Begini Cara Kerja Mesin Rasio Kompresi Variabel Infiniti

Share

Xlusi.com | Pada perkembangan saat ini trend penggunaan teknologi katup variabel untuk kendaraan memang sangatlah wajib digunakan untuk membuat efisien dari sebuah mesin. Tapi Infinity coba berikan terobosan dengan meluncurkan mesin dengan rasio kompresi variabel. Seperti apa cara kerja mesin rasio kompresi variabel Infiniti?

Mesin yang efisien sekaligus bertenaga memang begitu didamba. Untuk itu produsen berlomba untuk menciptakan berbagai teknologi guna mencapainya. Saat ini, teknologi katup variabel memang sudah marak digunakan. Tapi Infinity coba berikan terobosan dengan meluncurkan mesin dengan rasio kompresi variabel. Seperti apa cara kerja mesin rasio kompresi variabel Infiniti?

Jika melihat gambar, area pojok kanan bawah adalah area untuk mengatur rasio langkah piston yang berdampak pada perubahan rasio kompresi dan kapasitas mesin. Disini ada control shaft, control shaft rod, harmonic drive, dan actuator arm.

infiniti multi link

Multi Link Crankshaft

Crakshaft mesin ini juga berbeda dengan mesin kebanyakan. Mesin ini menggunakan Multi link crankshaft. Link 1 yang menjadi poros ke setang piston, sedangkan link 2 yang menjadi poros ke control shaft rod kemudian ke control shaft. Nah, control shaft inilah yang mampu mengatur derajat kemiringan multi link crankshaft.

Control shaft ini konstruksinya menyerupai crankshaft. Ujung control shaft rod yang menempel pada control shaft, bisa berada di atas dan di bawah. Posisi atas atau bawah ini akan mempengaruhi derajat kemiringan multi link crankshaft, dan berefek pada panjang langkah piston atau piston reach.

Top Death Center Semakin Tinggi

Semakin tinggi piston reach (top death center/titik mati atas lebih tinggi), semakin tinggi pula rasio kompresinya. Imajinernya, semakin tinggi titik mati atas, maka langkah silinder semakin panjang yang artinya volume silinder semakin besar. Sementara ruang bakar yang semakin sempit sehingga menghasilkan rasio kompresi yang semakin tinggi.

Mesin ini memiliki rentang kompresi dari 8:1 hingga 14:1. Kompresi rendah berguna untuk meraih performa mesin yang lebih baik. Sedangkan rasio kompresi tinggi untuk efisiensi yang lebih mumpuni.

Begini Cara Kerja Mesin Rasio Kompresi Variabel Infiniti was last modified: November 27th, 2017 by George Sitompul
Share
Advertisement
tags: Multi-link crankshaft