Apa beda dari Ban bias dan ban radial? Lebih Baik Mana?

Share

Xlusi.comApa beda dari Ban bias dan ban radial berikut ulasannya:

Selain dua tipe ban yaitu tube type dan tubeless ternyata ada spesifikasi ban lainnya. Yaitu radial dan bias, sudah tahu apa bedanya?

Radial dan bias ini tentang bagaimana konstruksi ban tersebut dibuat, meski secara fisik ban bias atau radial tidak bisa dibedakan.

Untuk ban radial akan ditandakan dengan kode ‘R’, misalkan 120/70-R17 yang menandakan ban tersebut tipe radial atau langsung tertera tulisan radial.

Bicara soal konstruksi untuk ban bias lapisan nilon disusun secara menyilang

ban bias

“Sudutnya berkisar 45-60 derajat sedangkan radial 90 derajat,” ujar Dodiyanto selaku Marketing Product Manager Development PT Gajah Tunggal Tbk, produsen ban IRC.

Ban radial adalah pengembangan teknologi dari ban bias. Ban radial memiliki ply cord bersudut kurang lebih 90 derajat terhadap garis tengah ban.

Ban radial

Tapi memiliki lapisan steel belt atau sabuk baja di atasnya. Steel belt ini membuat konstruksi ban lebih rigid dan kekar

Karena lebih rigid dan kekar, daya cengkramnya ke aspal pun lebih sempurna. Terlebih dalam kondisi menikung, feeling handling-nya jadi lebih mantap karena daya cengkram yang lebih baik.

Menurut pria yang gemar memakai kacamata hitam ini salah satu kelebihan ban radial adalah ringan.

“Dengan begitu membuat handling atau manuver lebih mudah,” yakin Dodi yang perusahaanya telah menelurkan ban IRC RMC 810 line up radialnya

“Khusus untuk motor berkapasitas mesin besar, pemakaian secara terus menerus tetap akan membuat ban stabil karena rigid,” jelasnya.

 

Lalu pertanyaan selanjutnya adalah apa keunggulan ban radial ketimbang ban berkonstruksi bias?

Pertama adalah soal umur pakai juga ada bedanya. “Umur pemakaian ban OEM tipe bias yang IRC RX01 untuk motor sport 150 dan 250 cc kurang lebih 12.000 km,” beber Arijanto Notorahardjo.

“Sedangkan radial IRC RMC 810 lebih panjang 20% sekitar 15.000 km,” tutur pria yang menjabat EVP Marketing & Sales Replacement MC Tire PT Gajah Tunggal Tbk.

“Umur lebih panjang karena dari konstruksinya pakai aramyd belt bikin panas di dalam ban lebih lama naiknya,” imbuhnya.

Mana Yang Lebih Nyaman?

Namun untuk pemakaian sehari-hari, Ifan Martin, Tire Product Manager PT Astra Otoparts meyakini ban tipe bias lebih nyaman.

“Tipe bias atau crossply lebih enak dipakai harian karena lebih fleksibel terbuat dari lapisan kain polyester,” jelasnya.

“Sedangkan radial dari bahan sabuk baja sehingga lebih rigid stabil untuk high speed corner,” tutur Ifan.

“Konstruksi bias cocok untuk motor berkapasitas mesin kecil sedangkan radial untuk motor besar,” tutur Ifan yang memasarkan ban Aspira Premio dan Pirelli di Indonesia.

Speed Rating Tinggi

Kelebihan lain ban radial yaitu memiliki indeks kecepatan atau speed rating yang tinggi dibandingkan dengan ban bias.

“Untuk ban bias speed rating maksimal V yaitu 240 km/j. Sedangkan radial minimal V atau Z berarti diatas 240 km/j,” rinci Ifan.

“Seperti Bridgestone Battlax S21 yang punya indeks kecepatan tinggi sampai W,” sahut Darius Teng, General Manager PT Jetwin International Motorindo, selaku official distributor ban motor Bridgestone di Indonesia.

Itu berarti S21 ini punya punya indeks kecepatan mencapai 270 km/j

Lalu tipe radial juga punya kontak antara ban dan aspal kecil, namun bukan berarti jadi minim cengkarama ya.

“Pada tipe motor sport bisa dilihat juga kalau kontak ban dengan aspal hanya sedikit atau kecil, namun tetap punya cengkraman yang baik untuk pengereman maupun cornering,” jelas Darius Teng.

Demikian ulasan mengenai ban bias dan Ban Radial

 

Apa beda dari Ban bias dan ban radial? Lebih Baik Mana? was last modified: September 27th, 2017 by George Sitompul
Share
Advertisement
tags: Ban bias dan ban radial, beda Ban bias dan ban radial, kelebihan ban radial