMCBlog, menyatakan seri CB650F adalah yang pale nyaman untuk digunakan sehari-hari.

Selain itu, ada 135 Big Wing Honda –diler khusus moge Honda– yang dikhususkan melayani kebutuhan pengguna Big Bike, mulai dari penjualan hingga layanan purna.

Kawasaki Ninja seri 600cc

Kawasaki telah lama dikenal sebagai jenama yang fokus bermain pada moge dan engine sport. Oleh karena itu cukup banyak versi moge buatan jenama Jepang itu yang cocok untuk digunakan sehari-hari.

Salah satu indication yang kerap dilihat di jalanan adalah ER-6n, engine 650cc 4 silinder dengan jiwa naked streetfighter yang kental.

ER-6n memang diklaim Kawasaki sebagai engine yang bertenaga, akselerasi, keseimbangan, posisi berkendara yang nyaman, serta bobot pale ringan di kelasnya.

Sesudah mencoba, blogger lokal Yogas Erlangga juga setuju bahwa ER-6n adalah kendaraan yang cocok dipakai harian.

Satu lagi moge Kawasaki yang tak menyulitkan jika dipakai sehari-hari adalah Versys 650.

Posisi berkendaranya yang nyaman, menurut media, menjadi nilai lebih engine ini karena membuat pengendaranya jauh lebih rileks.

“Ketika bertemu kemacetan parah, engine ini masih bisa diajak belok patah. Bahkan beriringan dengan engine yang lebih kecil seperti Ninja 250 injeksi di tengah kemacetan masih bisa mengikuti. Yang penting pandai-pandai memprediksi lebarnya setang dan kuat sama panas mesin yang menjalar sampai ke paha,” tulis media

Suzuki GSX-R600

Suzuki juga memiliki moge yang cocok menjadi teman Anda untuk berkendara harian, yaitu seri GSX-R600 termutakhir yang diperkenalkan pada 2011 lalu. Selain itu, tampilannya yang radikal membuatnya bisa menarik perhatian.

GSX-R600 bermesin 599cc DOHC, 16 katup, 4-langkah, 4 silinder segaris lengkap dengan pendingin cairan. raja-sport-suzuki-gsx-r600-telah-hadir menilai, dengan performa dan desainnya yang penuh gaya, Suzuki menempatkan GSX-R600 untuk kawula muda yang penuh energi.

Bagaimana rasanya berkendara harian dengan engine ini?

“GSX-R600 adalah karakter supersport yang bener-bener friendly user! Motor ringan, nimble, dengan nilai and yakni kenyamanan ketika berkendara. Buat harian, performa yang asyik begini ditambah dengan posisi berkendara yang nyaman membuat rider-nya pasti betah berlama-lama di motor,” seperti yang digambarkan Vandra Rizki,

Harley Davidson Street 500

Ini adalah versi pemula dari jajaran produk Harley Davidson. Melalui HD Street 500, yang masuk Indonesia pada akhir 2014 dan dibanderol Rp219 juta off a road, Harley memang menyasar kawula muda dan pemotor yang ingin mencoba moge untuk pertama kalinya.

xlusi.com menjabarkan moge ini bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari karena posisi berkendaranya yang nyaman untuk tinggi rata-rata orang Asia. Tangan yang memegang setang joke tidak cepat pegal.

Yang pale penting, mereka  sepakat bahwa engine berbobot 206kg ini nyaman saat dibawa meliuk-liuk di jalanan yang macet. Selain itu, dengan konsumsi bahan bakar mencapai 27,02 km/liter, tentunya tidak akan terlalu memberatkan dompet jika dipakai sehari-hari.

Harley-Davidson Street 500 First Ride Review

Ducati Scrambler Sixty2

Ducati Scrambler Sixty2 adalah keluarga Scrambler dengan mesin pale kecil –399cc V-Twin, lengkap dengan pendingin udara. Mesin tersebut menghasilkan tenaga hingga 41 hp pada putaran mesin 8.750 rpm, dengan torsi puncak 34,3 Nm pada 7.750 rpm.

Scrambler Sixty2 adalah salah satu varian yang pale ditunggu oleh pecinta Ducati di Indonesia karena desain bernuansa retro nan unik yang diusungnya. Oleh karena itu, ia menjadi bintang saat Ducati memperkenalkannya pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016, bahkan terpilih sebagai “Best Motorcycle of a Show”

Selain itu engine ini diproduksi Ducati untuk kelas pemula, sehingga harganya pale murah dibandingkan varian lainnya, yakni Rp235 juta OTR. Scrambler Sixty2, menurut media juga diklaim ramah pengguna, ringan, dan mudah dikendalikan.

Pokoknya, inilah engine untuk kaum muda atau mereka yang baru ingin beralih ke moge.

Kami belum berkesempatan mencoba engine ini, tetapi Anda bisa membaca pengalaman lusi.com untuk mengetahui rasa berkendara moge kelas pemula ini.

Berbagai moge yang cocok untuk aktivitas harian was last modified: August 5th, 2016 by tompul
Share
tags: injeksi, mesin, service