Beberapa Jenis CV.Joint

TRIPOD JOINT dan BIRFIELD JOINT
Ada hal yang penting untuk diketahui kendaraan jenis sedan biasanya menggunakan dua type Constant velocity joint, yaiut jenis TRIPOD JOINT yang digunakan pada sisi differential dan BIRFIELD JOINT (CV Joint) yang digunakan pada sisi roda.
berikut dijelaskan Perbedaan antara Tripod Joint dan Birfield Joint adalah pada roller ballnya. Tripod joint mempunyai tiga roller dengan bentuk yang sederhana sedangkan birfield joint  mempunyai beberapa  steel ball
Baik Tripod joint maupun Birfield joint memerlukan pelumasan agar dapat bekerja dengan baik, dan system pelumas yang di pakai adalah menggunakan grease bearing. Masing masing dari joint tersebut di tutup dengan boot penutup yang menjamin supaya grease pelumas tidak keluar dan kotoran tidak masuk ke dalam.
Kerusakan dini pada CV joint terjadi akibat rusaknya boot penutup sehingga grease pelumas habis meleleh keluar dan kotoran seperti debu masuk dan merusak roller ball. Akibatnya roller ball macet dan seringkali rumah roller pecah.
Bagi para pemilik mobil sedan yang mungkin usianya agak tua silahkan periksa boot penutup CV joint dan segera ganti jika rusak. Gantilah grease pelumas CV joint untuk mencegah kerusakan dini pada cv joint.
Untuk perbaikan dan perawatan CV joint sepertinya tidak bisa dilakukan sendiri, kecuali anda mempunyai tools yang lengkap. Segera datang ke bengkel mobil langganan anda jika ada kerusakan pada CV joint.
demikian penjelasan mengenai cv-joint.