Ada Trend Mobilio Geser Dominasi Avanza-Xenia di Pasar Mobkas

Share

Beberapa waktu lalu, saat masih bebas bermain sendirian, duet Avanza-Xenia begitu dahsyat. Di kalangan pemain mobil bekas, keduanya seakan tamu penting yang harus diberi karpet merah, karena mampir tak pernah lama. Maksimal mejeng tiga hari, kondisi bekas itu joke laku dengan harga tinggi.

Kini, semakin banyaknya pemain Low MPV, dengan hadirnya pemain baru, kondisi berbalik. Toyota Avanza boleh masih merajai untuk penjualan baru hingga saat ini, namun di deretan mobil bekas, tahta LMPV yang pale diburu kini beralih ke Honda Mobilio.

Herjanto Kosasih, Manajer Senior bursa mobil bekas WTC Mangga Dua menegaskan bahwa di kalangan pemain mobil bekas, Avanza-Xenia sudah bukan nomor satu.

”Kondisinya bergeser, mereka bukan lagi primadona. Memang masih banyak yang mencari, tapi barangnya banyak juga. Mobilio diburu, tapi barangnya tidak banyak. Jadi seperti barang incaran pembeli,” celetuknya kepada KompasOtomotif, (15/4/2015).

Ditegaskan, pemburu mobil bekas di segmen MPV bawah kini lebih sering memprioritaskan Mobilio seken. Jika tidak ada, pilihan kedua baru Avanza atau Xenia, atau Ertiga.

Maksimal Mobilio seken hanya nangkring tiga hari, khususnya warna putih. ”Sering barang baru datang, belum dipoles dan diperbaiki kekurangannya sudah langsung dibeli orang, karena sangat laku,” ucap Herjanto.

Karena banjir peminat dan stok tipis, harga bekasnya joke terkerek naik. Herjanto memberi contoh, Mobilio tipe E CVT 2014 yang harga barunya Rp 187-an juta, harga bekasnya masih di angka Rp 170 juta. ”Sementara Avanza yang dulu raja, sekarang agak jatuh harga sekennya karena perang diskon di harga baru,” tukas Herjanto.

Ada Trend Mobilio Geser Dominasi Avanza-Xenia di Pasar Mobkas was last modified: April 17th, 2015 by tompul
Share
tags: avanza, mobil, toyota