Batas Waktu Mengganti Oli Kompresor AC

Share

Batas Waktu Mengganti Oli Kompresor AC

oli acXlusi.com | Kompresor menjadi salah satu komponen terpenting dalam instalasi pendingin udara (air conditioner/AC) di mobil. Selain melakukan perawatan dan pengecekan, sistem pelumasan juga menjadi hal yang wajib untuk diperhatikan.

Sama dengan oli mesin, dalam jangka waktu dan jarak tertentu harus diganti dengan yang baru. Hal ini untuk mencegah terjadinya keausan yang membuat lecet pada komponen yang bergesekan.

“Lama-lama oli juga bisa habis karena proses pembakaran dan kinerja yang terus menerus. Kompresor menjadi jantung pada AC, yang memiliki fungsi sama dengan mesin mobil. Bila di belah, komponen pada kompresor juag ada piston dan dinding piston, bayangkan bila bertahun-tahun tidak diganti,” ucap Heru Wibowo selaku Workshop Manager dari bengkel AC ternama kepada Xlusi.com, Senin (14/12/2015).

Menurutnya, pemilik mobil perlu mengantisipasi terjadinya kerusakan pada kompresor AC, terutama masalah pelumasan. Kinerja kompresor yang menyerupai mesin mobil juga membutuhkan kondisi oli yang prima.

“Ideal menganti oli kompresor AC itu setiap 20 ribu kilometer atau selambat-lambatnya dalam jangka waktu satu tahun. Sangat menyulitkan bila kompresor sudah rusak, karena pasti akan memakan banyak biaya lagi, oleh karena itu lebih baik mencegah ketimbang mengobati,” ucap Heru

Salah Kaprah Tentang Freon AC

Selama ini terjadi salah kaprah dalam hal penyebutan gas pendingin udara pada mobil yang kerap disebut freon. Padahal, Freon sendiri merupakan nama dari merek dagang, sedangkan gas nama gas tersebut merupakan refrigerant.

“Menyebutnya yang benar itu refrigerant, bukan freon. Freon sendiri merupakan nama merek dagang dari gas refrigerant untuk sistem pendingin udara, di pasaran ada banyak merek dari refrigeran bukan hanya merek Freon saja,” ujar Workshop Manager PRO-Q Heru Wibowo kepada Otomania, Senin (14/12/2015).

Refrigerant merupakan gas yang mengandung senyawa hidrogen, klorin, dan bromin yang sifatnya tidak memiliki bau dan tidak mudah terbakar. Gas ini memiliki titik didih, tegangan, dan viskositas yang rendah sehingga sangat berguna sebagai bahan pendingin dan kerap digunakan pada air conditioner (AC) mobil dan kulkas.

“Freon memang lebih terkenal karena dari dulu sampai sekarang masih banyak digunakan, sama seperti penyebutan nama untuk merek dagang minuman, meski sudah ada banyak tapi saat membeli selalu menyebut merek A. Tapi, ini harus diluruskan sebagai pengetahuan saja,” ucap Heru.

Saat pendingin udara di dalam kabin mobil sudah tidak bekerja dengan maksimal, salah satu penyebabnya bisa dikarenakanrefrigerant sudah habis. Hal ini menyebabkan perlunya pengisian ulang, tetapi pengisian gas ini tidak boleh sembarangan karena ada jenis dan tipenya tersendiri.

“Bila salah memilih refrigerant dampaknya cukup banyak, salah satunya bisa menyerang lingkungan sekitar dan merusak ozon. Saat ini refrigerant yang baik itu menggunakan R-134a, bukan lagi R12 atau R22 yang tidak ramah lingkungan,”

 

Batas Waktu Mengganti Oli Kompresor AC was last modified: December 15th, 2015 by tompul
Share
tags: Oli Kompresor AC